Lulus Kelas Tahsin

Nov 12, 2017 | | Say something

Awal Bulan November 2017 ini saya akhirnya memperoleh sertifikat kelas tahsin. Apa itu kelas tahsin? Kelas tahsin adalah kelas membaca Al-Quran secara benar. Merupakan lanjutan dari kelas Iqro. Jadi syarat untuk ikut kelas tahsin paling tidak kita harus sudah lancar baca Al-Quran.

Ada tiga tingkatan kelas tahsin yang saya ikuti. Tingkatannya adalah level 1, level 2 dan level 3…:D

Kelas dimulai Bulan April 2017. Tiap level waktunya dua Bulan. Sempat libur karena bulan puasa di Juni 2017. Untuk naik tingkatan ke level selanjutnya ada ujian tertulis di akhir masa belajar. Jadi saya sudah melewati tiga kali ujian tertulis dan ternyata lulus.

Kelas tahsin saya ambil di BLC Pos Pengumben dari Yayasan BISA. Kebetulan lokasi tempat kursusnya dekat dengan rumah saya. Dan yang membuat saya konsisten adalah waktunya yang sangat tepat. Sabtu dan Minggu pagi, mulai pukul 06.00 hingga pukul 07.30.

Jadi selama tujuh bulan terakhir ini saya tidak pernah ikutan Car Free Day (CFD) lagi. Karena waktu CFD bentrok dengan waktu belajar. Memang setelah pukul 08.00 tetap bisa pergi CFD, tapi biasanya saya abis selesai kelas tahsin, lebih memilih tidur lagi karena tidurnya masih kurang….:D

Alhamdulillah selama 7 bulan ikutan kelas tahsin, mungkin tidak sampai lima kali saya absen karena alasan apa pun. Pernah alasannya karena sedang tugas ke lapangan. Tapi ada juga yang sedang malas di rumah karena kesiangan (beberapa kali bangun lewat pukul 06.30 karena setelah subuhan tidur lagi).

Yang dipelajari selama 7 bulan terakhir adalah

Kelas Tahsin Level 1 :

  • Perkenalan dan pentingnya ilmu tahsin
  • Makhrojal huruf, yaitu tempat keluarnya huruf-huruf hijaiyah yang berjumlah 28 itu
  • Hukum Nun Sukun, Tanwin dan Mim Sukun

Hm, mim sukun? Iya, ada hukumnya juga loh mim sukun. Yang paling susah dihapal adalah Makhrojal huruf karena sulit aja. Entah kenapa itu lebih sulit daripada lainnya.

Kelas Tahsin Level 2 :

  • Hukum Mad, atau bacaan panjang 2,4,5 atau 6 harokat
  • Huruf-huruf tebal dan tipis
  • Hukum bila dua huruf dengan makhroj yang sama, makhroj yang berdekatan bahkan huruf yang sama bertemu.

Yang paling menarik adalah hukum mad. Paling banyak pembahasannya dan prakteknya. Lumayan membekas ilmunya sampai sekarang.

Kelas Tahsin Level 3 :

  • Sifat huruf
  • Waqaf dan Ibtida
  • Hamzah Washal
  • Hukum-hukum khusus atau unik di dalam Al-Quran

Sifat huruf ini kelanjutan dari makhrojal huruf. Lebih ke arah penyempurnaan bacaan pembahasannya. Misalnya huruf sin kalau sukun, harus ada udara keluar dari mulut. Kalo tak ada keluar udara, maka salah bacanya.

Hukum khusus atau unik di dalam Al-Quran ada beberapa. Misalnya ada huruf shod yang ada huruf sin kecil di atas ataupun di bawahnya. Itu artinya dibaca sesuai dengan huruf sin. Yang huruf sin-nya di atas, wajib dibaca sin. Yang huruf sin-nya di bawah, bisa dibaca sin, bisa dibaca shod.

Yang menarik saat ujian adalah materi ujiannya. Khusus level 1 dan 2, materi ujian hanya khusus di level 1 atau level 2. Namun begitu ujian di level 3, materinya termasuk level 1 dan level 2. Sehingga perlu usaha lebih untuk ujian level 3.

Pengumuman kelulusan ujian langsung di hari yang sama saat ujian. Ustadz yang mengajar langsung meminta nama lengkap masing-masing peserta dan sertifikatnya bisa diambil saat saya ambil kursus lanjutan di tempat yang sama, yaitu Bahasa arab.

Yang menarik dari kelas tahsin yang saya ikuti, jumlah peserta yang konsisten dari level 1 cukup banyak. Ketika level 1 jumlah peserta mencapai 13-14 orang. Ketika level 3 selesai, jumlah peserta adalah 9-10 orang. Hanya beberapa orang yang tidak lanjut karena kesibukan tertentu atau memilih belajar di waktu yang berbeda.

Terima kasih saya haturkan kepada dua Ustadz kami yang telah sabar membimbing kami selama tujuh bulan terakhir. Kami mengenal dua Ustadz ini dengan Ustadz Deded dan Ustadz Andri. Dua-duanya ustadz yang sangat berkualitas dan mengerti sekali materi yang diajarkan. Bahkan Ustadz Andri adalah pengarang dari buku Tahsin yang menjadi referensi kami selama tujuh Bulan Belajar.

Sekarang ini? Lanjut Shorof Bahasa Arab. Semoga konsisten dan teman-temannya juga konsisten…amin.

Posted in: Perjalanan Hidup | Tags: , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *