Feedback dari Seorang Kawan

Jan 10, 2013 | | Say something

Beberapa minggu lalu, seorang teman kantor yang memiliki posisi cukup tinggi di perusahaan memanggil saya ke ruangan supervisor saya. Ia memberitahukan bahwa ada seseorang yang tidak suka dengan tindak tanduk saya di kantor. Dia bilang bahwa saya harus berhati-hati dalam bersikap. 

Saya pun menjelaskan duduk masalahnya ke teman kerja saya ini. Dia bisa mengerti namun tetap saja dia bilang jika sudah ada seseorang yang tidak suka dengan tindak tanduk kita, maka terkadang hal tersebut dapat menghambat karir kita di kantor. Saya disarankan untuk berhati-hati dan lebih baik bermain aman jika ingin mengutarakan sesuatu yang di luar pakem yang ada.

 

Terus terang saya sangat berterima kasih kepada rekan kerja saya tersebut. Orang yang dilaporkannya tidak menyukai saya mungkin tidak menyadari kalau ia bilang ke saya. Malah menurut cerita rekan kerja saya ini, dia menyarankan orang itu untuk bilang langsung ke saya jika memang tidak menyukai tindak tanduk saya.

Itu adalah feedback berharga bagi saya menjelang pergantian tahun. Saya juga perhatikan bahwa orang yang diceritakan tesebut memang agak beda sikapnya bila bertemu saya di kantor. Saya tetap menegornya dan tetap tersenyum kepadanya karena saya tahu orang tersebutlah yang memberikan feedback ke saya walaupun lewat rekan kerja yang lain.

Dahulu saya tidak terlalu peduli dengan feedback semacam ini. Saya merasa jika ada seseorang yang tidak berkenan dengan tindak tanduk saya, itu adalah masalahnya. Namun sekarang saya sadar. Persepsi orang yang diekspresikan ke saya merupakan kritik dan saran membangun kepada saya. Dan tentunya hal tersebut harus saya tindak lanjuti.

Mungkin saya lupa, mungkin saya tidak sadar, tapi rupanya ada orang yang memerhatikan saya walaupun dengan cara yang berbeda. Saya kali ini diberikan feedback dengan sedikit dimarahi oleh rekan kerja saya tersebut. Namun rasanya feedback semacam inilah yang akan berkesan, bukan feedback yang halus, dimanis-manisi agar saya tidak tersinggung namun malah isi feedback yang sebenarnya tidak diekspresikan ke saya.

Terima kasih kepada dua rekan kerja yang telah memberikan feedback berharga di penghujung tahun 2012 lalu. Semoga feedback tersebut bermanfaat bagi saya dan kita semua. Amin. {nice1}

Posted in: Kegiatan Kantor | Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Levidio Invitation