Ladang Pahala saat Suntik Vaksin Meningitis di Rumah Sakit Fatmawati

Mar 3, 2018 | | 8 comments

Minggu lalu saya baru saja melaksanakan suntik vaksin meningitis di Rumah Sakit Fatmawati. Apa kesannya? Mudah, enak dan nyaman!

Kok bisa? Katanya harus antri sejak subuh ya mas?

Sekarang sih antri gak perlu dari subuh, yang penting sebelum pukul 7 pagi sudah ada di teras Gedung Griya Husada Rumah Sakit Fatmawati. Nanti begitu pukul 7 tepat, satpam akan membuka pintu gedung dan dimulailah yang namanya antri.

Datang duluan bukan berarti bisa antri duluan. Datang belakangan bukan berarti antri belakangan. Di sini lah ladang pahala pertama untuk kita. Jika kita serabat-serobot, ya mungkin ladang pahala gak berhasil diperoleh. Jika santai aja, mempersilahkan orang lain terlebih dahulu, mungkin ladang pahala sedikit demi sedikit didapatkan.

Loh kenapa ladang pahala? Apa hubungannya? Kan yang namanya antri itu wajar.

Betul sekali. Antri itu wajar. Namun ada ladang pahala dalam antrian tersebut. Apakah itu?

Di Rumah Sakit Fatmawati, untuk mendapatkan antrian layanan pendaftar atau pasien harus mengisi data pribadi sendiri di tiga komputer yang sudah disediakan. Isi mulai dari nomor induk kependudukan, nama, nomor paspor, tanggal lahir, jenis kelamin, dan biodata lain secara mandiri.

Ada yang tidak bisa sama sekali. Ada yang lambat sekali dalam mengisi. Ada yang salah melulu ngisinya. Kesel? Wajar kalau kesel. Oleh karena itulah saya sebut ada ladang pahala yang tersedia di sini.

Tawarkan diri tuk mengisi biodata pendaftar suntik vaksin meningitis. Bagi yang terbiasa menggunakan komputer, satu isian mungkin hanya butuh kurang dari dua menit. Malah mungkin bisa kurang dari satu menit. Dengan menawarkan diri menjadi pengisi biodata, maka antrian akan lebih cepat mengalir, dan orang-orang yang tidak mengerti cara mengisi biodata akan terbantu.

Ladang pahala kan? Tapi ada syaratnya. Mudah saja syaratnya, yaitu harus mendaftar dulu sendiri, paling tidak sebelum pukul 8 sudah memasukkan berkas dan nomor antrian ke lantai 3 gedung. Persayaratan berkas pun hanya fotokopi paspor. Saat mendaftar kita mendapatkan nomor antrian dan surat pernyataan setuju menerima tindakan dari rumah sakit. Jadi ketiga berkas tersebut harus segera diserahkan ke bagian pendaftaran suntik meningitis di lantai 3.

Setelah itu balik ke lantai dasar, dan tawarkan bantuan kembali untuk mengisi biodata pendaftar paling tidak sampai pukul 9 kurang 15 menit. Selanjutnya naik kembali ke lantai 3 untuk menunggu panggilan suntik.

Kenapa pukul 9 kurang? Karena suntik baru dimulai pukul 9. Gedung dibuka sejak pukul 7, pendaftaran diinput sejak pukul 8, suntik dimulai pukul 9. Maka itu ladang pahala hanya berlangsung sebelum pukul 9…kecuali kita tidak ada urusan lain hari itu, mungkin bisa memanfaatkan ladang pahala hingga siang hari.

Pukul 9 dimulailah suntik-menyuntik. Peserta dipanggil per batch dengan 10 orang tiap batchnya. Sepuluh orang itu jenis kelaminnya sama ya. Makanya biarpun nomor kita puluhan, bisa jadi kita mendapatkan panggilan di batch pertama, kedua atau ketiga. Kan jumlah pria dan wanita belum tentu jumlahnya berimbang, maka itu bisa dipanggil cepat, atau nunggunya cukup lama.

Saat dipanggil per batch 10 orang, maka kita akan berhadapan dengan seorang dokter dan seorang perawat. Dokter akan menjelaskan mengenai manfaat suntik meningitis dengan masa manfaat dua tahun, efektif dua minggu sejak disuntik. Oleh karena itu jika mau melaksanakan umroh atau haji, diharapkan suntik paling tidak tiga minggu sebelumnya agar manfaat vaksin lebih optimal.

Bagaimana dengan suntik vaksin influenza? Bisa, tapi harus menunggu satu minggu sejak vaksin meningitis. Jadi yang mau sekalian vaksin influenza harus balik lagi yah minggu depannya.

Selesai suntik yang hebatnya cepat sekali dan gak terasa sakit sama sekali, kita harus membawa seluruh berkas ke kasir untuk pembayaran. Selesai pembayaran, kita kembali ke bagian pendaftaran suntik untuk mendapatkan buku kuning tanda kita sudah menyelesaikan suntik vaksin meningitis.

Sudah deh. Dari mulai suntik hingga menerima buku kuning paling-paling setengah jam hingga satu jam menuggunya. Enaknya tempat menunggunya nyaman, tempat duduknya pun banyak. Jadi jangan kuatir menunggu berdiri dan kepanasan.

Oh iya, di Rumah Sakit Fatmawati suntik vaksin meningitis juga buka di hari Sabtu loh….tapi kata satpamnya antriannya lebih banyak.

Saran saya, untuk masih mendapatkan kenyamanan, datang di hari biasa sebelum pukul 8 pagi. Maksimal pukul 11 kita sudah mendapatkan si buku kuning bukti kita telah divaksinasi. Bila datang pukul 7 pagi, mungkin sebelum jam 10 sudah dapat si buku kuning.

Pilihan tergantung kita, termasuk memanfaatkan atau tidak ladang pahala yang tersedia di sana.

Posted in: Layanan Publik | Tags: , , , , , ,

8 Responses

    1. kan di atas disebutkan, bahwa syaratnya cuma fotokopi paspor. tapi di tiap tempat suntik beda-beda ya, silakan dilihat di web masing-masing. Untuk RS Fatmawati hanya memerlukan fotokopi paspor.

  1. terimakasih infonya admin,
    semoga Allah memberikan pahalaNya yg luas untuk kebaikanmu.
    oiya, pada saat itu biaya keseluruhan utk vaksin miningitis brp ya, min? (termasuk biaya administrsi)
    trims

    1. biaya vaksin meningitis sekitar Rp 300 ribuan. Tepatnya berapa lupa. Tapi tidak sampai 400 ribu kok. Itu sudah termasuk admin kok

  2. Assalamualaikum. Pak/bu, hari Sabtu suntik meningitis benar buka ya di RS Fatmawati? Jam berapa bukanya? Di gedung apa? Sebab kalau ya, saya mau ke sana hari Sabtu besok. Terima kasih sebelumnya

    1. maaf telat responnya. pendaftaran dibuka sejak pukul 7 pagi. Tapi suntik mulai 9 pagi. Gedungnya kalau masuk dari gerbang utama RS Fatmawati, di sebelah kiri, yang paling depan dekat jalan TB Simatupang. Atau bertanya saja ke satpam yang ada di situ, pasti langsung dikasih tahu kok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Levidio Invitation