Ikut Kajian KEY FAST Episode #1

Jul 23, 2017 | | 4 comments

Mulai 16 Juli 2017, Kelas Eksekutif YukNgaji Fastabiqulkhairat (KEY FAST) daerah Jakarta Selatan dimulai di Mesjid Bintaro Raya Sektor 9. Tadinya dijadwalkan pagi hari, tapi karena mesjid tersebut penuh dengan acara, kelas tersebut baru diadakan sore hari mulai pukul 3.

Acara kelasnya sendiri cukup lama, baru selesai setelah Isya. Dengan demikian di kelas tersebut ada tiga waktu Sholat yang dilewati, yaitu Ashar, Maghrib dan Isya. Setiap kali waktu sholat kelasnya break dan peserta ikutan sholat berjamaah dengan jamaah mesjid lainnya.

Acaranya diadakan di aula bawah Mesjid Raya Bintaro Sektor 9, yang biasanya memang untuk acara-acara umum, seperti resepsi atau sekedar talk show yang tentunya bernuansa Islami.

Pengisi materi kelas tersebut adalah Weemar Aditya (@weemaraditya) salah seorang trainer YukNgaji. Kabarnya Mas Weemar ini sudah mengisi KEY sebanyak 40 kali. Jadi sudah sangat berpengalaman dengan isi materi dan mungkin pola pertanyaan dari para peserta.

Walaupun acara mulai pukul 3, tapi sejak pukul 2.30 sudah banyak peserta yang datang. Kelas dimulai dengan hapalan ayat Al-Quran yang dipandu langsung oleh Mas Weemar disertai dengan suara merdu Qori langsung dari rekaman MP3 dari laptop Mas Weemar. Ayat yang perlu dihapal di episode #1 adalah Surat Ali Imran ayat 110 yang terdiri dari 4 baris di mushaf Quran.

Tema dari Episode #1 adalah MAFAHIM KEHIDUPAN.

Mafahim sendiri satu akar kata dengan faham, sehingga mafahim bisa diartikan konsep. Jadi temanya adalah konsep kehidupan. Di awal-awal slide kita disuguhkan dengan sebuah model yang disebut FAST Model, yaitu

Informasi –> Pikiran –> Keyakinan –> Tindakan –> Habits –> Kepribadian

Tujuan KEY sendiri adalah peserta mampu menjawab pertanyaan : WHY SHOULD ISLAM?

Untuk menjawab tersebut peserta diminta untuk mengikuti empat episode KEY, dan tidak boleh bolong-bolong, karena keempatnya merupakan materi berkesinambungan yang mungkin akan kesulitan dipahami bagi peserta yang tidak mengikuti keseluruhan episode.

Dalam episode pertama ini peserta direkomendasikan oleh Mas Weemar untuk memiliki cita-cita yang besar tentang Islam. Contoh yang dikemukakan olehnya adalah cita-cita dia sendiri yaitu ingin membagikan pemahaman akidah Islam kepada sebanyak mungkin orang Indonesia, bahkan kalau bisa dunia. Atau cita-cita Ustadz Felix Siauw yang di salah satu bukunya menulis bahwa cita-citanya adalah meratakan Jakarta dengan Syariah Islam.

Mas Weemar menyatakan cita-cita harus setinggi-tingginya dan memiliki impact ke sebanyak mungkin umat. Jadi tidak boleh buat sendiri atau ruang lingkup yang kecil saja. Sebagai umat muslim kita harus juga memikirkan nasib umat muslim lain. Oleh karena itu peserta diminta untuk menentukan cita-citanya yang tinggi bagi kemashlahatan umat.

Karena waktu pelaksanaan yang bersinggungan dengan tiga waktu sholat, Mas Weemar seakan-akan agak cepat-cepat ingin menyelesaikan materi. Itulah kenapa rencana awalnya diadakan di pagi hari. Ada satu atau dua slide bahkan video yang diskip untuk menghemat waktu. Akhirnya materi pun selesai beberapa menit menjelang azan Maghrib.

Setelah Sholat Maghrib berjamaah, sesi tanya jawab pun dibuka. Untuk bertanya ada tiga cara yang disediakan panitia. Pertama bertanya langsung. Kedua bertanya lewat tulisan secarik kertas yang dikumpulkan. Ketiga bertanya lewat google form yang linknya dibagikan di awal acara. Saya sendiri bertanya lewat google form karena kesannya lebih keren menurut saya.

Setelah Sholat Isya berjamaah acara masih dilanjutkan walaupun sepertinya sudah mau penutupan. Saya sendiri langsung meninggalkan tempat acara setelah Isya karena saya tidak bawa kendaraan dan harus mengejar kereta yang jadwalnya cocok kalau saya pulang setelah Isya. Jika telat saja saya pulangnya, mungkin saya harus menunggu di stasiun kereta agak lama karena jadwal keretanya sudah mulai jarang.

Mas Weemar pun mengingatkan agar para peserta menghapal ayat Al-Quran yang disuruh dihapal di awal acara dan juga mengingatkan agar setiap hariĀ  membaca buku-buku Islam, atau mendengar tausiyah dari Ustadz minimal selama 30 menit.

Sebelum pulang semua peserta dibekali oleh modul yang diberikan panitia, yang berisi materi untuk empat episode KEY. O ya setiap peserta juga diberi sebuah botol air mineral tanpa snack. Kata Mas Weemar snack membuat peserta ngantuk.

Sampai ketemu minggu depan

Posted in: Perjalanan Hidup | Tags: , , , ,

4 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *