Gelar Advance Communicator Bronze

Jun 6, 2012 | | Say something

Setelah ikutan Toastmasters selama hampir lima tahun, akhirnya saya berhasil mendapatkan gelar Advance Communicator Bronze hari ini. Apa itu Advance Communicator Bronze? Itu adalah gelar yang diberikan kepada anggota Toastmaster jika telah menyelesaikan 20 speech project yang ditugaskan kepadanya. Artinya saya telah melakukan speech di depan orang secara resmi di Toastmaster sebanyak 20 kali. Wow jumlah yang cukup banyak, apalagi jika tahu dari mana saya berasal.

Semenjak menjadi anggota Toastmasters, rate speech saya tiap tahun adalah hanya 3. Jadi jika lima tahun, maka seharusnya baru 15 speech. Namun karena saya memiliki target yang diharuskan oleh klub saya agar klub mendapatkan kredit atas prestasi saya, maka saya pun memberanikan diri untuk menyelesaikan lebih dari 3 speech per tahun. Akhirnya inilah saya dengan 20 speech dalam 5 tahun.

Speech saya yang kedua puluh hari ini merupakan speech kampanye dalam rangka pemilihan Presiden klub Toastmaster. Kebetulan objective dari speech project saya sesuai dengan kampanye, yaitu menyampaikan visi dan misi. Awalnya saya berencana mau speech untuk project ini dua minggu lagi, namun karena ada acara ini, maka saya pun memajukan jadwal speech saya yang kebetulan adalah kampanye Presiden.

Baru kali ini saya speech tidak blank. Walaupun sempat blank di awal-awal speech. Mungkin karena dalam satu minggu terakhir saya telah menyiapkan speech saya untuk hari ini. Itu saja masih ada sedikit blank. Artinya jika saya tidak mau blank sama sekali, maka saya harus menyiapkan speech saya paling tidak dua minggu dari hari saya speech.

Mengenai hasil pemilihan presiden sendiri saya tidak terlalu khawatir. Jika terpilih maka saya akan menjalankan amanah ini. Jika tidak terpilih, saya akan tetap aktif di klub Toastmaster saya. Jadi apapun hasilnya, saya tetap akan aktif di klub ini.

Di kampanye tadi, saya sempat menyinggung mengenai anggota Toastmaster yang keaktifan speechnya di atas rata-rata. Saya bilang bahwa anggota rata-rata Toastmaster di klub saya speechnya 3 – 5 kali per tahun. Namun anggota yang exceptional, dapat speech hingga 10 kali per tahun. Tapi harus hati-hati dengan anggota yang exceptional ini, karena ia nantinya kalau tidak mengundurkan diri dari perusahaan, ia mendapatkan promosi dan tidak pernah datang lagi untuk waktu yang sangat lama. Dan itu banyak terjadi.

Pastinya saat ini saya sedang merayakan keberhasilan menjadi menjadi Advance Communicator Bronze. Jika saya ingin mencapai gelar berikutnya, maka saya harus menyelesaikan sepuluh speech project lagi ditambah dua project tambahan yang saya belum tahu modulnya seperti apa.

O ya, yang membuat saya senang, evaluator silent saya menulis, ‘Congratz, this is the best speech I’ve heard from you’. Waduh, baru kali ini ada yang memuji speech saya. Memang bukan yang terbaik daripada calon kandidat presiden lain, namun saya telah mengeluarkan kemampuan terbaik saya.

Jadi, masih menunggu deadline pemilihan presiden. Waktunya satu minggu dari sekarang. Yah, kalau kata teman-teman saya jika saya kalah lagi kali ini, saya seperti Wiranto. Malah kalau sekarang kalah dan tahun depan maju lagi, saya dibilang seperti Megawati. Apapun itu, saya hanya ingin meramaikan bursa calon presiden di klub saya. Itu saja! {nice1}

Posted in: Kegiatan Kantor | Tags: , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *