Cara Mudah dan Murah Memiliki Website Sendiri (Part 2 : Memilih Hosting dan Domain)

Selamat anda telah meneruskan untuk membaca tulisan ini. Sebelum membuat website anda diharuskan memilih hosting dan domain terlebih dahulu. Apa itu hosting dan apa itu domain? Hosting itu adalah tempat anda mengelola website sendiri. Sedangkan domain itu adalah alamat website anda di internet. Hosting dan domain sejauh yang saya ketahui tidak dapat dibeli, hanya dapat disewa. Jadi tidak ada hosting dan domain permanen seperti anda memiliki rumah. Di ranah maya ini anda hanya bisa menyewa tempat dan alamat.

Untuk memilih hosting ada banyak pilihan provider penyedia hosting. Tentunya provider ini tidak sama dengan provider penyedia internet yang pernah kita dengar sebelumnya. Tidak ada layanan hosting yang disediakan oleh katakanlah First Media, Indosat, Speedy, CBN dan sejenisnya. Jika ada maka itu adalah layanan tambahan untuk para pengguna premiumnya yang membayar sangat mahal. Hal itu tentu bertentangan dengan judul tulisan ini dimana ada kata-kata “Murah”.

Penyedia hosting dapat dicari dengan mudah lewat internet. Tinggal googling saja “hosting murah Indonesia” dan anda sudah akan mendapatkan beberapa penyedia hosting yang menawarkan paket layanannya. Kenapa saya tekankan kata “Indonesia” dalam googling hosting? Karena untuk hosting yang berbasis Indonesia anda tinggal memilih paket yang diingkan dan membayarnya dengan transfer ke rekening penyedia. Jika anda memilih hosting luar negeri, maka paling tidak anda harus membayar dengan kartu kredit atau lewat paypal yang tentunya belum tentu semua orang punya kedua fasilitas pembayaran tadi. Ini masih sesuai dengan kata “Mudah” di judul tulisan.

Tentunya di tulisan ini saya harus memberikan contoh pemilihan hosting kepada anda. Untuk kali ini saya menyarankan anda memilih www.rumahosting.com dan anda memilih paket murah medium di link berikut http://www.rumahosting.com/hosting/murah/. Anda tinggal klik tombol “pesan”. Kenapa saya sarankan website www.rumahosting.com dan memilih paket murah medium? Karena sejauh yang saya ketahui saat saya menulis tulisan ini, Rumahosting memiliki pilihan paket paling murah jika membandingkan antara harga dengan space hosting yang diperoleh per tahunnya. Anda juga diberikan kesempatan membeli domain dengan harga promo jika memilih paket tersebut. Ketika tulisan ini dibuat, biaya hosting dan domain yang anda akan bayar jika memilih paket yang saya sarankan di atas adalah Rp 150.000 (seratus lima puluh ribu rupiah) untuk tahun pertama. Jika dihitung bulanan, maka anda hanya terkena biaya kurang dari Rp 13.000 per bulan. Jika dihitung harian maka biayanya kurang dari Rp 500 per hari.  Apakah ada yang lebih murah dari www.rumahosting.com? Mungkin saja ada, tapi saat ini saya belum menemukannya. Apakah Rumahosting terpercaya layanannya? Saya sudah empat bulan terakhir ini menggunakan hosting tersebut dan tidak ditemukan masalah berarti pada hostingnya. Error pernah saya alami, tapi dalam waktu singkat error dapat diperbaiki. Namanya juga layanan murah, tentunya layanan yang diberikan pun prioritasnya rendah.

Setelah anda menekan tombol “pesan” anda akan ditanyakan untuk memilih domain dengan alamat yang anda inginkan. Untuk saat ini saya sarankan anda menggunakan alamat domain dengan akhiran .com. Kenapa .com? karena ada www.yahoo.com, www.google.com, www.microsoft.com. Ketiga website popular itu saja menggunakan .com. Jadi kenapa gak gunakan .com juga. Bisa saja ada akhiran yang lebih murah, tapi tentunya nanti tidak mudah bagi orang lain menuliskan alamat domainnya.

Setelah itu anda tinggal memilih berapa lama kontrak domain anda dan langsung menekan tombol “pembayaran”. Selanjutnya anda akan diminta mengisi data diri anda dan jangan lupa untuk memberikan alamat email yang masih aktif serta metode pembayaran yang anda pilih. Untuk Rumahosting ada tiga macam metode pembayaran yaitu, BCA, Bank Mandiri dan Paypal.

Setelah klik “Selesaikan Pemesanan” maka anda sudah berhasil memesan hosting disertai dengan domainnya.

Selanjutnya anda mengecek alamat email yang anda tuliskan di isian data diri anda tadi. Di situ akan ada email dari Rumahosting yang memberikan instruksi tentang transfer yang perlu anda lakukan. Sebaiknya anda mentransfer uangnya dalam hari yang sama dengan hari pemesanan anda, karena akan ada bonus cash back 10% dari jumlah yang anda bayarkan nantinya. Jika anda tidak memiliki fasilitas internet atau SMS banking, sebaiknya anda melakukan pemesanan di siang hari supaya anda punya cukup waktu untuk melakukan transfer dan menikmati bonus cash back. Jangan lupa untuk mengikuti instruksi yang tertera di email tersebut untuk memudahkan pihak penyedia layanan mengkonfirmasi transferan yang anda lakukan.

Dalam waktu yang tidak terlalu lama akan ada email pemberitahuan bahwa pembayaran anda sudah diterima dan anda pun diberikan username dan password untuk akses client area dari Rumahosting. Akses ke client area ini penting jika anda ingin melihat status pelanggan anda di Rumahosting. Disini anda juga bisa submit tiket secara online jika ada masalah di layanan hosting anda. Saya tidak akan membahas lebih lanjut mengenai client area ini, anda dapat explore sendiri hal-hal apa saja yang dapat anda lakukan di client area ini.

Saat ini yang anda perlu lakukan adalah menunggu. Menunggu balasan email dari Rumahosting mengenai aktifasi domain anda. Untuk kasus saya membutuhkan waktu sekitar 40 menit hingga domain yang saya beli aktif dan dapat digunakan. Balasan email tersebut harus anda simpan baik-baik, jangan sampai anda menghapusnya. Di email balasan itulah anda dapat langsung mencoba hosting yang telah anda bayar beserta domain anda.

Selamat, saat ini anda telah memperoleh hosting dan domain sendiri. {nice1}

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *