Bilangnya Deket tapi Gak Muncul Juga. Ini (mungkin) Solusinya

Oct 24, 2017 | | Say something

Whatsapp adalah aplikasi chatting yang sekarang ini paling banyak digandrungi orang. Kalau anda lihat smartphone seseorang, hampir pasti dia sedang membuka aplikasi Whatsapp saat itu. Mungkin saja dia sedang tertawa sendiri, atau mungkin saja dia sedang kesal sendiri. Semua gara-gara satu aplikasi yang bernama Whatsapp.

Whatsapp kali ini sudah sering dipake sebagai tempat chatting secara bersama, atau kata kerennya Whatsapp Group. Sangat mudah membuat Whatsapp Group. Tinggal klik icon titik-titik di kanan atas, lalu pilih New Group. Whatsapp Group pun langsung jadi dan anda tinggal milih anggota dari grup tersebut untuk chatting bersama.

Whatsapp Group sering digunakan sebagai ajang untuk kopi darat, janjian, ketemuan, atau apa pun namanya yang mengumpulkan beberapa orang dalam satu grup. Biasanya janjian di suatu tempat, misalnya mall, lalu satu per satu anggota grup datang ke tempat tersebut hingga akhirnya acara dapat dilaksanakan sesuai rencana.

Namun kadangkala ada satu atau beberapa orang tidak hadir tepat waktu dalam suatu janjian. Seringkali yang tidak hadir tepat waktu ini tidak memberi kabar. Kadangkala memberi kabar sudah dekat tapi tidak datang-datang. Acara sudah selesai tapi orang tersebut akhirnya tidak muncul juga. Padahal seringkali orang-orang masih bertahan karena menunggunya.

Lalu muncul teks permintaan maaf disertai icon tangan yang disatukan seperti menyembah.

Pada akhirnya semua orang yang menunggu kecewa karena orang yang ditunggu-tunggu akhirnya tidak jadi datang.

Mungkin karena adanya keluhan tersebut, mulai beberapa minggu ini fasilitas Whatsapp ada tambahan untuk mengetahui lokasi seseorang secara real time. Syaratnya cuma dua.

Pertama, di smartphone orang tersebut harus dinyalakan fasilitas GPS-nya. Untungnya dengan banyaknya aplikasi transportasi online, secara default orang-orang menyalakan fasilitas GPS-nya.

Kedua, ini yang masih agak sulit dilakukan, adalah, orang tersebut harus sharing lokasinya lewat aplikasi Whatsapp untuk periode tertentu. Bisa cuma 15 menit, 1 jam atau bahkan 8 jam. Sharing lokasi ini bahkan terus terjadi selama smartphonenya menyala tanpa perlu menjalankan aplikasi Whatsapp sekalipun.

Namun kelemahannya adalah sharing harus dilakukan orang yang bersangkutan. Tidak bisa dilakukan dari orang lain, walaupun sudah sering chatting atau bahkan berada di grup yang sama.

Caranya sangat mudah, tinggal klik icon klip atau attachment, lalu pilih location dan pilih juga share live location. Nanti dipilih berapa lama live locationnya dishare. Saat ini yang tersedia 15 menit, 1 jam dan 8 jam.

Sharing location bisa dimatikan kapan saja sebelum waktunya berakhir. Bila lupa, maka sharing akan mati setelah waktu yang dipilih terlewati.

Jadi maksud ngasih tau fitur Whatsapp ini apa?

Jelas kan di contoh kasus di atas, ada seorang yang katanya sudah dekat tapi akhirnya gak muncul-muncul. Pertanyaannya, dari mana anda tahu bahwa dia sudah benar-benar dekat? Dari mana anda tahu bahwa dia memang sedang berjuang menuju tempat janjian? Dari mana anda tahu bahwa dia gak bohong?

Jawabannya ya di fitur ini.

Lain kali ada janjian, apalagi yang sudah komit bahwa orang-orang itu mau datang, maka sebaiknya untuk menjaga komitmennya, satu jam sebelum jam ketemuan. masing-masing orang yang memang bilangnya mau datang, harus sharing lokasinya ke grup chat. Sehingga nanti bisa dipantau siapa yang sudah sampai, siapa yang sudah dekat, siapa yang belum beranjak dari tempatnya, siapa yang terjebak di kemacetan.

Semuanya jelas. Semuanya transparan.

Tidak ada lagi tunggu-menunggu tanpa kejelasan.

Tidak ada lagi gak enak-enakan.

Yang mematikan sharing location ya artinya tidak jadi datang. Dah, case closed.

Pertanyaan terakhir, apakah ada yang mau mengaktifkan sharing location ke Whatsapp groupnya?

Yah…gak tau deh…:D

NB : Di aplikasi Telegram fitur ini juga sudah ada loh…jadi Telegram pun bisa

Posted in: Ide-ide | Tags: , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *