RUPS Lagi…

May 14, 2014 | | Say something

Hari ini saya menghadiri bukan hanya satu, tapi dua RUPS emiten. Paginya, pukul 10 saya menghadiri RUPS ACES di kantor pusatnya di gedung Kawan Lama. Sampai pukul 9.15 saya tidak melihat ada sambutan yang meriah bagi pemegang saham di kantor tersebut. Hanya ada satu alat peraga kecil yang bertuliskan : “Selamat Datang Pemegang Saham”.

Saya pun mendaftar ke meja dekat tulisan alat peraga tersebut. Saya lihat baru sekitar 5 orang yang telah menunggu di tempat duduk seberang meja tersebut. Saya pun disuruh menunggu di lobby kantor tersebut padahal RUPS-nya akan diadakan di lantai 3. Tidak ada tempat duduk yang memadai sebagai tempat menunggu.

Sekitar pukul 9.30 para pemegang saham pun dipanggil ke lantai 3. Saya agak telat naik ke atas karena sedang sibuk dengan hal lain saat dipanggil. Ketika sampai di lantai 3 saya pun bertanya kepada resepsionis di situ namun sepertinya yang bersangkutan agak kebingungan dengan pertanyaan saya. Tidak ada satu pun alat peraga yang menyatakan bahwa ada acara RUPS saat itu.

Kebetulan ada seorang karyawan wanita yang mendengar saya bertanya-tanya tentang RUPS dan dia kemudian mengantarkan saya ke ruangan RUPS tersebut. Saya kira saya masuk ke ruangan tunggu untuk dipanggil ke ruangan RUPS. Namun ternyata ruang yang saya masuki itulah ruang untuk RUPS. Ruang tersebut seperti ruang kantin dengan meja yang sudah disusun sedemikian rupa sehingga ada meja yang saling berhadap-hadapan dan ada tanda nama untuk masing-masing direksi dan komisaris.

Beberapa direksi dan komisaris ACES sudah berada di ruangan tersebut sambil membaca buku laporan tahunan 2013 dan menikmati cemilan yang disediakan. Tak lama beberapa direksi dan komisaris lain masuk. Saya pun ketika masuk langsung mengambil buku laporan tahunan 2013 dan menikmati cemilan. Sekitar pukul 10.15 RUPS pun dimulai. Tidak ada layar proyektor yang disediakan. Presentasi dari direksi pun dilakukan dengan cara membaca kertas secara penuh.

Agenda rapat pun tidak berbeda dengan RUPS yang saya hadiri sebelumnya. Namun ada yang menarik dari RUPS ini, tanpa dihitung dengan memasukkan angka saham dari pihak-pihak yang tidak setuju atau yang abstain, hasil hitungan pihak yang tidak setuju dan abstain sangat cepat, tanpa sedikit pun petugas yang menghitung memasukkan input angka ke komputer. Padahal perwakilan pemegang saham yang menyatakan tidak setuju dan abstain hanya menyebutkan jumlah sahamnya secara sekilas. Hebat…betul-betul hebat!

RUPS berlangsung sangat cepat, hanya sekitar 45 menit. Sekitar pukul 11 siang RUPS pun berakhir.

Tidak ada satu token atau suvenir pun diberikan kepada para pemegang saham. Pemegang saham yang datang ke RUPS pun tidak sampai 15 orang namun sudah mencukupi persyaratan RUPS dimana dihadiri oleh lebih dari 50% saham yang beredar.

Saya pun langsung pulang dengan hanya membawa buku laporan tahunan 2013.

Siangnya, pukul 14 saya menghadiri RUPS APLN di Hotel Pulman Central Park. Begitu sampai saya pun mendaftar dan hanya mendapatkan buku laporan tahunan 2013. Masuk ke ruangan RUPS sudah ada sajian makanan yang siap disantap. Makan dulu sebelum RUPS adalah pilihan yang baik karena para pemegang saham sudah kenyang. Pukul 14.15 RUPS pun dimulai. Saya pun memilih tempat di depan baris kedua seperti yang saya lakukan di RUPS ASII dan RUPS ACES.

RUPS APLN lebih menarik daripada RUPS ASII dan RUPS ACES. Ada beberapa pertanyaan yang diajukan ke dewan komisaris dan dewan direksi. Bahkan beberapa pemegang saham yang mendapatkan jawaban dari dewan direksi beberapa kali memberikan tanggapan. Beberapa kali debat kusir mereka terkesan lucu, tapi memang sebagai pemegang saham kita mendapatkan informasi yang lebih banyak dari pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Pukul 16.15 RUPS pun berakhir dengan agenda yang juga mirip-mirip dengan dua RUPS sebelumnya. Tadinya saya berpikir bahwa saya pulang juga tanpa suvenir. Namun rupanya dari pihak APLN disediakan suvenir untuk para pemegang saham. Saya pun mendapatkan suvenir berupa tas belanja dan sebuah power bank. Yah lumayan, paling gak power banknya lebih mahal daripada dividen yang nanti akan saya terima.

Pukul 17 kurang saya pun keluar dari Hotel Pulman dan menuju ke rumah.

Berarti memang RUPS itu beda-beda ya, jangan mengharapkan semua seperti ASII….:D {nice1}

Posted in: Memulai Baru | Tags: , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Levidio Invitation