Berhasil Melewati Bulan yang Berat

Nov 1, 2012 | | Say something

Bulan Oktober adalah bulan terberat yang pernah saya rasakan selama berkantor di kantor saya sekarang ini. Bagaimana tidak, di bulan ini saya mengerjakan pekerjaan dua orang, yaitu saya dan salah seorang rekan yang sedang cuti hamil walaupun ini adalah bulan terakhir cutinya. Tadinya pekerjaan rekan saya yang sedang cuti hamil ini diambil alih oleh seseorang yang memang secara full time memback up pekerjaannya, namun karena satu dan lain hal, pengganti tersebut sudah tidak lagi bekerja di kantor sejak awal Oktober lalu.

Saya tetap harus mengerjakan pekerjaan reguler saya dan juga mengerjakan pekerjaan rekan kerja saya. Sebenarnya jika hanya mengerjakan dua pekerjaan ini mungkin tidak terlalu berat. Yang menjadi berat adalah saya juga harus menghadapi audit internal yang cukup menyita waktu dalam hal pengecekan sample yang akan diberikan kepada auditor. Di lain pihak, ada saja masalah-masalah kecil yang berpotensi menjadi temuan audit yang harus dikoreksi saat itu juga. Jadilah pekerjaan saya benar-benar penuh dalam tiga minggu terakhir ini.

Menginjak 1 November 2012, memang masih ada beberapa pekerjaan yang belum selesai. Bahkan pekerjaan reguler saya, yang biasanya saya selesaikan sebelum akhir bulan terpaksa harus pending diselesaikan karena memang belum kepegang sama sekali. Kerjaan rekan saya yang sedang cuti hamil pun belum juga rampung, namun pekerjaan terberatnya sudah saya selesaikan. Memang belum tuntas, tapi paling tidak pekerjaan yang belum selesai hanya tinggal administrasi dan routing approval yang memang di luar kendali saya.

Mungkin di tulisan ini saya harus meminta maaf terlebih dahulu kepada rekan saya yang sedang cuti hamil dan akan mulai masuk dalam beberapa hari ke depan. Pekerjaan anda belum 100% tuntas saya kerjakan. Namun di lain pihak, pekerjaan saya pun juga belum tuntas saya kerjakan. Mudah-mudahan sebelum kamu masuk, beberapa pekerjaan yang tertunda sudah tuntas dan kamu hanya perlu mengerjakan pekerjaan yang akan datang.

Banyak sekali pelajaran yang dapat saya ambil dalam satu bulan ini. Pertama dan yang paling utama adalah perlunya menulis mengenai pekerjaan apa saja yang akan saya lakukan di hari tertentu. Kedua, begitu banyak pengalaman baru yang saya alami di bulan ini. Di samping pekerjaan rekan saya yang baru bagi saya, juga teknik baru dan cara baru berhasil saya kembangkan untuk mengelola pekerjaan yang lebih bertumpuk bulan ini. Ketiga, saya akhirnya sudah mengerjakan seluruh pekerjaan yang ada di grup saya sampai saat ini. Saya adalah satu-satunya orang yang pernah mengerjakan seluruh pekerjaan yang ada di grup saya, walaupun memang belum mengerti seluk beluknya, tapi sudah cukup tahu kulit luarnya.

Mungkin saya sedikit takjub dengan kemajuan yang saya alami. Dalam tiga minggu terakhir ini saya dapat mengerjakan pekerjaan yang biasanya saya kerjakan dalam waktu dua bulan. Memang beberapa kali saya harus pulang lebih malam, bahkan ada saatnya dimana saya harus masuk di hari Sabtu demi mengejar target.

Sekali lagi, tidak ada yang sempurna di dunia ini. Pekerjaan tersebut pada akhirnya memang beberapa tertunda daripada biasanya. Mudah-mudahan penundaan ini tidak terlalu berdampak kepada kinerja perusahaan. Saya pun sudah membayangkan bahwa minggu depan, mulai hari Senin hingga hari Jumat saya akan lebih banyak lembur untuk mengejar ketinggalan pekerjaan saya selama di bulan Oktober.

Semoga di bulan November ini saya dapat lebih baik lagi. Dapat lebih baik mengatur waktu pekerjaan. Dapat lebih baik dalam efisiensi pekerjaan. Dapat lebih baik lagi melayani user dari lain grup maupun lain departemen.

Akhir kata saya harus memberikan selamat kepada diri saya karena paling tidak mampu dalam melaksanakan tugas selama bulan Oktober, walaupun belum mencapai titik kesempurnaan. {nice1}

Posted in: Kegiatan Kantor | Tags: , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *