Belum Satu Rupiahpun Uang Cair dari GrabHitch (Nebeng)

Feb 24, 2017 | | 27 comments

Bulan Oktober tahun 2016 lalu, saat Grab Indonesia meluncurkan GrabHitch (Nebeng), saya pun langsung mendaftarkan diri menjadi driver. Persyaratannya mudah dan tanpa embel-embel target yang harus dikejar dalam setiap harinya menjadi salah satu alasan yang membuat saya mendaftar sebagai driver GrabHitch (Nebeng).

Beberapa hari menjelang diluncurkan GrabHitch (Nebeng), saya pun resmi jadi driver GrabHitch (Nebeng) dan aplikasi yang saya gunakan masih sama dengan aplikasi Grab Indonesia sebagai penumpang, namun ada tambahan tombol untuk mengubah peran saya dari penumpang menjadi driver.

Awalnya sangat sulit mencari penumpang di sebagai driver GrabHitch (Nebeng). Saya sendiri mendapatkan penumpang pertama setelah hampir tiga minggu menjadi driver. Tentu saya sangat senang karena uang yang didapatkan dari penumpang bisa saya gunakan untuk tambah-tambah beli bensin.

Lalu datanglah promo-promo! Promo-promo tersebut memberlakukan tarif yang lebih murah bagi penumpang, namun sebagai driver, saya tetap mendapatkan tarif sesuai yang tertera di aplikasi. Kelebihan tarif yang dibayarkan penumpang pun masuk ke “dompet” saya di aplikasi Grab Indonesia.

Menurut panduan GrabHitch (Nebeng) bagi driver yang saya baca di web Grab Indonesia, uang saya di “dompet” bisa saya ambil jika minimum saldonya Rp 50.000. Saya pun mencoba pertama kali mencairkan uang saya di “dompet” pada bulan November 2016 saat saldo saya tepat Rp 50.000. Rekening pun saya daftarkan. Lalu kabar dari panduan tersebut jika sudah melakukan pencairan uang, maka dalam waktu 10 sampai 14 hari kerja, uang akan ditransfer ke rekening yang didaftarkan. O ya ada satu lagi, jika dalam transfer uang mengalami kegagalan maka tim dari Grab Indonesia akan menghubungi saya mengenai kegagalan tersebut.

Setelah tarik dana, saya pun lanjut terus menjadi driver GrabHitch (Nebeng) dan mengambil beberapa kali order lagi. Satu bulan saya tunggu, uang tak kunjung masuk ke rekening saya. Saya lalu menghubungi Grab Indonesia lewat email khusus GrabHitch (Nebeng) yang disediakan di panduan di web tersebut pada akhir Desember 2016. Saya bertanya tentang status pencairan uang saya dan juga informasi tentang nomor rekening yang saya daftarkan (maklum sudah sebulan berlalu, saya lupa mendaftarkan rekening yang mana). Dijawab oleh Grab Indonesia bahwa transfer sudah dilakukan sesuai jadwal dan tidak ada kendala apa pun dalam transferan tersebut (padahal saya tidak pernah terima transferannya). Nomor rekening saya yang diinformasikan oleh Grab Indonesia pun cocok dengan nomor rekening yang saya punya.

Saya pun meminta Grab Indonesia untuk melakukan transfer kembali pencairan dana saya dan dikatakan akan dilakukan transfer ulang yang memakan waktu 10 sampai 14 hari kerja.

Setelah konfirmasi tersebut saya pun mengambil lagi beberapa order sambil menunggu uang saya masuk ke rekening yang saya daftarkan. Uang yang saya tunggu-tunggu belum masuk juga. Akhir Januari 2017 saya kembali bertanya lewat email ke GrabHitch (Nebeng) dan kali ini tidak ada tanggapan apa pun dari GrabHitch (Nebeng). Saya coba kembali bertanya lewat email beberapa hari kemudian dengan judul berbeda, dimana saya ingin mengubah nomor rekening saya. Kali ini dibalas dengan hanya memberitahukan jika ingin mengubah nomor rekening harus melakukan konfirmasi dan dari GrabHitch (Nebeng) akan melakukan reset rekening di aplikasi saya. Saya pun melakukan konfirmasi dan sampai saat ini belum ada jawaban apa pun dari GrabHitch (Nebeng).

Itulah jawaban terakhir dari GrabHitch (Nebeng) atas pertanyaan saya seputar pencairan uang saya. Jawaban itu diberikan di akhir Januari 2017. Sejak itu sampai 24 Februari 2017 saya terus bertanya lewat email hampir setiap hari ke GrabHitch (Nebeng) namun tidak satu pun email saya dibalas.

Saya juga telah melakukan telpon ke nomor Grab Indonesia di nomor 021 – 8064 8777. Namun customer servicenya tidak bisa berbuat banyak karena permasalahan yang berkaitan dengan GrabHitch (Nebeng) ditanggapi lewat email GrabHitch (Nebeng) yang sudah diberikan di panduan di web. Customer servicenya hanya bisa membuat laporan yang sampai saat ini sudah empat kali laporan yang sama dibuat, tapi tak satupun mendapatkan tindak lanjut dari Grab Indonesia.

Tindak lanjut saya atas ketidakjelasan pencairan uang saya, sejak dua minggu lalu saya pun berhenti mengambil orderan GrabHitch (Nebeng). Saya ingin kejelasan mengenai status pencairan uang saya di “dompet” aplikasi Grab Indonesia. Terus terang sampai saat ini belum tahu harus mengadu kemana lagi, karena bertanya lewat media sosial Grab Indonesia, dicuekin. Telepon customer service hanya dibuatkan laporan yang tiap kali saya telpon kembali tidak pernah ada catatan bahwa saya sudah pernah membuat laporan. Keluhan lewat email sudah sebulan ini tidak ada satu pun respon.

Saya tak tahu ada apa dengan pelayanan GrabHitch (Nebeng) kepada mitra drivernya yang sudah membantu GrabHitch (Nebeng) untuk melayani pelanggannya. Apakah saya harus datang ke kantor Grab Indonesia untuk meminta pencairan uang saya yang telah saya peroleh sejak November 2016 dan sampai saat ini belum ada satu pun yang masuk ke rekening saya?

Sampai saya membuat tulisan ini sudah tujuh kali saya melakukan pencairan uang, yaitu sekali di November 2016, dua kali di Desember 2016, tiga kali di Januari 2017 dan sekali di Februari 2017 dan sekali lagi saya tegaskan belum ada satu rupiah pun yang masuk ke rekening yang saya daftarkan tanpa ada kejelasan mengenai permasalahan transfer pencairan uang saya dari pihak Grab Indonesia.

Semoga kejadian saya ini tidak dialami oleh driver GrabHitch (Nebeng) lainnya, tapi terus terang jika pendapatan dari GrabHitch (Nebeng) menjadi salah satu pendapatan utama oleh driver GrabHitch (Nebeng), maka Grab Indonesia telah melakukan penzaliman luar biasa kepada mitra drivernya.

Jika mitra driver aja keluhannya tidak direspon dengan baik, saya yakin keluhan customer Grab Indonesia pun akan mengalami hal yang tidak jauh berbeda. Jadi HATI-HATI DALAM MENGGUNAKAN JASA GRAB INDONESIA APALAGI MENJADI MITRA DRIVER GRAB INDONESIA. HAL YANG SAYA ALAMI BISA SAJA TERJADI KEPADA ANDA.

Posted in: Layanan Publik | Tags: , , ,

27 Responses

    1. liat di artikel yang tiga minggu kemudian, uang sudah masuk. walaupun perjuangannya lama dan berat…hehehehe. Sekarang mulai narik lagi, tapi ya itu sekalian berangkat dan pulang kerja, gak usah dikejar banyak-banyak orderannya

  1. Saya juga ngalamin kaya begini. Uang yg saya cashout bulan desember 2016 belum saya terima sampai sekarang april 2017. Akhirnya saya ikhlaskan saja. Saya sudah email berkali2 ke grabhitch tapi tak ada tanggapan sama sekali. Dan baru2 ini saya cash out sejumlah 268rb pd tgl 3 april 2017 seharusnya sudah saya terima tgl 14 april. Tapi sampau sekarang belum saya terima uangnya. Saya bingung ingin complain kemana, karena jika saya complain melalui email pasti tidak di tanggapi lagi.

  2. Kalo saya penarikan yang pertama masuk,tapi sekarang malah kalo abis narik penumpang uangnya gak masuk ke saldo/dompet driver ,penumpang saya tanya sampai saya screenshot kalo pakai kode promo yang sisanya dibayar pihak grabhitch,tapi nyatanya mulai pertanggal 19-04-2017 gak pernah masuk ke dompet saya,waktu saya kirim email jawabnya malah aneh,katanya penumpang pake cash gak pake promo,haha ini aneh atau gimana sih ya? Saya tanyakan lewat email terus lama lama no respon dari grabnya,dan saya coba narik lagi dengan harapan uangnya masuk ke dompet,ternyata sampai detik ini pun gak ada yang masuk

  3. Senasib gan, padahal sebelumnya udah pernah di tarik dana gak ada masalah,
    masa disuruh dateng ke kantor Grab untuk pengaduan, bawa buku tabungan yg dah di print, lah kita pengemudi grabhitch kan pekerja yang waktunya gak fleksible
    kl masih begini ane juga rencananya gak mau lanjut, cape2 in doang,
    penumpangnya mah enak duduk manis puluhan kilo gratis/bayar goceng, lah kita tarik dana aja susah, hahahaha

  4. awal awal lounching saja untuk penarikan dana lancar dan benar tetapi setelah bulan maret april dan saat ini penarikan dana tidak jelas,sungguh kecewa dengan pelayanan grab hicth kepada driver nya.

  5. kejadiannya sama apa yang saya alami…sdh 2 bulan sejak claim..udah complain dan ditindaklamjuti sama grab dengan uang dikembalikan kedompet saya…lalu minta nomor rekening ulang..dan saya claim cash out…sampai skrg melewati 14 hari kerja uang blm terima2….padhl mau buat bayar bengkel sama parkir langganan dikantor…

  6. coba sebelum pada protes buka ini dulu lah :

    https://www.grab.com/id/blog/driver/hitch/panduan-pengemudi-tarik-dana/

    PROSES TARIK DANA

    Tarik dana setiap pengemudi akan diproses di setiap minggu di hari selasa, contoh:

    Driver A tarik dana di Senin, tanggal 7 November 2016. Maka Tarik Dana tersebut akan kami proses di hari Selasa, tanggal 8 November 2016.
    Driver B tarik dana di Hari Rabu, tanggal 9 November 2016. Maka Tarik Dana tersebut akan kami proses di hari Selasa, tanggal 15 November 2016.
    Driver C tarik dana di Hari Selasa, tanggal 8 November 2016. Maka Tarik Dana tersebut akan kami proses di hari Selasa, tanggal 15 November 2016.
    Apabila akun kamu tidak mendapat kendala apapun, maka dana tersebut akan masuk ke rekening kamu dalam waktu 10 – 14 hari kerja semenjak proses dilakukan.

    KENDALA YANG MUNGKIN TERJADI SAAT PROSES TARIK DANA

    Akun kamu sedang kami non-aktifkan untuk sementara. Ketika akun kamu sedang kami non-aktifkan,
    akun kamu sedang dievaluasi oleh tim spesialis kami untuk kecurangan yang mungkin dilakukan oleh pengemudi. Untuk itu, kamu harus bersabar sampai akun pengemudi kamu pulih.

    Nomor rekening bank yang kamu masukkan tidak sesuai. Hal ini membuat proses transfer dana ke rekening bank kamu gagal. Tim kami akan menghubungi kamu.
    Dana kamu akan masuk ke skema tarik dana minggu selanjutnya.

    Nomor rekening bank dan nama lengkap tidak sesuai. Seperti poin no.2 diatas, Hal ini membuat proses transfer dana ke rekening bank kamu gagal. Kami mohon kamu dapat bersabar karena tim kami akan segera menghubungi kamu. Jika sudah benar, dana kamu akan masuk ke skema tarik dana minggu selanjutnya.

    1. saya sih sebelum nulis artikel ini juga udah baca kok. tapi sekarang semua sudah ditransfer, malah kelebihan gan transferannya…hehehe

  7. ane juga sdh 1 bln blm cair cair…

    sdh konfirm via tlp dan email blm ada feed back yang jelas

    sungguh mengecewakan

  8. Saya ko ga bisa sama sekali ya . bacanya “mohon maaf terjadi error .silahkan coba kembali “..baru pertama kali saya mau narik dana di dompet saya .ko begitu ya knpa ya ??? #MohonInfoPemula

  9. Saya sebagai driver grab hitch (nebeng) Indonesia dengan identitas sebagai berikut :

    Nama : Chandra praditya a .
    Nomer hp : 081296706781
    Nomer plat motor : B 3029 KLW

    Saya ada dua pertanyaan :

    1. Kenapa tarikan dana saya di tanggal 29 mei 2017 kemaren belum masuk ke rekening saya sampai dengan hari ini tgl 19 juni 2017 ?

    Padahal sudah 10 hari kerja lho !! Biasanya sebelum-2nya tarikan dana yang saya lakukan kurang dari 10 hari kerja sudah masuk tarikan dananya ke rekening saya.

    2. Kenapa saya belum mendapatkan penambahan saldo di dompet saya sampai hari ini tgl 19 juni 2017 dari hasil saya mengikuti program THR1 bagi driver grab hitch di tanggal 6 – 9 Juni 2017 ?

    Padahal informasinya di aplikasi grab kemaren yang saya baca di tanggal 6 juni, bahwa perhitungan bonus akan dilakukan di akhir periodenya atau tgl 9 juni 2017 kemaren dan akan segera ditambahkan di saldo dompet. Ada kendala apa sehingga saya belum mendapatkannya sampai saat ini???

    Saya sudah berkali2 kirim email ke customer support grab sebelumnya tetapi selalu diberikan jawaban untuk menunggu terus tanpa ada kepastian kapan dua hak saya diatas akan diberikan.

    Bahkan hari ini saya mencoba menelpon ke customer care dua kali dan diterima oleh yang bernama adinda dan annisa tapi jawabannya dari mereka berdua sama saja, yaitu sama-2 tidak ada yang bisa memberikan kepastian kapan hak saya akan diterima.

    Saya sebagai driver Grab Nebeng merasa sangat kecewa dan meminta grab segera memberikan apa yang menjadi hak saya (tarik dana dan bonus promo THR1) !!!

    1. terus kirim imel, telpon atau datangin kantornya gan. Kalo ada temen di grab lebih baik lagi, seperti saya ini…sukses gan

    1. tiga minggu setelah nulis artikel itu, akhirnya cair sih. Setelah telp dan imel customer service dan dapat bantuan dari teman yang kerja di grab

  10. saya juga mengalami 1 bulan narik ga ada artinya krn uang di dompet saya sebesar 479rb tidak bisa dicairkan oleh grab. saya protes keras eh malahan akun saya di non aktifkan sepihak.
    manajemen Grab benar2 parah

  11. Saya juga ngalamin,kemarin transfer di grab Rp 1,100.000 tapi ga msk ke Rek,katanya maks 500 rbu…jdi uangnya tggu 14 hari krj di proses,setelah 14 hari kerja di tlp kata mereka tunggu 5 hari,saya langsung ke kantor,di suruh tunggu 5 hari juga.sampai sekarang sudah sebulan blm masuk rekening saya,padahal uangnya untuk bayar angsuran mobil nge grab…jujur sebagai mitra grab,saya kecewa sekali dengan cara kerja grab,ga tau harus komplain ke mana lagi

  12. Saya temen2 semua saya tarik dana dari tgl 18 juli 2017 sampai sekarang blom masuk…Udah telp cs tapi selalu sudah di buatkan laporan ke bagian terkait..Setiap telp selalu mendapat nomor komplainan baru…Gimana teman2??

  13. Saya tarik dana dari tgl 18 juli 2017 sampai sekarang blom masuk…Udah telp cs berkali kali tapi jawaban yang di dapat selalu sudah di buatkan laporan ke bagian terkait..Setiap telp selalu mendapat nomor komplainan baru…Gimana teman2??

  14. Saya juga salah satu pengemudi grabhitch bike gan dari 2016 sampe sekarang. Saran saya ambil orderan yang Cash tunai aja gan jangan ambil orderan yang pake kode promo.karna udah banyak kejadian yang pake kode promo sisa uang yang masuk dompet susah untuk cair ke rekening dan menunggu waktu yang cukup lama.jadi menurut saya lebih baik ambil orderan yang cash tunai tanpa pake kode promo.uang langsung full kita dapetin dari customer..hehehe..

  15. Minta pencerahan suhu. Sebelumnya transferan lancar aja. Beberapa hari yang lalu ane cash out lagi dari grabhitch dan sudah leboh dari 10 hari ini belum ada uang masuk rekening. Kalau misalkan akun saya sedang dievaluasi oleh server grab, seharusnya apakah saya masih bisa narik (ngambil orderan) atau tidak? Tapi sampai sekarang saya masih bisa ngambil orderan.

  16. Hanya Orang orang Bodoh, yg masih mau ambil Grab hitch,

    Grab car itu sudah sangat Murah, lalu kalian tambahkan kebodohan kebodohan ini,

    Cari Uang Boleh saja, tapi jangan Bodoh,
    Ada HARGA DIRI, yg kalian pertahankan,

    Kalian kerja Buat Keluarga, bukan buat Penumpang,

    Segalanya Harus ada Take and Give yg seimbang, ,

    Jangan Pernah Naik Grab Hitch,, biarkan aplikasi ini ditinggalkan para penumpang,

    PROGRAM BODOH DAN MERUGIKAN,

  17. Gimana, Hanya Orang orang Bodoh, yg masih mau ambil Grab hitch,

    Grab car itu sudah sangat Murah, lalu kalian tambahkan kebodohan kebodohan ini,

    Cari Uang Boleh saja, tapi jangan Bodoh,
    Ada HARGA DIRI, yg kalian pertahankan,

    Kalian kerja Buat Keluarga, bukan buat Penumpang,

    Segalanya Harus ada Take and Give yg seimbang, ,

    Jangan Pernah Naik Grab Hitch,, biarkan aplikasi ini ditinggalkan para penumpang,

    PROGRAM BODOH DAN MERUGIKAN,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *