Untung Gak Sih Jadi Supir Uber (Taksi)?

Jan 2, 2016 | | 176 comments

Uber sudah menjadi tren baru di bidang transportasi dalam kota. Jasanya yang mirip taksi, namun dengan suasana berbeda (seringkali bau harum tercium di dalam kabin mobil), menjadikan Uber menjadi penantang serius jasa-jasa taksi konvensional yang selama ini dikuasai secara mutlak oleh Taksi Blue Bird.

Memang ada penyedia jasa lain yang mirip Uber, yaitu Grab Car. Namun sejatinya keduanya sama, hanya beda dalam menentukan tarif. Sehingga tidak terlalu penting untuk mengulas keduanya, cukup satu saja, yaitu Uber.

Dulu saya pernah membuat artikel “Perbandingan Biaya Memiliki Mobil dengan Menggunakan Taksi” di tahun 2011. Kesimpulan dari artikel itu adalah memiliki mobil lebih ekonomis daripada menggunakan taksi apabila jarak tempuh mobil yang kita punya lebih dari 24 ribu kilometer per tahun.

Sekarang saya ingin melakukan perbandingan yang hampir mirip, namun dari sisi sebagai super Uber (taksi). Di perbandingan yang saya lakukan ada beberapa asumsi yang perlu disepakati terlebih dahulu

1. Pemilik mobil bertindak sebagai supir Uber (taksi)

Asumsi ini untuk memastikan bahwa yang menjadi supir Uber adalah pemilik mobil sendiri dan bukan orang lain.

2. Hanya biaya yang berkaitan dengan mobil yang dibahas

Asumsi ini untuk memastikan bahwa biaya lain seperti biaya ijin atau pelatihan pengemudi bahkan biaya kenyamanan dan kemudahan tidak dimasukkan ke dalam perbandingan.

3. Mobil dapat digunakan full time sebagai Uber atau tidak

Asumsi ini untuk memberikan pendekatan yang lebih sesuai ke keadaan sebenarnya. Karena bisa saja Uber ini digunakan secara full time oleh pemilik atau hanya part time di saat waktu senggang.

Data yang akan digunakan dalam perbandingan adalah data terkini sampai dengan tanggal 31 Desember 2015.

Baik mari kita mulai!

Untuk memulai perbandingan, maka kita perlu tahu biaya apa saja yang akan keluar dari kita sebagai supir Uber.

Beberapa minggu lalu, saya mencoba mendaftar untuk menjadi Mitra Uber (sebutan untuk supir Uber dari pihak Uber). Tak lama setelah mendaftar saya pun mendapatkan email pemberitahuan mengenai syarat-syarat pendaftaran. Untuk memudahkan perbandingan, maka saya akan berikan syarat yang berhubungan dengan kendaraan. Syarat-syarat itu adalah

1. Asuransi All Risk
2. STNK
3. Kendaraan minimal Toyota Avanza untuk UberX dan Toyota Innova untuk UberBlack
4. Umur kendaraan maksimal 5 tahun

Di dalam perbandingan ini, saya akan menggunakan asumsi Toyota Avanza untuk UberX dan Toyota Innova untuk UBerBlack. Sebagai informasi di situs Toyota Astra Indonesia pada tanggal 31 Desember 2015, harga mobil Toyota Avanza termurah adalah Rp 180.600.000 atau untuk memudahkan digenapkan saja menjadi Rp 180 juta. Harga mobil Toyota Innova termurah adalah Rp 282.000.000 atau Rp 282 juta.

Saya akan beberkan beberapa biaya yang menjadi biaya tetap dan biaya variabel yang berhubungan dengan mobil. Biaya tetap yang dapat saya identifikasi adalah

1. Biaya STNK per tahun

Rate biaya STNK per tahun sejak tahun 2015 adalah 2%. Untuk mobil Toyota Avanza biaya STNK (termasuk biaya lain-lain di STNK) adalah sekitar Rp 3,6 juta, sedangkan untuk mobil Toyota Innova biaya STNK adalah sekitar Rp 5,5 juta. Untuk informasi, biaya STNK biasanya baru berubah setelah mobil berusia 5 tahun, jadi dalam 5 tahun pertama mobil biaya STNK-nya relatif tidak berubah.

2. Biaya Depresiasi per tahun

Biaya depresiasi adalah biaya penurunan harga mobil setiap tahunnya. Memang biaya ini tidak tetap tiap tahun, semakin menurun sesuai dengan harga pasaran mobil setiap tahunnya. Untuk asumsi, biaya depresiasi untuk Toyota Innova adalah 10% dari harga jualnya, dan biaya depresiasi Toyota Avanza adalah 10% dari harga jualnya. Sebagai informasi, kedua mobil ini merupakan mobil paling laku seantero Indonesia. Sehingga di tahun 2020 nanti, harga pasaran Toyota Innova diasumsikan adalah Rp 166 juta, sedangkan Toyota Avanza diasumsikan adalah Rp 106 juta. Harga yang masih wajar melihat harga Toyota Innova dan Toyota Avanza saat ini untuk tahun 2011 ke atas.

Dengan demikian untuk menghitung biaya depreasiasi per tahun, perlu dihitung dengan biaya rata-rata depreasiasi per tahunnya. Untuk Toyota Innova biaya rata-ratanya adalah Rp 22 juta per tahun dan Toyota Avanza adalah Rp 14 juta per tahun.

3. Biaya Asuransi per tahun

Biaya asuransi all risk merupakan persyaratan dari Uber yang harus dipenuhi. Rate asuransi all risk rata-rata adalah 3% dari harga jual mobil. Nilai asuransi pun akan selalu turun per tahunnya mengikuti harga jual mobil. Dengan mempertimbangkan harga pasaran per tahunnya untuk kedua mobil di atas, didapatkan bahwa rata-rata biaya asuransi per tahun untuk 5 tahun pertama adalah Rp 4,2 juta untuk Toyota Avanza dan Rp 6,6 juta untuk Toyota Innova.

Total biaya tetap yang harus dibayar oleh pemilik mobil Uber adalah Rp 21,9 juta untuk Toyota Avanza dan Rp 34 juta untuk Toyota Innova per tahunnya.

Selanjutnya kita akan membahas biaya variabel yang berhubungan dengan mobil. Biaya variabel yang dapat saya identifikasi adalah

1. Biaya Perawatan Berkala

Tentunya setiap mobil harus ke bengkel untuk servis berkala. Biaya berkala Toyota Avanza dan Toyota Innova per kilometernya kita asumsikan menurut web ini dan ini adalah Rp 8 juta dan Rp 13 juta untuk servis hingga 100 ribu kilometer atau Rp 80 dan Rp 130 per kilometernya.

2. Biaya Pergantian Ban

Selain biaya perawatan berkala, biaya pergantian ban juga merupakan bagian dari biaya perawatan namun belum termasuk biaya perawatan berkala di atas. Untuk Toyota Avanza, biaya pergantian ban mulai dari Rp 600 ribu per ban (ring 15 ke bawah), atau Rp 2,4 juta untuk 4 ban. Sedangkan Toyota Innova mulai dari Rp 3,4 juta (ring 16 ke atas) untuk 4 ban. Biasanya pergantian ban ini berlaku setiap 50.000 kilometer. Dengan demikian biaya pergantian ban Toyota Avanza dan Toyota Innova adalah Rp 50 dan Rp 70 per kilometernya.

3. Biaya Bahan Bakar Minyak (BBM)

Biaya variabel yang paling kelihatan adalah biaya bahan bakar minyak atau BBM. Tentu karena Toyota Avanza dan Toyota Innova digunakan oleh pribadi, maka setidaknya dia harus menggunakan Pertamax. Harga Pertamax saat tulisan ini dibuat adalah Rp 8.650 per liter. Untuk Toyota Avanza satu liternya rata-rata bisa dibawa untuk berjalan 12 km (sudah termasuk macet dan tol). Sedangkan untuk Toyota Innova, satu liternya hanya mampu 8 km.

Dengan demikian biaya BBM untuk Toyota Avanza dan Toyota Innova adalah Rp 725 dan Rp 1.100 per kilometernya.

4. Biaya Perjalanan tak Dibayar per Narik

Dalam menjadi supir Uber, tentu tidak setiap kilometer perjalanan ada penumpangnya. Pastinya ada saja perjalanan-perjalanan yang tidak dibayar, misalnya saat menjemput penumpang ke tempat penjemputan atau saat pulang ke rumah setelah seharian lelah menjadi supir Uber. Tentunya perjalanan-perjalanan yang tak dibayar ini juga menimbulkan biaya. Tidak ada data pasti untuk perjalanan tak dibayar ini, namun jika mengambil asumsi bahwa rata-rata tiap perjalanan Uber sejauh 100 km ada 15 km yang tidak dibayar, maka perbandingan perjalanan tak dibayar adalah 15%. Asumsi angka 15% memang lumayan besar namun cukup untuk mewakili profil pengguna pribadi yang saya rasa tidak terlalu efisien dalam menjalankan Ubernya. Saat dia ingin dia jalankan, saat dia tidak ingin dia matikan.

Dengan perbandingan 15% perjalanan tak dibayar per narik, maka hal ini menambah total biaya per kilometer untuk supir Uber. Bagi pengguna Toyota Avanza, tiga biaya pertama menghasilkan total Rp 850 per km. Jika ditambah dengan 15% maka akan menghasilkan biaya Rp 980 per kilometernya. Bagi pengguna Toyota Innova, tiga biaya pertama menghasilkan total Rp 1.280 per km. Jika ditambah dengan 15% maka akan menghasilkan biaya Rp 1.475 per kilometernya.

Artinya sekarang kita sudah tahu biaya untuk Toyota Avanza dan Toyota Innova jika mau jadi super Uber. Total biaya tetap Toyota Avanza adalah Rp 21,9 juta per tahun dan biaya variabelnya adalah Rp 980 per kilometer. Sedangkan Total biaya tetap Toyota Innova adalah Rp 34 juta per tahun dan biaya variabelnya adalah Rp 1.475 per kilometer.

Sekarang kita membahas tentang tarif Uber. Tarif untuk UberX (dengan mobil Toyota Avanza) adalah Rp 2.001 per kilometer dan Rp 300 tiap menitnya. Sedangkan tarif untuk UberBlack (dengan mobil Toyota Innova) adalah Rp 2.850 per kilometer dan Rp 500 tiap menitnya. Tarif per kilometer dan tiap menit adalah tarif akumulasi, bukan tarif gantian seperti taksi biasa. Jika di taksi biasa, ketika mobil berjalan walaupun pelan, maka tarif yang berlaku adalah tarif per kilometer. Namun ketika mobil berhenti tarif yang berlaku adalah tarif per menit. Di Uber, baik jalan maupun berhenti, tarif per menit tetap jalan. Oleh karena itu untuk menentukan rata-rata tarif per kilometer, kita perlu menentukan kecepatan rata-rata mobil di jalanan Jakarta.

Beberapa web seperti yang ini menyebutkan kecepatan rata-rata mobil di Jakarta adalah 5 km/jam hingga 10 km/jam. Ok mungkin itu berlaku untuk daerah segitiga emas yang padatnya bukan main. Namun ada saja daerah Jakarta yang kepadatannya tidak seperti daerah segitiga emas. Dengan demikian bijaklah jika disebutkan rata-rata kecepatan mobil di Jakarta adalah 15 km/jam. Dengan kecepatan tersebut, maka 1 km ditempuh dalam waktu 4 menit. Dengan demikian tarif rata-rata sesungguhnya dari UberX adalah Rp 2.001 ditambah 4 x Rp 300 sama dengan Rp 3.201 per kilometer. Sedangkan untuk UberBlack tarif rata-ratanya adalah Rp 2.850 ditambah 4 x Rp 500 sama dengan Rp 4.850 per kilometer.

Dari sini kita dapat menarik besarnya margin per kilometer untuk masing-masing UberX dan UberBlack. Margin per kilometer untuk UberX dan UberBlack masing-masing adalah Rp 2.225 dan Rp 3.380. Dengan margin tersebut, maka biaya tetap untuk masing-masing UberX dan UberBlack akan tertutup setelah menempuh perjalanan sejauh 9.852 km dan 10.079 km per tahunnya. Perjalanan setelah kilometer tersebut akan merupakan keuntungan dari pemilik mobil UberX dan UberBlack.

Perjalanan 9.852 km dan 10.079 km jika di rata-rata tiap bulannya 20 hari kerja, maka perjalanan minimal per hari untuk UberX dan UberBlack masing-masing adalah 41 km dan 42 km supaya dapat menutupi biaya tetap yang ditanggungnya. Dengan jarak sejauh itu artinya secara rata-rata supir Uber harus memperoleh pendapatan paling tidak Rp 132 ribu untuk UberX dan Rp 204 ribu untuk UberBlack.

Tentu untuk tarif Uber kadang-kadang ada tarif premium dengan tanda petir muncul saat kita mengorder Uber. Tarif premium ini bisa 1,5 kali hingga 3 kali daripada tarif biasa. Bahkan di saat-sat tertentu, seperti tahun baru, tarif Uber bisa naik hingga 8 kali lipat tarif biasa. Bisa saja bagi supir Uber yang pintar dan hanya melayani tarif premium, maka dia akan mendapatkan perjalanan yang lebih sedikit untuk menutupi biaya tetap yang ditanggungnya.

Saat ini pun bagi supir Uber masih ada bonus-bonus dari Uber karena masih dalam masa promosi. Malah dari iklan menjadi mitra Uber, dikatakan bahwa pendapatan supir Uber dapat mencapai Rp 15 juta sebulan. Jika Rp 15 juta itu murni dari tarif normal yang didapatnya, maka dalam sebulan supir Uber (asumsi UberX) telah menempuh hampir 4.700 km per bulan atau hampir 235 km per harinya dengan hari kerja 20 hari. Biaya yang dia keluarkan untuk mobilnya pada saat mendapatkan 4.700 km adalah Rp 4,5 juta lebih sedikit. Artinya dia mendapatkan margin sebesar Rp 10,5 juta sebulan untuk perjalanan 4.700 km. Dari margin tersebut harus dikurangi lagi Rp 1,8 juta per bulan untuk menutupi biaya tetap kendaraan. Berarti pendapatan bersihnya tinggal Rp 8,7 juta per bulan.

Namun untuk mencapai sewa Uber sejauh 235 km atau aktualnya sekitar 270 km perjalanan per hari atau hampir 64.800 km per tahun tentunya tidak mudah. Dengan kecepatan rata-rata mobil yang hanya 15 km/jam, maka dibutuhkan waktu 18 jam untuk menempuh jarak sejauh itu. Cukup melelahkan kerja 18 jam sehari demi mendapatkan upah bersih hampir Rp 9 juta per bulan. Selain itu penggunaan kilometer mobil sudah sangat banyak bahkan hanya untuk tahun pertama.

Untungnya Uber masih promosi sehingga ada bonus-bonus tambahan dari Uber yang jadi pemasukan bagi supir Uber. Tapi itu hanya berlaku selama masa promosi. Kabarnya jika nanti masa promosi sudah tidak ada, maka Uber akan mulai mengenakan bagi hasil kepada para supir Uber hingga 25% dari tarif yang berlaku. Jika hal itu terjadi, dengan tarif yang tetap sama seperti sekarang, maka pendapatan supir Uber semakin berkurang dan juga jumlah perjalanan untuk menutupi biaya tetap semakin membengkak.

Jadi, bagi yang baru mau daftar untuk menjadi supir Uber, mohon diperhatikan hitungan di atas. Saat ini memang masih promo, ada tambahan bonus dari Uber yang cukup membantu para pemilik mobil. Namun untuk menghitung keekonomisan mendaftarkan sebuah mobil untuk Uber, bonus-bonus tambahan tersebut harus dikeluarkan dari perhitungan karena sifatnya kasus per kasus dan tidak selalu tersedia. Malah bagi pemilik mobil yang sengaja mendaftarkan ke Uber mobil baru dengan cicilan yang masih terutang, perlu dipertimbangkan lagi matang-matang agar upah bersihnya benar-benar bermanfaat bagi keluarganya.

Misalkan Toyota Avanza diambil dengan cicilan Rp 4 juta per bulan, artinya biaya tetapnya naik dari Rp 21,9 juta menjadi Rp 69,9 juta (tambahan Rp 48 juta dari cicilan per bulan). Dengan nilai sebesar itu, perjalanan yang harus diambil untuk menutupi biaya tetap dan cicilan berubah dari 9.852 km menjadi 31.426 km atau 130 km per hari kerjanya dengan asumsi hari kerja 20 hari sebulan. O ya, dengan 130 km per hari artinya supir Uber harus memperoleh pendapatan sekitar Rp 420 ribu per harinya. Itu baru cukup untuk membayar biaya mobil dan cicilannya, belum upah bersih untuk kepentingan sehari-hari.

Artinya, jika memang mobil diambil dengan cara cicilan dari dealer, maka mau tak mau pemilik mobil yang juga menjadi supir Uber harus kerja full time agar biaya tetap mobil terbayar oleh sewa Uber. Kerja 12 jam adalah minimal bagi supir Uber yang memang ingin mendapatkan upah sekaligus membayar cicilan mobilnya per bulan. Beda halnya jika Uber hanya menjadi kerja part time, dimana memang supir Uber atau pemilik mobil harus ada pendapatan dari tempat lain, maka biaya tetap menjadi sangat berkurang, karena harus dibagi rata antara kepentingan pribadi dan kepentingan Uber sehingga perjalanan per harinya pun menjadi lebih singkat daripada hitungan di atas.

Kesimpulannya, menjadi supir Uber memang menjanjikan keuntungan. Namun keuntungan tersebut harus dicapai dengan kerja keras dari supir Uber yang bersangkutan apalagi jika pendapatan Uber menjadi pendapatan utama keluarga supir Uber tersebut. Jika memilih untuk menyetir mobil yang masih dalam cicilan, maka supir Uber harus bekerja ekstra keras lagi untuk menutupi cicilan dan juga kebutuhan bulanan keluarga.

Tapi memang untuk menjadi supir Uber tidak harus menjadi pekerjaan full time, pekerjaan part time juga bisa, terutama untuk keluarga yang memiliki sumber pendapatan lain dari hanya menjadi supir Uber. Kerja part time Uber juga sangat santai, karena kita sendiri yang menentukan dan tentunya tidak perlu ada hitungan biaya tetap yang perlu diperhatikan, karena bagi yang part time, biaya tetap harus tetap dikeluarkan, baik bergabung menjadi supir Uber ataupun tidak. Dan itu harusnya sudah ada alokasinya dari pendapatan utamanya.

Tertarik jadi supir Uber?

Posted in: Kebijakan Transportasi | Tags: , ,

176 Responses

    1. Gk salah ny d coba dulu..lamun ceuk urang sunda mah ulah keok samemeh di pacok.pribahsa indonesia jangan kalah sebelum perang..brang kali dari uber taxi kita dapat relasi kenalan untuk lebih baik ke depan nya.ikhtiar dan berdoa pasti ada jalan keluar..salam damai

  1. Terimakasih utk artikel ini semoga bermanfaat buat teman2 yg ingin mendaftarkan diri dan mobilnya utk mencoba keberuntungan di uber taxi. Perhitungkan mateng2 dulu sblm mencoba.

  2. ahhh ngemeng lu, tiap manusia kalo pengen dapat penghasilan lebih ya mesti kerja keras dong, ngapain lo punya mobil kalo mobilnya gak bisa buat nyari duit. kecuali lo orang kaya. yang pastinya mobil gw di uber tetaplah menguntungkan.

  3. Jangan tergiur iming2 gaji besar bro, yang pasti2 aje kerja santai gaji cukup plus punya waktu buat keluarga, kesehatan n kebahagian lebih mahal mas bro ketimbang harus ngaspal di jalan selama 12 jam atau lebih.

  4. Ikut sharing gw sempet jadi mitra uber part timer. Selama 2-3 bulan abis itu gw malas krn menurut gw tarifnya terlalu murah. Dihitung rugi lah sama pengeluaran bensin. Badan capek margin tipis. Gak tau kalo buat para supir yg kerjaannya cuma supir hingga bisa tahan kerja 12 jam lebih.

  5. Terima kasih pencerahannya, perhitungannya jauh lebih cermat dari yg saya punya. semoga membantu calon Partner.

  6. kalau buat saya sekls drever taksi di uber apa grb lebih enak .kalau yang bilang ngk enak tdiny bukan drever taksi.kalau dari taksi ke uber dan grab pasti betah karena penghasilan lebih baik.

  7. kalau drrver taksi ke uber dan grab balik lg ke taksi berarti malas dan ngk punya mbl sendiri.jadi kesimpulanya di grab dan uber menjanjikan.saya pesen sesama temen saat ini waktuny merubah nasip jangan hanya punya penghasilan di batasin perusahaan

  8. Itu biaya service dan ganti oli blm dimasukan…
    Yg jls bawa mbl Uber cuma kerja bakti aja bro… gak ada keuntungannya… gak usah pada percaya bro… Krn gua udah masukin mbl ke Uber dan gua jg bawa sendiri…. hasilnya cm kerja sosial doang…. hahahahahaha…

  9. Ternyata tdk menguntungkan, besar pasak daripada tiang. Dalam 10 jam hanya dapat 5 trip , rata2 total pemasukan 140 rb , bbm 100rb ……

    1. Mending buat loncatan aja daftarnya abis daftar uber trus daftar gocar biar gak ribet daftarnya. Kalo dari pengalaman gw sih penghasilannya jauh banget. Antara driver uber dan driver gocar.. semoga uber dapat merubah tarifnya supaya drivernya gak pindah ke gocar atau grab semua. Apalagi sekarang di potong 25% sama ubernya. Mending kerja yg lain penghasilan perjamnya lebih besar.

  10. DUNIA SEMENTARA AKHIRAT SELAMANYA

    KEHIDUPAN DUNIA MERUPAKA FATAMORGANA, SEPERTINYA NAMPAK, TAPI SEMUA ADALAH SEMU (TIPUAN)

    KEHIDUPAN YANG SESUNGGUHNYA ADALAH AKHIRAT, KITA HIDUP SELAMA LAMA LAMANYA DIAKHIRAT TIDAK MATI MATI LAGI

    DUNIA JANGAN DI UBER UBER KEUNTUNGANNYA

    YANG HARUSNYA DI UBER UBER ITU ADALAH KEHIDUPAN YANG SELAMA LAMANYA DI AKHIRAT,

    APABILA KITA SENANG DIAKHIRAT MAKA SENANG YANG SELAMA LAMANYA,
    APABILA KITA SENGSARA DI AKHIRAT, MAKA SENGSARA YANG SELAMA LAMANYA…

    DI DUNIA HANYA ADA 2 PILIHAN,
    1. PILIHAN MENUJU SURGA
    2. PILIHAN MENUJU NERAKA

    TINGGAL PILIH SAJA MAU YANG MANA..

    WASALAMUALAIKUMWRWB

    1. Hadeh nih orang lagi
      W jadiin lalapan u gak nyambung smaskali ama artikel di atas goblok
      Di artikel penjelasan tentang untung ruginya jd driver bukan masalah surga dan neraka ini masalah perut goblok

    2. Benar apa dgn apa yang kamu sampaikan, dan semua orng tw itu masalah akhirat, tetapi kalo cara berpikirmu seperti itu, mending kamu tunggu datangnya hari akhir saja, baru kamu cari kehidupa (duit). Sedangkan kamu di ciptakan lengkap dgn akal pikiran, kaki dan tangan untuk bertahan hidup di dunia.

    3. Lo mati aja sono knp masih hidup?.. saran gw..lo punya harta sekarang jualin semua sumbangin ke panti asuhan ..trus ke suriah ikut perang . 😀 ..bikin penuh2 aja di Indo

  11. Klo secara dihitung hitung di atas kertas smua usaha atau apapun ,memang terlihat menyeramkan, yang ada sudah niat bulat bulat jd mundur lagi,intinya jalanin aja jangan pernah takut untuk berikhtiar rezeki akan terbuka untuk orang yang berusaha dan yakin. Dari pada hanya diam dan terlalu banyak perencanaan dan takut untuk memulai,gimana kita bisa tau jalan aja blm koq udh takut..semangat terus ngaspal terus !!

    1. Betul bro… jadi inget kata2 alm.Bob Sadino, jadi pengusaha itu harus GOBLOK.
      karena maaf, orang bodoh yg mungkin tingkat pendidikannya rendah untuk berikhtiar dan berusaha tidak ada rasa takut untuk memulai usaha, karena menghitung estimasi rugi laba. Belum dijalanin udah mundur duluan.

      Kalau ane sih niatnya emang nyari rezeki, izin pamit sama anak istri minta doa supaya selamat, dan berharap pulang bawa rezeki untuk mereka. Alhamdulillah dimudahkan. Semua kebutuhan baik operasional maupun dapur terpenuhi.

      Rezeki kita gak pernah tau datangnya dari pintu yg mana…

      Selama ngaspal, banyak dapat kenalan orang2 yg cukup sukses. Tukeran kartu nama, bahkan ada yg niat investasi untuk usaha saya yg pernah gagal. Baru mau dicoba lagi kalau yang ini…

      Salam Satu Aspal…!!!

      1. setuju ama agan ini. kalo kita udah izin sama anak , istri, keluarga. minta doa lancar cari rejeki. insha allah semua bakal dimudahkan..
        quotes nya Bob Sadino yang paling ane demen sampe sekarang.. Orang GOBLOK dan gak banyak perhitungan bisa lebih sukses, dari pada orang PINTAR yang banyak perhitungan ini dan itu, nggak pernah jalan kemana-mana/ngga pernah memulai apa-apa..

      2. Iya gan, semoga keputusan saya ambil mobil untuk di jadikan Uber tidak lah salah.. sebelumnya saya minta Restu dari orang tua dan mertua dan mereka Alhamdulillah suport.. niat mencari Rizki halal.. biar lancar dan barokah

  12. Yup, ane udah nyoba nyambi bawa uber. Dengan kondisi mobil sendiri dan nyetir sendiri. Dari pengalaman ane dan yang ane rasa, Uber menguntungkan bila ane ada keperluan ke lokasi X dan ada penumpang yang searah, paling tidak msh sejalan. Nah, kl kasus gini, jemput dalam gang kecil tujuannya cm 2 km. Jemput stgh jam, nganter 5 menit. Ongkos cm 12rb sampai 20rb plus turun banting pintu,ini mah nyeseek doang alias rugi, blm resiko mobil nyerempet, papasan dgn mobil lain yg kadang nyita waktu. Kalaupun ada asuransi kan tetap bayar, minimal 300rb per lecet atau kejadian. Driver tdk bisa menolak krn mmg tdk mengetahui destinasi si penumpang. Ketika dicancel reputasi berkurang dan bisa kena tegur. So, Menurut ane sih manfaatin aja uber dengan bijak jangan malah sebaliknya. Anggap aja bonus bagi yg punya mobil buat tambahan bensin. Inget, bonus yeee…

    1. Bener sy pernah ngerasain ky gitu,,
      Jemput macet” tan udah sampe tempat penjemputan,,
      Cuma anter jarak kurang dari 5 km
      Hanya trima 19500

  13. kalau dibaca dr ulasan di atas sangat benar. sy sdh menjalani uber baru 3 hari. walau blm dirasa maximal, dengan kondisi macet jakarta pendapatan supir uber jadi sangat berkurang. karena tarif uber yg murah dibandingkan taxi konvensional maka supir hrs bekerja extra keras utk mendapatkan minimal 500rb per hari nya. belum dipotong bensin, makan buat driver. kalau di analisa mungkin uber sebaik nya utk kerja part time saja karena uber tidak menjanjikan bonus apa2 utk driver. jadi kita hanya untung ada applikasi saja selebih nya kita usaha sendiri utk menutupi biaya2 yg ada. lumayan melelahkan juga 3 hari jalan tapi malah keuntungan yg di dapat saya rasa blm sesuai dengan lelah serta menutupi biaya2. terutama biaya bensin yg cukup besar bila tarif uber masih spt ini.

    1. Saya ikut nunggu. Good Article. Kalo perlu lebih teliti lagi.
      Ternyata batas maksimal jarak penjemputan berbeda antara Go Car dan Grab. Sepertinya Go Car sangat sering memberikan orderan yang jarak penjemputannya jauh sekitar 4-5 km. Walhasil banyak customer yang tidak sabar menunggu. Kalo pilih-pilih orderan jadi nggak dapet insentif dong.

  14. Terima kasih edo utk perhitungan detailnya, sblmnya memang sy jg pernah menghitung namun tidak sedetail edo…buat bro yubia…pak edo sgt baik utk memperingatkan sbg pebisnis kerja memang harus pakai otak klo ga untung ruginya kena diri sendiri dan keluarga….beda sama bro yubia yg cuma bisa ngomong kasar ngatain org yg sudah cape cape buat blog ini…sy setuju utk part time cocok tapi utk full time dan menghidupi keluarga dgn cara mencicil mobil baru kemungkinan akan buang waktu dgn oendapatan tidak sbrpa setelah dipotong biaya biaya yg tak terhitung

  15. Terima kasih utk perhitungan detailnya, sblmnya memang sy jg pernah menghitung namun tidak sedetail ini..buat bro yubia…Org yg membuat blog ini sudah sgt baik utk memperingatkan sbg pebisnis kerja memang harus pakai otak klo ga untung ruginya kena diri sendiri dan keluarga….beda sama bro yubia yg cuma bisa ngomong kasar ngatain org yg sudah cape cape buat blog ini…sy setuju utk part time cocok tapi utk full time dan menghidupi keluarga dgn cara mencicil mobil baru kemungkinan akan buang waktu dgn pendapatan tidak sbrpa setelah dipotong biaya biaya yg tak terhitung

    1. Mantap bro susanto gw setuju banget.. mending kita lihat realita saja. Jika harapan penghasilan besar menghalangi perhitungan kita akan menyesatkan.

  16. Ni artikel sotoy. Eaqng lu yang punya aplikasi uber. Lu liat. Taksi aja dari dulu kayak gitu gitu aja. Yang jelas penumpang lebih cari yang murah brow. Klo nulis artikel jgn jadi matahin semangat orang. Artikel ga berguna.

  17. Setelah berjuang susah payah hingga cicilan mobil lunas 4-5 tahun.. mobil itu bisa dijual dan mandapatkan uang dari hasil uang tersebut.. tinggal dikurangi sajaa hargi penjualanya, dari pembilan mobil hingga penjualan mobil tersebut..

    1. sapa yg mau beli mobil bekas uber…mobil innova odo 300.000 km di jual 50 juta juga ane males nawarnya.

      selamet deh jual mobil bekas uber..semoga cepat laku mobil bekasnya

  18. Ronggo lawe kayaknya punya kontrakan 20 pintu ya….hidup santai ada wktu wt kluarga….? Yg jls hrs krja keras klo ingin menghidupin kluarga…

  19. Hahahaha… detail sekali …. mantap….. disertaka. Juga … kalau anda dalam ljndungan Tuhan… dapat tip sehari 500.000…. $ebulan tip 1.233 $US…..

  20. Saya masi bingung uber itu d gaji ato enggak si.. Harga nya murah bgt ksian juga motor bagus cuman bayar 2 rebu wkwkwk d gaji lg ga si mas,? Makanya saya slalu kasi uang lebih waalaupun ga banyak

    1. apakah anda yang nulis artikel ini punya pperusahaan besar, nanti saya titip sopir uber saya kerja di perusahaan anda, dan perlu di ingat, nyari kerja itu tidak lah mudah, saya 5 bulan sudah bermitra dengan UBER dan saya memiliki 3 buah mobil, Puji Tuhan saya bisa membantu orang untuk mendapatkan penghasila. Dan saya juga mau nanya apakah penulis blog ini pernah jadi sopir UBER atau hanya mengira2., saya tidak tahu. Dan perlu diingat segala USAHA itu penuh resiko dan siap untuk RUGI. ingat USAHA apapun pasti ada resiko KERUGIAN. Ngapain lo klepek2 Nulis diblog untung rugi sopir uber, ya itu urusan orang masing2 mau nyopir uber atau tidak. APAKAH USAHA ANDA MERASA TERSAINGI DENGAN HADIRNYA UBER TAXI. yang pasti gw udah bisa bantu orang nyari penghasilan sudah BAGUS, karna INGAT Nyari kerja itu GAK MUDAH.. Dasar tolol lu dan saya sangat setuju dengan koment bung zulpadli muis.

      1. Lau ngapa marah” boy?? Kalo lu udab ngerada baek bisa bantu orang, ya syukur, kalo lu nyari artikel begini buat marah” mending jangan cari cari artikel sekalian, ini admin cuma share itung itungan dia BERDADARKAN NALAR DIA, kalo nalar lu beda sama dia, ya di woles ae woles bang, wkwkwkwk

        1. Artikel bagus dan detil begini udh pasti yg nulis pernah ngalami. Analisisnya udh masuk akal dan sesuai realita driver2 d lapangan. Klo pun ada yg berbeda perhitungannya ya biasalah d lapangan bs beda2 situasinya. So makasih bro artikelnya. Lanjut bro bikin analisis lainnya, gocar atau grab..

      2. puji tuhan puji tuhan, puji mbahmu ae loe blok goblok,,,,
        nulis sopan aje kaga bisa loe, pake bawa2 tuhan,

        ketemu tuhan juga bakal diludahin muke loe yg kek monyet itu.,,
        mana mau dia dipuji orang otak busuk kaya loe, bodat.

      3. Tulisan di blog ini hanya sebagai perbandingan dan untuk menambah wawasan bagi yang ingin mencoba taksi online… kalau anda merasa sukses dan maju setelah bergabung dengan uber ya itu berarti harus disyukuri….Tuhan telah menggariskan rejeki orang secara berbeda-beda… Memang setiap usaha penuh risiko, begitu pula dengan tulisan di blog ini yang menganalisis kemungkinan risikonya jika bergabung di taksi online… oke lah… semoga usaha Anda terus maju dan berkembang… dan kepada yang ingin bergabung menjadi driver taksi online, ikuti kata hati nurani Anda yang terdalam… bagi yang Muslim alangkah baiknya untuk rajin shalat istiqarah setiap malam untuk meminta pentunjuk dariNYA apakah pilihan Anda menjadi taksi online akan baik bagi Anda atau tidak… terima kasih

  21. Saya merasakan yang paling benar adalah sampingan, buat pemasukan utama berat banget rasanya.
    Enak pakai strategi agak curang, berangkat antar penumpang beneran, baliknya pakai promo kode. Modal beli no perdana.

  22. rinci banget nih ulasannnya .. kalo bisa sih rinciannya dibuat tabel gituh, jadi yang ngebaca mungkin bisa lebih mudah memahami .. terutama saya yang agak lemot nih .. hahaha .. semangat menulis terus oom/mas/bro 🙂 .. trims sharingnya …

  23. Itu hanya opini. Mau ambil apa tidak itu ada ditangan kita. Paling nggak artikel tersebut baik untuk membuka wawasan

  24. Hahahaha, kalau cicilan mobil, depriasi mobil dan STNK kalau dihitung … yang punya mobil pribadi tanpa Uber tetap harus keluar….jadi lebih fair hanya perawatan mobil saja yang angkanya untuk Avanza kurang lebih perbulan 400 ribu…. . Setelah Lunas, ehm… nilai mobil yang didapat berapa ?. Lebih bijaksana jalanin Uber, punya wiraswasta dan punya banyak usaha….. Sambil menyelam (kesana kemari gratis) minum anggur (dapat duit) plus pahala… anterin orang ke tujuan…

  25. Kebanyakan teori, walhasil cm mandek disitu aja, kalo mau uang ya kerja keras, mau uang tp cm leha-leha aja sih sm aja boong,,,kalo mau sukses ya keluar zona nyaman lo, pikirin mau sampe kapan jd karyawan alias kuli kantoran terus, gaji naek nunggu UMR naek,,,think smart please, jgn cm pengen jatohin semangat org

  26. Ulasan yg bagus dan bermanfaat untuk yg mau usaha jadi mitra uber pakai mobil sendiri yg masih cicilan dan menjadikan ladang UTAMA penghasilan keluarga….

    1. jgn takut om… jalanin aja dlu.. intinya harus mau cape seharian kalo untuk nutupin ciilan mbl.. kalo ada niat pasti ada jalan.. smangat om..

  27. apakah anda yang nulis artikel ini punya pperusahaan besar, nanti saya titip sopir uber saya kerja di perusahaan anda, dan perlu di ingat, nyari kerja itu tidak lah mudah, saya 5 bulan sudah bermitra dengan UBER dan saya memiliki 3 buah mobil, Puji Tuhan saya bisa membantu orang untuk mendapatkan penghasila. Dan saya juga mau nanya apakah penulis blog ini pernah jadi sopir UBER atau hanya mengira2., saya tidak tahu. Dan perlu diingat segala USAHA itu penuh resiko dan siap untuk RUGI. ingat USAHA apapun pasti ada resiko KERUGIAN. Ngapain lo klepek2 Nulis diblog untung rugi sopir uber, ya itu urusan orang masing2 mau nyopir uber atau tidak. APAKAH USAHA ANDA MERASA TERSAINGI DENGAN HADIRNYA UBER TAXI. yang pasti gw udah bisa bantu orang nyari penghasilan sudah BAGUS, karna INGAT Nyari kerja itu GAK MUDAH.. Dasar tolol lu dan saya sangat setuju dengan koment bung zulpadli muis.

    1. bisa gabung sama perusahaan rental bagi hasil.. gatau jalan gausah takut karna ada gps pake Waze ato Google Maps tinggal navigate ikutin aja.. sangat membantu..

  28. Gue sendiri masih aktif sampe sekarang jadi driver uber. Ga ada untungnya jadi driver uber grab atau gocar. Bener cuma kerja sosial doang kita di bikin. Karna semakin banyak driver yang daftar dan ada pesaing seperti taksi dan aplikasi2 lainnya. Gua pernah satu hari cuma dapet 80 udah muter2 terus. Kacau parah jadi driver sekarang.

  29. ya intinya mau dapet duit banyak harus kerja keras. jangan lembek jadi cowo. banyak orang ngeluh disini dan kebanyakan teori. Tetep semangat untuk yang ingin menjadi driver.

  30. taxi online ini sangat cocok untuk kerja sampingan / part time . masalah rugi / untung adalah resiko.
    kerja di kantoranpun apakah sudah cukup untung ? coba kalian pikirkan pendapatan dan pengeluaran pengeluaran yang ada.
    mau untung ? yah rajin kerja ..mau rugi ? yah leha leha saja di rumah sambil nonton tipi ( itu juga kalau ada tipinya hehehe ).
    semangat untuk yang sedang menjalankan taxi online juga untuk yang mau bergabung.

  31. Susah ya masing2 menganggap kecapku no 1 betul? Ga ada kecapku no 2. Ya betul jadi karyawan kuli sampai kapan? Tapi kerja di uber juga potongannya gede 25%. Harusnya bonusnya gedein lagi donk dari pusat utk drivernya jadinya orang lebih semangat lg utk driver. Kalo umpama harga bensin naik lg jadi 8500, apakah uber akan naikan insentif utk semua driver?

  32. Saya cobain uber selama 1 bulan menggunakan mobil semdiri. Awal mencoba di bulan juli hari sabtu hasilnya cukup lumayan yaitu sekitar 650rb / 12 jam dengan konsumsi bahan bakar Rp. 200.000.
    Hari2 berikutnya saya narik di jam pulang kantor. menurut saya makin kemari penghasilannya makin merosot. Yang pasti faktor utama adalah tarif yg murah sekali, macetnya ibukota dan (rata2) pelitnya rider uber dalam membwrikan tips hehehe… Saat ini uber sudah lakukan pemotongan 25%. Kalau ada yg mau coba usaha uber dengan bli mobil baru lebih baik buka laundry kiloan aja masbro hehehe. Aku langsung pensiun jadi supir uber.. KERJA SOSIAL

  33. Oia, ane jg driver uber tapi ya ngaspal sesuka hati. Syukur jalan 7 jam dpt 10trip bisa hitung sendiri, hahaha. Capeknya itu kalau terus dapet. Bensin 60-70rb terus begitu. Rejeki mah gak kemana emang kalau yang yakin ya.

  34. Tarif uber kemurahan. Cuma kerja sosial doank dan bensin skr premium rata2 uda pada ga ada, dipaksa pemerintah beli pertalite 6900. Itu tarif uber naikin donk. Badan pegel duit ga seberapa dan jakarta Macet dimana mana. 1 trip bisa 2 jam.

  35. Rugi jadi driver uber. Cuma kerja sosial. Tarif yg murah dan ga sebanding capeknya, jakarta macet dimana2, 1 trip bisa 2jam gimana mau kejar 8-10 trip 1 hari?

    Belum skr bensin premium uda pada ga ada. Nanti akan dihilangkan, sementara isi pertalite Rp 6900,- rugiiii bro, naikin donk tarifnya dari pusat. Dapat ucapan terima kasih doank dari penumpang.

    Coba praktekin aja.pagi isi bensin 100rb. Dapatnya sampai malam paling hanya 200rb. Nahhhh begitu uda mlm bensin abis lagi, kita isi lagi 100. Berarti 1 hari DRAW+jgn lupa kampas rem abis+oli mesin mesti ganti dalam 4000km. Rugiiiii brooo

    1. Yang penting dijalani. Diniatkan cari rejeki untuk anak istri, rejeki sudah dibagi oleh Allah lewat pintu yang tidak disangka sangka….. Berjuang dan terus berkarya….. Wong sing teku n bakale panen….

  36. Tuk yubia,ente baru 5 bln di uber saja sdh sombong punya mbl 3,coba klo mbl itu ente yg narik sendiri alangkah sakit hati nya liat argo uber yg sangat murah,ente punya mbl 3 jg karna mbl ente org yg bwa&ente cuma terima setoran aja,tpi yg narik nya harus kerja super keras,dan hasil nya krg memuaskan di mulai dari bln desember 2015 stelah uber tdk memberikan bonus buat driver lgi.ane di uber sdh lumayan lama,dari mulai senang (Pendapatan bsr smpai skrg yg pendapatan nya minim)jdi ane minta ente ga usah pd ngomong bsr user,90%user uber pelit2 gara2 SUPIR nya pda ngomong besar seperti ente.pendapatan segini lah slma seminggu,semua tai anjing.ane narik uber dari se thn yg lalu smpai skrg full time 2-4×24 jam ga plg jdi gembel di jlnan.tpi sekrg ini bisa byr cicilan mbl & mkn aja di uber sdh untung.jdi ane minta ente ga usah pda ngomong besar da soal pendapatan di uber.kecuali 1thn yg lalu ane percaya pe dapat ente seminggu sekian jt (3-4jt.itu semua sdh ane alami.inti nya yg narik uber cuma jadi budak uber,knapa ane blg budak,user di kasih gratisan trus sdgkan driver cuma dpt cape dan ucapan trima kasih sj dr usr yg sdh gratis pelit lg.jdi inti nya kita mesti pintar2 cara kta online.skrg ada 3. Aplikasi pilih mana yg menguntungkan yg merugikan tinggalkan dulu,begitu menguntungkan kmbali kta online nin lg.jdi jgn kta mau di jajaj sm perusahan aplikasi.jdi inti nya kta mesti pintar pasng strategi.aplikasi mna yg menguntungkan saat kta mau online.skian trma kash.

  37. artikel di atas itu cuman pendapat saja bro, bisa benar bisa tidak , kita sendiri yang memutuskan.

    menurut gw sih, mungkin benar saat ini unutk uber tarifnya sangat murah dan kurang menguntungkan driver, tapi kita sebagai (pengusaha) jangan langsung nyerah dong, kita kan gak terikat sama uber cari aplikasi lain yang masih banyak bonusnya mungkin grabtaxi, dan masih banyak aplikasi lainnnya.
    cara kedua kita sebagai (pengusaha) harus berfikir kreatif, selain digunakan untuk taxi online tidak ada salahnya kita menawarkan diri untuk menjadi rental mobil ( untungnya lebih) tiap orang yang naik taxi online kita berikan info kalau kita juga bisa menjadi rental mobil , jadi disaat ada bookingan rental mobil untuk aplikasi taxi onlinenya ditingglkan dahulu. apalagi kita pas dapet bookingan sebagai rental sekaligus pemandu wisata, enak banget gan.

    pesan gw selalu berfikir positif aja, tiap usaha ada tantangannya , kita harus selalu berfikir kreatif biar bisa lebih maju. kecuali agan2 kerja di kantor pergi pagi pulang petang gaji dibayar dipotong utang bulanan…..naaannggggiiissss

  38. 2 hari ngaspal keluar jam 4,30 pagi ngejar sewa bandara,siang ngrangsek ke jakarta sampai pulang jam kantor,malam ngalong ngetem di tempat hiburan sampai jam 01,00 sampai rumah jam 02,00 maklum pinggiran jkt(bsd) di itung dapet 26 trip,”uang terkumpul 1,1jt potong 25%,biaya bensin 400,makan rokok150,setoran mobil 300pulang sampai rumah tinggal kolor doang;,,,,

    1. buset bang, kerja keras cuma bawa kolor doang baliknya??ckckck, ane sampe re kalkulasi, beneran, jadi tinggal dompet doang dari 1.00.000
      ternyata ga seindah kenyataan

  39. Gua driver udah ngerasain uber makin lama makin ngerugiin
    Jangankan buat senang senang keluarga buat bayar cicilan aja berat banget..sama aja kerja sosial sehari dapet 200ribu aja sampai pegel kaki,pa lagi premium mau dihabiskan,bagi yg pengen coba2 gabung taksi online fikir dulu 100x,sejahtera cuma di iklan kenyataan mah pahit..

  40. Emang jd drever uber cmn menang keren doang bawa mobil kemana mana.., tp kantongnya ga jauh beda ama supir angkot.. hahahah.., kamprett bner.. ., baru 1bln aja ngerasain jd drever uber udh pegel semua.. ., ga masuk bos kalo buat penghasilan utama.. , sama aja dgn kerja rodi.. makan asepp knalpoot tiap hari.. .

  41. Buat lo semua yg mash narik uber.. Bner2 lelaki sejati.. .sangking sejatinya ampe makan di tahan.. akhirnya eman uang cmn beli roti 2000an rokok ngecer 2 batang.. . Hahahaha
    Pulang2 muka item lusu ga ada gairah.. .
    Pikirrr lgg we lelaki sejati!! !!

  42. Uber,grab car , go car itu cocokny buat driver yg pny mobil pribadi, kl nyewa harian pasti bonyok.
    Untuk driver sm sekali ga nguntungin
    Untuk saat ini tarif go car untuk driver masi ” AGAK MENGUNTUNGKAN “, tarif uber dan grab bner” parah cm nguntungin customer ,kerja dr pagi ampe tgh mlm romusha bgt, rugii !!

  43. Kaya’nya Uber lebih cocok buat iseng2an cari penumpang yg tujuannya searah pulang/pergi ke kantor, buat bantuin bayar bensin, drpd nyetir mobil cuma sendirian, mending bawa motor.

    Sesuai konsepnya “ekonomi berbagi”.

    Bukan maksud bikin kendor yg pingin serius invest atau full time job jd di Uber taxi. Silakan aja. Krn tiap orang punya itung2an masing2.

  44. Semua bidang pekerjaan,
    Ujung-ujungnya sawang sinawang.
    Seperti cth,
    G ada kecap seenak dan se top dr jenis kecap lainnya.
    Intinya c…. Sama aja dan sawang sinawang.
    Ada blg enak, ada jg blg g enak.
    Sebelum semuanya butuh perjuang utk hidup.
    Krn hidup adl sebuah perjuangan.

  45. Kebanyakan peromon drefer jadi bingung buat menyetor sama yg punya mobil.karna promonya bener2 garatis ,sidrefer jadi nombok tersus

  46. Dear all ,
    Saya adalah mantan yang kerja di grabcar
    Awalnya saya nekad ambil mobil buat grab
    Tapi setlah saya gelutin dalam 5 hari
    Pendapatan rata” 300rb/hari. Itu pun blm di potong bagi hasil,uang bensin, uang cape dan perawaran mesin
    Total” hit rugi lah
    300(harian)-60(bagi hasil)-75(bensin)-120(uang cape) = sisa 45 (blm biaya perawatan kendaran) , blm lg biaya cicil kendaraan

    Hitungannya gak untung dh
    Saran saya buat agan yang baru mau coba meninggan pakai sistem sewa dl buat coba buat lihat kegiatan dan keuntungannya

    Skrg saya sudh berhenti narik taksi online

  47. Puyeng kalo ngitung begitu, yg ada kagak jalan2 itu bisnis, belajar dari kutipan alm bob Sadino aja, “bisnis yg benar itu yg dijalankan bukan yg dipikirkan”

  48. itu ada yg komen “kalau jadi cowo jangan cengeng”

    bukan masalah cengeng ga cengeng, tapi lo mesti pake otak, kerja seharian ngaspal, tapi pemasukan kalah sama tukang parkir.

    otak di pake, bukan otot doang cuma demi dapet sebutan “bukan cowo cengeng”

  49. Itu balik sama kita sendiri.gak salah kalau di coba ..ceuk orang sunda mah ulah keok samemeh di pacok.ptribahsa indonesia jangan kalah sebelum perang.salam asap tembakau

  50. detail juga ulasannya, tp itu blm termasuk kalo ada musibah di jalanan ya.. contoh misal nabrak kendaraan lain, kalo lagi apes, buat ganti rugi ke dia kudu dr kantong pribadi,
    saran saya sih kalo yg udah terlanjur narik, jgn ragu & takut, Bismillah aja, rezeki mah ga akan kemana, buat yg belum narik tp masih kerja, jgn ampe resign demi narik fulltime, ingat : narik online bukanlah sebuah ‘usaha’ wiraswasta, karna masih terikat sistem atw peraturan.
    enak juga perusahaan uber atw grab ya, tanpa modal mobil, perawatan mobil, pajak mobil, gaji karyawan/supir, dll, udah bisa eksis, gimana perusahaan taksi konvesional ga ngiri… hahahahah…..

  51. permisi agan2,om2,tante2,dll

    ane baca artikel ini bagus sekali,terima kasih atas info nya sangat bermanfaat
    ane mao share dikit,biar bikin semangat aja dan motivasi
    ane supir uber,kebetulan hanya part time aja,ane punya pekerjaan pokok
    sebagai orang PINTAR ane menggunakan beberapa strategi salah satunya artikel ini sbg referensi
    dan sebagai orang BODOH kata bapak BOB, ane uletin aja,kerja keras,tawakal,ikhtiar, dan selalu inget allah

    minggu kemaren ane narik 16 trips,penghasilan kotor 750rb,untuk bensin 250rb ane dapet bersih 500rb
    gak pake makan,gak pake minum.. tanpa jalanan macet dan gas trus, ane narik cuma 4 hari (senin,jumat,sabtu,minggu)
    ane balik kerja jam 7 malem.. jam 9 mulai narik.. nunggu anak2 pd tidur,, ane makan dulu dirumah,minum bawa dari rumah
    balik kerumah sekitar jam 11 – 12 malam alhasil dapet 3-5 trips, weekend ane gas kadang sampe jam 2 malem
    enak narik malem tanpa macet,memang badan cape.. tapi kalo gak kerja keras gak bakalan pintu rezeki kebuka
    dan waktu bersama keluargapun masih banyak

    sekedar share,, ane gak mau mematahkan semangat.. jangan dipikir dapet kecil atau rugi lah.. bikin makan ati doang.. mending jalanin aja semua pasti ada jalan keluarnya
    alhmdulilah sekarang uber fee dibalikin lagi oleh pihak uber

  52. Benar bangat merugikan Uber brengsek gk mikirin drivernya rider nya yg Untung pakai kode promosi bisa 100rb no tip cuma bilang sukses ya pak …sukses dari mana ambien nih pantat yg ada Uber grab tai lah itu

  53. Terimakasih utk penulis artikel ini…
    Intinya jika mau punya penghasilan lebih ya harus ekstra kerja keras, ga jauh juga dengan kerja yang gajian bulanan. Klo mau gaji lebih ya harus rajin lembur… !!! Untuk pihak taksi online seharusnya membuat kebijakan soal tarif agar driver juga merasakan keuntungannya. Jika jiwa kalian pekerja keras pasti tau apa yang kalian lakukan. Ingat rezeki sudah ada yang mengatur! Ikhtiar disertai doa.
    Terimakasih

  54. Saran gua jangan uber gan. Gak bisa Makmur. Potongan nya 25%. Terlalu tinggi. Bensin dan setoran kena tapi kita nya (driver) gak dapet apa apa. seandainya potongan 10%, baru deh tuh Makmur.

  55. Usaha apapun dan hasilnya sepahit apapun pasti ada hikmatnya.Saya juga ngalamin masa masa yang pahit dengan tarif tdk masuk akal sampai ketemu rider yang sombong berasa kita supir pribadinya.Demi ngejar setoran untuk bayar cicilan mobil dan memenuhi kebutuhan buat keluarga,sampe beberapa kali sy nginap nya di ” Hotel ” pertamina alias pom bensin.Karena persaingan sesama driver dan vendor semakin banyak,maka otomatis penghasilan juga ikut turun,saya ga perlu rincikan penghasilan sy perhari nya,karena tiap driver punya versinya sendiri.Bagi saya cukup belum tentu bagi driver lain cukup,dan sebaliknya.Karena tiap org kebutuhan hidupny berbeda beda,…yang pasti selama sy di uber selama 7 bulan ya bertahan saja,kaya nga miskin juga ngak,.,hehe,
    Intiny ambil hikmatny dan selalu berdoa bro,sekarang sy ga di uber lagi karena saya skrg uda usaha sendiri dengan pemodalnya adalah penumpang saya pas di uber,Bersyukur sekali saya ketemu rider ini ,padahal hari itu saya hampir membatalkan rider ini karena sy sdh capek sekali.
    Tetap semangat …

    1. Rejeki sudah diatur oleh Allah SWT. Manusia ditakdirkan utk berusaha mencari kehidupan yg lebih baik. Kalau kita hanya berpangku tangan dgn hitungan tanpa berusaha maka kita menyalahi takdir kita. Segala sesuatu yg baik harus dicoba dan dipantau baik buruknya.

  56. Omong kosong mas bro… Ane udh coba narik gocar dan uber.. 38KM di UBER ane dibayar cuma 65.000 dipotong biaya uber jadi 47.000an.

    Klo di GOCAR, 4000 x 38KM = 150.000an

    THANKS GOCAR, HIDUP SAYA 100℅ BERUBAH JADI LEBIH BAIK, DAN CICILAN SAYA TERTUTUP TIAP BULAN (5.400.000) SERTA MAKAN ENAK.

    Aku cinta anak bangsa!!! Semboyan gojek

    1. Ada lagi, GOCAR tidak pernah dipotong biaya sedikitpun!!!

      Meski saya pernah di suspend sementara, tp saya maklum karna kebijakan gocar ingin terus berkembang, menciptakan keadilan bagi driver dan penumpang..

      Hidup slalu, tuhan memberkati!!!

  57. Sy juga baru tiga bulan narik uber udah cape boss .tarip ter lalu murah ini . sekarang ban ngurus stnk naik sembako naik tarip belum naik.pusing .tau ini mobil mau di kemanain mudah mudahan semu per usahaam taxi onlen mau mengkaji ulang tarip nya .atau marketing nya yoba aja sebulan. Narik biar ngerasain mitranya.bagay mana di jalanan.

  58. Bagus gan tulisan nya sangat memotivasi, tinggal kita mau pilih yang mana, mau usaha di taxi online ataupun tidak pilihan ada di tangan kita, baik buruknya sudah banyak yang memberikan komentar.
    Terimakasih untuk agan atas waktu dan detail rinciannya yang sudah memberikan tulisan yang bagus ini,

  59. Jadi samaya ya yang saya rasakan terlanjur amil mobil keridit tp hasilnya kurang memuaskan.semoga ALLOH SWT membuka pintu rezeki kita semua yg terlanjur njempelung di uber.amin amin ya robal alamin

    1. Teryata bayak yg bernasip sama kayak aq terlanjur ambil mobil keriditan tp hasilnya kurang memuaskan.semoga ALLOH SWT membuka pintu rezeki kt yg lain dan barokah amin amin ya robal alamin

  60. Teryata bayak yg bernasip sama kayak aq terlanjur ambil mobil keriditan tp hasilnya kurang memuaskan.semoga ALLOH SWT membuka pintu rezeki kt yg lain dan barokah amin amin ya robal alamin

  61. Lebih ngeri ni masak hasil 1trips di surabaya rata rata jarak pendek yg bayak sekitar di bawa 25rb kl dipotang peromo penumpang habisdeh terus bensin ikut siapa hohohoho

  62. Selamat sore

    Sy pengemudi grab,setelah sy jalani grab car sepertinya banyak ruginya karna ongkos yang sangat murah dan target yang tidak jelas…dalam sehari sy mampu kerja 12 jam untuk dapat order tetapi tidak menguntungkan karena lebih mahal bensinnya belum lagi macetnya jalanan….arah balik biaya lewat tol setelah kita anter penumpang kita yg tanggung….apa kah ini yg di namakan mitra…mohon solusinya.

    Keras dan ganas nya ibu tiri lebih keras dan ganasnya di jalanan…

  63. setoran 100rb buat juragan mobil. Cucok gak wak? Gw driver uber nih. Tapi masih newbi. Tolong pencerahannye…

  64. salam kenal driver uber…

    ane rencana mau narik uberblack … karena dari orang tua ane ada rezeki mau kredit mobil yang bisa dibilang, bisa di daftarkan ke uber black…

    yang ane tanyakan, kalo cicilan mobil ane 6juta perbulan kira-kira nutup ga ya???

    oia mungkin disni ada pengemudi uberblack, daerah mana sih yang rame penumpangnya buat uberblack & jam berapa aja??

    ya istilahnya pasti kan yang naik uberblack, berbeda dengan kebanyakan orang yang naik uberX atau uberpool…

    mohon bimbingannya 🙂

  65. Jalanin dulu bro . Ane 2 thn jdi supir uber dengan mbil cash dan baru . bs dp mobil lagi buat nambah2 setoran ..

    Kalo kata ente seharian cuma dapet sedikit tips itu apesnya ente aja atau ente yg goblok gak tau sela2nya wkwkwkk . Jakarta keras org manja pulang kampung aja sana

  66. Saya ada niat mau kredit mobil buat masuk grab.uber.atau gocarr.. Dengan cicilan 5jt kebawah perbulan. Apakah bakal ketutup tuh cicilan … Saran nya gan

    1. ketutup bos, kalo perjalanan per hari dibayar paling gak 200km ya. itu buat mobil doank, belum buat biaya sehari-hari ya

  67. Menurut saya uber salah strategy untuk operational di Jakarta, dengan tarif yg keterlaluan murahnya mereka pikir bakalan banyak penumpang, memang bisa seperti itu tapi uber kan tidak punya armada? Semuanya tergantung kepada driver atau uber partner. Kalau driver ini tidak dipikirkan kesejahteraannya yah semua driver pindah ke lain, dan walaupun uber punya tarif yg paling murah sejagat raya tapi nggak ada mobilnya karena drivernya nggak ada yg aktif apa penumpangnya juga enak? Driver driver atau uber partner adalah Uber itu sendiri yg sangat berpengaruh untuk kemajuan uber. Menurut saya jarak kurang dari 5KM seharusnya kena tarif minimum yaitu Rp25000 itu sudah sangat murah dikarenakan situasi jalanan di jakarta/Jabodetabek tg muacetnya terburuk didunia, kondisi jalanan rusak dipinggiran jakarta, penumpang yg penyakitan dan bisa menularkan penyakit ke supir. Itu semua harus dipikirkan pihak Uber. Dan coba perbandingkan harga uber X dibandingkan dengan Grab bike, lebih mahal grab bike. Gila kan, mobil kita dihargai lebih murah dari ojek. Coba kalau nggak percaya check request uber X lalu perbandingkan harganya dengan request Grab bike

    1. rumah saya di pondok kopi jakarta timur … request dengan grab bike ke kota kasablanka 11.16km biaya 24.000..

      saya coba request uberX ke kota kasablanka 44.500 … perbedaannya sekitar 46-48%.

      estimasi ini saya coba jam 3 pagi loh yah, belum ada kemacetan… gmna kalau ada kemacetan?? yg jelas waktu tempuh uberX akan meningkat oleh hitungan menit Rp.300 … belum lagi kalau ada perkalian…

      Jadi hitungan anda jauh sekali perbedaannya…

      1. Iya /Km Cuma 2000, yg dibayar sdangkan para supir harus bayar bensin,perawatan mobil,pulsa,kuota internet blm lagi bayar uber fee krn pakai aplikasinya blm waktu dan tenaga… Kasian waktu naik dr Jkta jl Tambak-menteng-HI-Penjompongan-penjernihan-permata hijau cuma 22500.

      2. Iya /Km Cuma 2000, yg dibayar sdangkan para supir harus bayar bensin,perawatan mobil,pulsa,kuota internet blm lagi bayar uber fee krn pakai aplikasinya blm waktu dan tenaga… Kasian waktu naik dr Jkta jl Tambak-menteng-HI-Penjompongan-penjernihan-permata hijau cuma 22500. Belum macet… ampun deh. Tak Semanis bibir Mu, nyatanya Pahiiit

    2. Betul sekali apa yg dikatakan mas cahyono, untuk yg berencana ambil mobil dg bayar cicilan dg uber itu bisa mengecewakan.
      Saat ini tarif uber sudah murah waktu saya naik dr jl Tambak ke Menteng-HI-Tamrin city-penjernihan-slipi-ke ITC permata hijau cuma Rp.22500, dg waktu macet 55menit, belum bensinnya dan perawatan dan itu mobil hatchback,
      Dan naik uber di jam 5 sore/ hr ini 14 maret 2017 dari Sudirman-HI-Menteng-Salamba-ke Pramuka-sampi di UNJ cuma 29.000 pdhal macetnya ampun di jam kerja dan belum bensin..Amsiong itu mas.. Tahun ini 2017 Kurang baik…. Kasian untuk para Drivernya, Tanpa mereka Uber tidak bisa apa-apa

  68. Mau Tanya, Saya Punya, tidak bisa jadi Supir, untuk itu saya percayakankepada supir orang lain, untung ga ya mobil saya jadi grab online

  69. Mau Tanya, Saya Punya Mobil
    , tidak bisa jadi Supir, untuk itu saya percayakankepada supir orang lain, untung ga ya mobil saya jadi grab online

    1. kalo buat mobilnya doank sih untung, tapi gak gede bang…mungkin 5 tahunan cuma surplus beberapa juta, karena kan mobilnya kalo dah 5 tahunan dijualnya juga gak banyak dapetnya, wong kilometernya aja bisa ratusan ribu

  70. Y.. Mudah2an pihak uber bs mengkaji lg masalah tarip.. Memang uber yg plg kecil d antara yg lain.. Jg banyak promosi.. . Dan jg mudah2an manajemen uber mau mengerti. Keluh kesah dr driver…. Sy sendiri jg merasa minim pendapatan. D uber. .

      1. Jangan Kl tahun lalu mungkin tp kl tahun ini bisa amsiong, buat kebutuhan hari hari kurang krn/km rendah belum bensin makin bnyak jalan bensin juga makin banyak. Banyak yg mengeluh kasihan. Udah enggak ad bonus yg seperti thun lalu, kl ngandelin perkalian jam ramai cuma dlm hitungan jam dan seminggu cma bbrap x aja biasanya di jumat

  71. KEREN BANGET PAK SANGAT MEMBANTU
    Banyak orang kemakan omongan orang kalau beli mobil trus nyicil pakai uber, nyatanya gak segampang itu setelah di hitung rinci seperti in.

  72. Setuju dgn beberapa teman,klu dari taksi konvensional beralih ke online,lebih menjanjikan.krn di taksi konvensional sgt parah.kerja 15 jam spi 20 jam,paling banter dpt 150.000,itupun klu lg bagus.klu memble bisa nggak bw pulang duit.cuma analisa diatas,bagus sbg masukan,Krn hitungan bisnis itu perlu.

  73. Ane baru ngambil mobil untuk jadi mitra grabcar,dan nyetir sendiri baru bulan kemaren mulai nya tapi yaa pinter2 kita nya aja,kaya ane nih,ane ada 3 hp untuk 3 mitra yg berbeda?,yaitu uber, grabcar dan GO CAR, dan ane pake 1 mobil untuk ketiga mitra tersebut… tiga2 nya ane ON terus,tapi kalo disalah satu nya ada yg masuk ya 2 hp yg lain nya ane offline’in dan kalo udah sampe tujuan si penumpang yaa diaktifin lagi tiga2 nya.. Hahaha, ,ane narik dari jam 5 pagi sampe jam 10 malem dipotong jam 12 sampe jam 3 sore istirahat (istirahat di masjid sekalian shalat) alhamdulillah setiap hari ane dapet PALING KECIL 48 trip dari ke 3 mitra uber,grabcar dan Go Car dan ga pernah sepi,pasti dari ketiga hp tersebut selalu bunyi entah lagi dijalan ataupun lagi iseng2 berenti di sevel, malah pernah beberapa kali tiga2 nya bunyi.. Pokok nya pinter2 kita nya aja lah..kalo perusahaan mainin kita sebagai driver dengan tarif murah, yaa kita balikin dengan cara seperti itu..masih banyak kok cara2 nya biar ga rugi2 banget jadi driver online,intinya PINTER2 KITA NYA aja dan KREATIF, Jangan hanya terpaku sama peraturan atau kebijakan perusahaan…

    1. salam kena gan, ane mau tanya2 nih … ane rencana mau ambil mobil nih di bulan april . budget ane ditambahin ortu cukup buat ambil mobil keluarga sekelas SUV … buat bisa didaftarin uberblack juga …

      ane narik hampir tiap hari ya?? boleh tau gan dapet brpa???

      kalao mobil ente masih kredit nutup tuh gan perbulannya?? cicilnya..

      karena rencana cicilan mobil ane sekitar 6jutaan perbulan .. menurut agan nutup ga ya??

      apa bisa lebih kalo kita rajin?? .. rencana mobilnya ga cuma buat uber sih tapi keperluan pribadi juga …

      tq..

      1. wah kalo mobilnya buat Uberblack mah cukup berat ya. Pertama harganya mahal, jadi penurunan harga mobil per tahunnya pasti besar. Kedua bensinnya relatif lebih boros, apalagi yang mahal-mahal itu kan minumnya gak cukup pertamax, biasanya minta yang pertamax turbo. Ketiga pasarnya, kalau bisa pake yang uberX kenapa harus uberBlack? Tapi bukan berarti gak bisa sih, ada aja orang yang milih uberBlack buat jalan-jalan…jadi yah harus rajin gan

        1. saya sih pengguna uberX dan Uberblack … Dari supir uberblack bilang sih pasar mereka biasanya daerah pusat kota … ya saya sih cukup optimis bisa saya kejar setiap hari , tetapi tidak full day …

          masalah harga mobil setiap tahun akan turun sih pasti gan… makanya saya mencoba mengambil mobil sejuta amat saja, ketika 5 tahun saya jual harganya tidak terlalu murah.. Tinggal nanti kilometernya kita reset ulang jadi tidak terlalu banyak… hehehe

          oia apa anda driver uber juga??? kalau iya, mobilnya kalau masih kredit brpa gan sebulan??? nutup ga tuh…

          sebenrnya sih gpp gan kalau saya bisa mengambil mobil sekelas calya nanti sisa duitnya, bisa saya tabung …

          oia gan kalau kita pernah daftar sebagai uberpartner , terus ketika kita bisa membeli mobil baru. Dan mau mendaftarkan mobil atas nama kita ke uber .. bisa ga ya gan???

          apa data kita dulu sebagai uberpartner juga ilang tuh???

  74. Ane udah jadi driver uber sekitar sebulanan, yg ane rasain untungnya ga seberapa, tp capenya berasa bgt.. blm lg klo ada penumpang yg bayar pake CC tp dompet udah tipis 🙁
    Ada rencana mo join ke grabcar ato gocar, kira2 signifikan ga sih bedanya ama uber?
    Minta sarannya donk?

    1. oia dalam seminggu berapa kali narik pak?? perhari biasanya dapet brp??? …

      mobil anda uberX ya? kalau mobilnya kredit cicilannya nutup ga tuh buat mobil anda???

      kalau menurut saya sih pak, gocar soal tarif sih lebih bagus … tetapi kalau dibandingkan uber,grab, gocar .. nomor 1 ya tetap uber karena sangat sekali ramai peminatnya ..

      tetapi ya tergantung rezeki sih pak… saya ada rencana juga mau ambil mobil baru buat didaftarkan ke uber nih mudah2an lancar lah ya 🙂

  75. Uber sudah nggak menguntungkan buat driver …….bayangin jam 4 subuh dari parung ke bandara soeta tarifnya cuma 65 rb, dari ciputat ke bandara tarifnya cuma 60 rb.. uber memang nggak perna memikirkan yang punya mobil…cuma menguntungkan konsumen, mendingan dagang kopi diterminal modal kop sebungkus + gelas + air panas …modal 1500 bisa dijual 3000…..untungnya 100%
    kalau uber bukannya untung malah buntung….ha,,,ha,,,ha,,,, ane dah tutup aja akun uber,,,,pindah ke gocar

  76. Ada lagi yang harus jadi pertimbangan adalah faktor fisik walaupun kelihatannya nyetir mobil itu mudah tp kalo dilakukan untuk jangka waktu yg lama…bisa berakibat fatal…karna kurangnya konsentrasi…

    Jd kalo ada yg mau beralih jd driver online full time…tp blom biasa bawa mobil dalam jangka waktu lama…apalagi kalo pekerjaan lama cm duduk2 santai di kantor…pasti gak bakal tahan nyetir 10-12 perhari…

    Kalo cuma nyetir 3-6 jam perhari itu mungkin msh wajar..tp kalo sudah lebih kayaknya malah jd resiko…kecuali emang sudah terbiasa atau dulunya supir angkot atau supir taksi…

  77. gua jalaninya mumet,uang hari biasa 300k kotor dari jam 9 s/d 12 mlm,uang minyak 100,belum uang byar mobil,cuman dapat angin,pikir panjanglah buat dp.

  78. Ulasan yg sangat menarik,Saya pekerja kantoran Han rencna Mau ambil Mobil second tahun 2012 2013 buat daftar taxi online kira kira part time bisa buat byar cicilan ga ya? Kalo biaya hari hari ane dri kerja pokok sungai karyawan ad yg bisa kasih saran Om om?

    1. kalo buat part time sih ok aja gan, tapi bukan buat bayar cicilan yah, buat bayar kebutuhan mobilnya rasanya bisa. Cicilan kebesaran gan, part time sih rasanya gak dapat

  79. Untuk wilayah malang grab lumayan.. seminggu insentif 1.5jt .. bersih.. klo biaya bensin dll tercover dr biaya perjalanan penumpang. Cuma aplikasinya trlalu sensitif.. salah dikit suspend g bisa kerja lagi

  80. Minta pencerahannya dong, dari admin atau dari teman2 driver. Saya berencana ngambil mobil second dengan cicilan 3,5jt /bln. Kegiatan saya sekarang kuliah 2 hari/ minggu, kira2 untuk memenuhi cicilan (3,5jt/bln) dan bensin (3jt/bln) ketutup gak dengan taksi online {semua jenis (uber, grab, gocar)} apabila saya kerja tiap hari (selain hari kuliah) selama 10 jam?
    Terima kasih sebelumnya

  81. Uber gak masuk…jelas banyak nomboknya….karuhan dirental 250rb 24jam…mau di itung bagai manapun jelas gak sesuai..resiko besar bro hidup dijlan… klo dr penjelasan diatas ada yg merasa untung brati matematika kurang…wkwkwkwkwk…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *