Mengurus Paspor itu Mudah, Jika dan Hanya Jika…..

Mar 3, 2018 | | 4 comments

Mengurus paspor itu sudah sangat mudah saat ini. Datang ke kantor imigrasi hanya perlu dua kali. Datang pertama kali, menunggu, wawancara, foto dan bayar. Datang kedua kali tinggal ambil paspor. Tidak perlu menunggu lama dan tempat nunggunya pun nyaman. Ruangan ber-AC, tempat duduk menunggu banyak dan nyaman.

Sudah sama sekali berbeda dengan mengurus paspor tujuh tahun lalu saat saya bercerita pengalaman saya di sini.

Mudah sekali mengurus paspor saat ini. Bahkan jika hanya perpanjang paspor, walaupun paspor lama sudah lama mati, persyaratan yang perlu dibawa hanya dua. Fotokopi KTP dan fotokopi paspor lama. Tentu KTP dan paspor lama yang asli juga perlu dibawa. O iya, KTP-nya dah harus e-KTP ya, kalau belum ya gak bisa.

Tapi semua kemudahan itu ada syaratnya. Syaratnya juga mudah, hanya perlu mendaftar antrian online yang bisa diakses dari web maupun dari smartphone android, IOS belum bisa ya. Mudah kan syaratnya? Eit tunggu dulu…..

Masalahnya ketika akses antrian online, baik lewat web maupun android, kouta antrian di kantor-kantor imigrasi yang dipilih belum tentu masih ada. Dengan kata lain habis. Bahkan kita tidak bisa memilih tanggal-tanggal di bulan-bulan berikutnya karena memang kuota dibuka sewaktu-sewaktu dan ditutup saat kuota habis.

Menariknya kita tidak tahu kapan kuota dibuka. Bisa tersedia pagi hari, siang hari, sore hari, malam hari, dini hari, bahkan subuh. Artinya tidak ada kepastian untuk mendapatkan antrian dengan cara ini.

Jika sudah dapat antrian, tinggal pilih waktu kedatangan, kemudian siapkan bukti antrian online dalam bentuk QR code. Lalu segala kemudahan di atas bisa didapatkan.

Hari pertama mungkin butuh 1-2 jam menunggu, dan sekitar 10 menit untuk wawancara dan foto. Hari kedua hanya butuh sampai setengah jam menunggu dan kurang dari 1 menit untuk ambil paspor.

O iya, pas bayar gak langsung ke petugas, tapi lewat bank. Bisa lewat ATM, bisa juga bayar lewat kasir. Banknya bisa bank apa aja, pemerintah ataupun swasta.

Di beberapa kantor imigrasi disediakan fasilitas informasi untuk mengetahui apakah paspor kita sudah jadi atau belum. Tinggal kirim nomor pendaftaran paspor ke nomor Whatsapp, nanti akan ada balasan otomatis mengenai status pendaftaran paspor.

Sekali lagi, mengurus paspor itu mudah. Namun masuk ke antriannya masih belum ada kepastian hingga saat ini. Bersabar sedikit dan berusaha terus, semoga berhasil mendapatkan antrian dan menikmati kemudahan pengurusan paspor.

Selamat mencoba ya…

Posted in: Layanan Publik | Tags: , , , , , , ,

4 Responses

  1. saya antri di bengkel Y dekat rumah untuk servis gratis ke-3 hari sabtu sampai di bengkel jam 8.35 dapat nomor antrian 17. motor baru masuk servis jam 2 siang. dari 6 pit servis yg ada cuma 3 yg ada teknisi. padahal logikanya sebelum jam 12 siang seharusnya sudah beres tp yg kerja juga santai & hasilnya sama dengan bengkel resmi Y lainnya. dulu pernah pakai merek H klo dari servis memang beda. pit servisnya banyak dan semuanya terisi teknisi. meskipun antrian dapat nomor besar tp pengerjaannya cepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Levidio Invitation