10 Ribu Lembar Saham Sudah Tercapai

Nov 11, 2013 | | Say something

saham saat ini

Sebelumnya saya sempat membuat target hingga akhir tahun akan mengumpulkan 10 ribu lembar saham atas salah satu emiten yang saya pilih. Hari ini target tersebut tercapai. Saya sudah mengkoleksi 10 ribu lembar saham emiten berkode GIAA. Saat ini memang saya masih dalam posisi rugi dalam mengkoleksi emiten tersebut, namun entah kenapa saya yakin sekali dengan emiten ini akan beranjak naik suatu saat nanti. Walaupun laporan keuangan kuartal tiga yang baru diterbitkan mengindikasikan perusahaan ini masih dalam kondisi merah, saya masih akan terus mengkoleksi saham dari emiten ini.

Satu milestone saya dalam berinvestasi saham telah saya lewati. Milestone berikutnya adalah mengkoleksi 50 ribu lembar saham atas satu emiten yang saya pilih. Emiten ini bisa emiten yang sama dengan yang saya miliki sekarang, bisa juga emiten yang berbeda. Target untuk mencapai milestone berikutnya adalah akhir tahun 2014.

Sekarang ini saya selalu berusaha menambah koleksi saham saya walaupun hanya 1 lot untuk periode 2 minggu. Paling tidak dalam satu bulan saya harus membeli minimal 1 lot saham untuk terus menambah investasi di saham. Saya tidak banyak mengubah portofolio saham saya daripada sejak saya memulai investasi saham sejak enam bulan lalu. Mungkin saya orang yang konservatif, namun saya lebih percaya kepada laporan keuangan sebuah emiten daripada isu-isu yang beredar. Jika hanya mengandalkan isu-isu maka kita akan kewalahan mengikutinya karena begitu banyak isu yang terjadi.

Saya juga belajar bahwa tidak boleh percaya begitu saja terhadap pendapat analis atau expert atau siapa pun yang berusaha memprediksi harga saham. Tidak ada satu orang pun di dunia ini yang dapat menebak harga saham secara tepat. Jadi saya hanya menerima sarannya dan kemudian membuat analisa sendiri sebelum menentukan untuk membeli suatu saham atau malah menjualnya. Yang pasti saya tidak ingin saham yang saya beli menjadi saham mati yang nilai nominalnya Rp 50. Saya harus tahu saat yang tepat untuk menjualnya di saat harganya sudah terkoreksi cukup jauh.

Saya membayangkan bahwa dalam 5 atau 10 tahun ke depan mungkin saya hanya akan mengkoleksi dua hingga lima emiten dengan masing-masing emiten memiliki jumlah saham yang cukup signifikan. Jadi ketika emiten-emiten tersebut membagikan dividen, maka dividen yang saya terima cukup berarti bagi saya dan dapat saya gunakan untuk menambah investasi saya di emiten-emiten tersebut.

Ayo kita menuju ke Milestone berikutnya! {nice1}

Gambar diambil dari : http://vibiznews.com/wp-content/uploads/2013/09/saham-700×357.jpg

Posted in: Memulai Baru | Tags: , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *