Part Time Accountant

Apr 11, 2012 | | Say something

Manager saya di tempat saya bekerja menjuluki saya sebagai “part time accountant”. Itu karena dia beberapa kali membaca tulisan saya yang tidak berhubungan dengan pekerjaan saya sebagai akuntan. Dia membaca tulisan di berita website FC Throw In. Dia pun juga membaca draft tulisan saya untuk sumbangan tulisan ke majalah internal kantor. Jadilah saat ini saya dikenal sebagai part time accountant oleh teman-teman saya.

Beberapa minggu terakhir ini, saya pun aktif menelurkan tulisan baik di website FC Throw In maupun tulisan underground. Apa itu tulisan underground? Yaitu tulisan yang saya buat yang hanya dibaca oleh orang-orang yang memiliki pandangan terbuka. Jika tulisan tersebut dibaca oleh orang-orang yang berpandangan sempit, maka akan ada persepsi berbeda dari orang tersebut setelah membaca tulisan itu.

Akuntan

Tulisan underground yang sudah saya hasilkan ada tiga buah. Dua berbentuk cerpen dan satu lagi berbentuk puisi bebas. Untuk puisi bebas tersebut saya dedikasikan kepada rekan kerja yang sebentar lagi akan pindah grup karena promosi. Sedangkan yang berupa cerpen sudah saya sebarkan ke kalangan terbatas. Cerpen tersebut bercerita tentang dinamika kehidupan kantor yang dibahas secara jujur dan terbuka. Cerpen tersebut bersifat fiksi dan tidak ada kaitan dengan karakter di kehidupan nyata.

Namun beberapa teman berpendapat cerpen tersebut adalah kisah nyata dari kehidupan di kantor kami, karena isinya menurut mereka mengandung kebenaran terhadap kondisi kehidupan kantor. Menurut saya cerpen saya itu fiksi, titik!

Saya berencana akan menerbitkan cerpen berikutnya dengan karakter yang berbeda dari yang sebelumnya. Ada kemungkinan cerpen saya menjadi bersambung dengan mengambil salah satu dari karakter yang pernah saya ceritakan sebelumnya. Kenapa bisa saya bilang cerpen saya fiksi? Karena karakter di cerpen tersebut hanya memiliki satu karakter, sedangkan yang namanya manusia bisa memiliki beberapa karakter secara bersamaan. Di satu sisi dia baik, namun jika dihadapkan kepada kondisi berbeda, bisa menjadi sangat beringas. Cerpen saya hanya menggambarkan satu karakter dari tokoh utama yang diceritakan.

Sebenarnya teman-teman kantor saya menjuluki saya sebagai part time accountant bukan tanpa alasan. Saat ini saya adalah kontributor resmi untuk tiga website yang saya kelola. Pertama adalah website yang anda baca ini. Kedua adalah website resmi klub futsal FC Throw In. Ketiga adalah catatan kehidupan anakku. Bahkan saya juga menawarkan kepada salah satu manager di kantor agar dia menuangkan pengalamannya berlibur di berbagai negara dalam blog yang mungkin nanti saya sebagai salah satu adminnya. Tapi itu belum terjadi, biarlah keputusan di tangan orang tersebut.

Saya menulis dalam dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Untuk bahasa Indonesia, saya menggunakannya di website ini dan catatan kehidupan anakku. Sedangkan untuk klub futsal, saya menggunakan bahasa Inggris agar salah satu rekan futsal kami yang orang bule dapat membaca isi artikel yang saya tuliskan tersebut.

Pekerjaan saya saat ini memang seorang akuntan. Tapi saya pun senang menulis. Tulisan-tulisan saya masih jauh dari sempurna, bahkan seringkali logika tulisannya sering berantakan. Namun itu bukan halangan saya untuk menulis. Semua orang punya gaya menulis masing-masing. Saya pun tidak akan mencela orang-orang yang senang menulis.

Bagi yang senang menulis atau ingin menjadi blogger di internet, saran saya cuma satu. Sempatkan waktu untuk menulis. Tulislah satu artikel tiap hari, atau seminimal-minimalnya tiap minggu. Tulisanku kali ini saja sudah menjadi tulisan ke nomor 130-an dalam waktu 10 bulan. Sebelumnya saya punya blog dengan jumlah tulisan sekitar 80-an dalam waktu 4 tahun. Saya pun menulis catatan kehidupan anakku sudah hampir 50-an artikel dalam waktu kurang dari 2 bulan. Yang penting adalah bagaimana mendapatkan motivasi menulis agar jumlah artikel yang ditulis pun cukup banyak. Prinsip saya, tak apa tulisan hanya dua tiga paragraf, namun sering, daripada menulis berhalaman-halaman tapi vakum dalam waktu yang lama.

Mari menjadi full time blogger! {nice1}

Gambar diambil dari : http://1.bp.blogspot.com/-bT1WhPXswfY/TZ3nZmPrp_I/AAAAAAAAABE/MKmX-ccAhCg/s1600/akuntan.jpg

Posted in: Kegiatan Kantor | Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *