Tambahan Review Tabulet Beat

Sebelumnya saya sudah memberikan laporan tentang pemakaian Tabulet Beat di sini. Kali ini merupakan review tambahan sejak beberapa bulan menggunakan Tabulet Beat.

Yang pertama akan direview tentu saja masalah baterai. Sepanjang pengalaman saya menggunakan Tabulet Beat, jika kondisi baterai penuh dan memainkan film kualitas HD yang berdurasi rata-rata 2 jam, maka baterainya akan sisa kurang dari seperempat. Jika ditambah dengan memainkan film serial yang berdurasi 1/2 jam, maka sisanya tinggal sedikit sekali dan sudah waktunya dicharge. Jadi daya tahan baterai Tabulet Beat mungkin hanya 3 jam untuk nonton video, tidak 4 jam seperti yang ada di websitenya.

Yang kedua adalah masalah charger. Jika sebelumnya saya bilang bahwa chargernya mirip chrager nokia yang kecil, rupanya saya salah. Yang benar adalah mirip charger LG untuk handphone standar. Kebetulan mertua saya memiliki hp cdma merk LG dan ketika saya coba colokan chargernya ke Tabulet Beat, cocok. Jika tidak menggunakan charger maka kabel datanya dapat digunakan untuk charge selama dicolokan ke komputer.

Yang ketiga adalah masalah koneksi. Kabel data yang disertakan dalam box pembelian kualitasnya tidak baik karena baru beberapa kali dipakai untuk transfer data sudah mulai rusak. Saat ini kabel data yang disertakan hanya dapat digunakan untuk charge Tabulet Beat jika dikoneksikan ke komputer. Untuk transfer data lewat kabel data saya menggunakan kabel data eksternal harddisk Seagate Expansion yang kebetulan cocok.

O ya Tabulet Beat hanya dapat dibaca di komputer yang berbasis Windows. Saya memiliki komputer yang berbasis Ubuntu Linux dan Tabulet Beat tidak dapat terbaca oleh Ubuntu Linux saya. Saya belum mencobanya di tempat lain, tapi sepertinya jika anda hanya punya Linux di rumah anda, maka anda hanya dapat memanfaatkan micro SD dan card readernya yang harus anda beli terpisah untuk transfer data.

Yang keempat adalah mobilitas. Tabulet Beat sangat ideal untuk dipakai nonton film dimana saja. Saat ini bahkan istri saya lebih senang nonton film seri kesukaannya dari Tabulet Beat daripada dari PC maupun TV. Ini karena ketika nonton Tabulet Beat dapat dilakukan di tempat tidur sambil tiduran. Yang paling istimewa adalah Tabulet Beat dapat dijadikan teman ketika sedang “setoran” di toilet. Biasanya kita hanya bisa membaca koran atau majalah ketika menjalankan “ritual” tersebut, saat ini kita dapat pula menyicil menonton film favorit kita sambil setoran.

Yang kelima adalah suara. Suara yang dihasilkan Tabulet Beat jika tanpa tambahan eksternal speaker sangat kecil. Dengan earphone, maka terlalu keras untuk telinga anda. Maka itu saya tambahkan eksternal speaker yang menggunakan power tambahan untuk mendengarkan suara dari Tabulet Beat. Dengan eksternal speaker tersebut maka menonton Tabulet Beat langsung pada layarnya menjadi lebih enak. Namun jika anda sedang berada di ruang tunggu yang senyap, ada baiknya untuk menggunakan earphone, namun diusahakan suaranya tidak terlalu keras agar telinga tidak rusak nantinya.

Terakhir, sebagai kesimpulan, dalam beberapa bulan menggunakan Tabulet Beat saya cukup puas dengan performanya. Mobilitasnya yang tinggi membuat anda bisa menyicil menonton film kesukaan anda tanpa harus menyediakan waktu khusus untuk menontonnya. Dengan demikian waktu dapat dimanfaatkan untuk melakukan hal yang lebih produktif. Lagipula daya yang dihasilkan pun rendah, sehingga menghemat listrik daripada menonton di TV maupun komputer.

Yang agak mengecewakan adalah kabel data yang disertakan dalam box pembelian yang kualitasnya tidak baik. Entah bisa atau tidak klaim garansi kabel data tersebut, tapi rasanya effort untuk klaim jauh lebih besar daripada inisiatif mengganti kabel data sendiri dengan membeli kabel data di toko-toko komputer terdekat.

O ya, kalau chargernya mati, bisa ganti dengan chargernya hp LG. Penting nih, supaya kalo chargernya rusak ato lupa terbawa, paling tidak kita bisa cari padanannya.

Rasanya saya sudah melihat promo Tabulet Beat di sini dan sini lebih dari dua kali. Jadi pantengin aja kedua website tersebut untuk mendapatkan Tabulet Beat dengan harga promo. {nice1}

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *