Perjalanan Umroh, Ngapain Aja Sih? Bagian 1

Jan 19, 2019 | | Say something

Pergi ke tanah suci adalah impian hampir seluruh umat muslim sedunia. Ada dua alasan utama orang untuk pergi ke tanah suci. Alasan pertama adalah haji. Alasan kedua adalah umroh.

Khusus untuk haji, di jaman now ini di Indonesia, masa tunggunya sangat lama, bisa sampai 20 tahun. Malah beberapa ada yang lebih. Oleh karena itu untuk memenuhi kerinduan akan tanah suci, umroh adalah alternatif yang paling masuk akal.

Ngapain aja sih umroh?

Pertanyaan itu adalah pertanyaan banyak orang yang belum pernah umroh, atau mungkin sudah pernah umroh tapi sudah lama sekali. Mungkin saja tahun 2000-an awal atau malah mungkin sebelum tahun 90-an.

Di tulisan ini akan dibahas mulai persiapan umroh hingga sampai kembali ke tanah air. Apa saja fasilitas yang diberikan oleh sebuah travel umroh sampai ibadah apa saja sebaiknya yang kita lakukan saat umroh berlangsung.

Khusus untuk doa-doa dan tata cara ibadah saat umroh tidak akan dibahas di sini, karena nanti akan diberikan panduan umroh dari masing-masing travel atau dapat membaca buku-buku mengenai umroh dan haji yang banyak beredar di toko buku anda yang tercinta.

Ok mari kita mulai, dari persiapan ya.

 

Apa saja yang perlu dipersiapkan saat umroh?

 

Pertama tentu saja uang untuk mendaftar umroh. Jumlah uangnya sangat bervariasi, mulai Rp 17 juta hingga di atas Rp 32 juta. Namun perlu diwaspadai untuk travel umroh yang memberikan harga di bawah Rp 20 juta, karena bisa saja ada potensi anda gagal berangkat atau tetap berangkat tapi dengan fasilitas tidak sesuai dengan akad.

Pilihlah travel umroh yang terpercaya. Sebagai patokan di tahun 2018 kemarin, untuk mendapatkan fasilitas hotel bintang 3, harga normal umroh berkisar di Rp 20 – 24 juta. Fasilitas hotel bintang 4, harga normal umroh berkisar di Rp 24 – 27 juta. Fasilitas hotel bintang 5, harga normal umroh berkisar di Rp 27 – Rp 31 juta.

Bisa saja ada harga promo yang ditawarkan travel umroh untuk mendapatkan fasilitas yang sama. Namun untuk lebih amannya, saat membayar umroh, pastikan terlebih dahulu tanggal keberangkatannya. Jangan sampai hanya dijanjikan oleh travel kisaran tanggal berangkat, karena ada kemungkinan gagal berangkat atau berangkat namun fasilitasnya tidak sesuai dengan yang dijanjikan.

Silakan bijak dalam memilih travel umroh dan gunakan akal sehat anda dalam membayar travel umroh. Jika anda membayar kurang dari Rp 20 juta namun dijanjikan bintang lima, maka siap-siap kecewa dengan keputusan anda. Bukan berarti travelnya nakal. Namun potensi kegagalan atau pencideraan akad sangat mungkin terjadi.

Jadi, pastikan harga yang anda bayarkan sesuai dan ketika membayar anda sudah tahu tanggal berapa bakal berangkat dan pulangnya, bukan hanya Bulan atau tahunnya.

Yang perlu dipersiapkan berikutnya adalah surat-surat. Paspor dan buku vaksin meningitis atau yang lebih dikenal dengan buku kuning adalah dua hal yang wajib dipersiapkan. Cara membuat paspor dan mendapatkan buku vaksin meningitis bisa dilihat pada tautan berikut.

http://www.plibaknikmatstrelak.com/2018/03/mengurus-paspor-itu-mudah-jika-dan-hanya-jika/

http://www.plibaknikmatstrelak.com/2018/03/ladang-pahala-saat-suntik-vaksin-meningitis-di-rumah-sakit-fatmawati/

Surat selanjutnya adalah visa dan kartu pengenal umroh. Untuk dua hal ini akan diurus oleh pihak travel dan kita tinggal menunggu hasilnya. Biaya visa gratis, namun khusus bagi yang pernah umroh setelah tahun 2017, maka 99% kemungkinan anda akan terkena biaya visa dari pemerintah Saudi Arabia. Biaya visa adalah sekitar 2.000 Riyal atau dengan kurs rupiah saat ini sekitar Rp 8 juta. Khusus untuk pengurusan visa mulai tahun 2019 ada tambahan prosedur yaitu biometrik. Kabarnya ada tambahan biaya hingga sebesar Rp 150 ribu untuk biaya biometriknya. Sepertinya tambahan biaya ini akan dibebankan kepada peserta umroh.

Paspor dan buku kuning yang sudah jadi, harus diserahkan kepada pihak travel secepatnya agar bisa mereka segera bisa urus visanya untuk kita.

Dengan demikian, bagi yang belum punya paspor, buku kuning dan belum mendapatkan visa, silakan korbankan waktu cuti anda paling tidak 3 hari untuk mengurus ketiga hal tersebut.

Untuk membuat paspor sejatinya tidak perlu cuti, karena biasanya hanya memakan waktu sekitar 2 – 3 jam untuk hari perekaman data, dan tidak sampai 1 jam untuk hari pengambilan paspor. Namun sebagai karyawan yang profesional, lebih baik bila anda memilih cuti saat hari pengurusan paspor.

Untuk mendapatkan buku kuning sejatinya juga tidak butuh cuti seharian. Bagi yang datang pagi-pagi sekali, maka sebelum pukul 10 pagi diharapkan buku kuning sudah ada di tangan.

Untuk proses biometrik sejatinya juga tidak butuh cuti seharian. Pengurusannya lebih cepat, tergantung banyaknya antrian saat itu. Bila datang pagi, maka sebelum jam makan siang proses perekaman sudah selesai dilakukan.

Bila anda sudah membayar biaya umroh, biasanya dalam waktu satu atau dua minggu setelah membayar, anda akan dikirimkan peralatan umroh oleh travel. Peralatan tersebut adalah tas koper besar ukuran 22 inchi atau 24 inchi. Di dalamnya ada tas punggung kabin dan tas selempang yang biasa dibawa oleh peserta umroh saat di tanah suci.

Di dalam tas koper tersebut juga termasuk kain ihram dua lembar bagi laki-laki, namun tidak untuk wanita. Bahan batik juga tersedia untuk seragam travel umroh. Batiknya dijahit atas biaya masing-masing dan harus dikenakan saat hari keberangkatan. Tidak lupa pula khusus bagi laki-laki disediakan sabuk ihram tanpa jahitan. Pastikan sabuknya sesuai dengan ukuran badan. Standarnya akan diberikan ukuran L. Jika ukuran anda lebih besar atau lebih kecil daripada L, mohon diberitahukan kepada pihak travel untuk memberikan ukuran yang lebih sesuai untuk sabuk ihram.

Terakhir yang ada di dalam koper adalah buku saku umroh yang berisi mengenai doa-doa dalam melakukan ibadah umroh. Tidak ada doa khusus yang wajib diucapkan dalam umroh, sehingga buku saku tersebut tidak wajib untuk dihapal, tapi baik sekali untuk dibaca.

Jangan lupa juga bawa pakaian yang sesuai selama berada di tanah suci. Jika sedang musim panas, maka bawa lebih banyak pakaian dalam dan harus mandi minimal satu kali sehari sepanas apapun udaranya. Iklim di sana saat panas tidak membuat anda otomatis mandi keringat karena kelembaban udaranya pun rendah. Panas iya, tapi keringatan tidak. Hal ini membuat anda hanya perlu mandi satu kali sehari.

Bila cuaca dingin mungkin saja anda hanya perlu mandi dua hari sekali. Iya, anda tidak salah baca, dua hari sekali sudah cukup. Tapi perlu membawa jaket yang tebal sebagai tambahan. Jadi pastikan terlebih dahulu cuaca yang akan anda hadapi sebelum mempersiapkan pakaian apa yang akan anda bawa ke sana.

Khusus untuk karyawan, persiapkan waktu cuti selama perjalanan paling tidak 7 hari kerja karena perjalanan umroh akan memakan waktu 9 hari dan ekstra satu hari lagi untuk libur karena jet lag. Tapi tentu itu disesuaikan dengan jadwal umrohnya. Semoga banyak hari libur resmi saat perjalanan umroh anda, sehingga tidak perlu membuang banyak hari cuti tahunan.

Selain persiapan dari peserta, persiapan juga dilakukan oleh pihak travel yang melibatkan peserta. Ada pembuatan grup Whatsapp yang disediakan oleh pihak travel untuk berkomunikasi selama perjalanan umroh. Biasanya itinerary akan dibagikan lewat grup Whatsapp tersebut untuk efisiensi.

Sebagai persiapan akhir menjelang umroh, peserta wajib untuk menghadiri manasik umroh yang disediakan oleh travel. Manasik biasanya diadakan di hari libur. Namun ada beberapa travel yang melaksanakan manasiknya di hari kerja, biasanya satu atau dua hari menjelang keberangkatan. Jika di hari kerja, maka wajib untuk ambil cuti hari tersebut, karena manasik umroh waktunya cukup lama. Mulai pukul 8 pagi paling cepat baru selesai pukul 2 siang bahkan ada yang sampai menjelang Maghrib.

Jangan pernah melewatkan manasik umroh, karena Informasi yang ada di dalamnya sangat berguna untuk perjalanan umroh anda.

Ada juga persiapan yang perlu dilakukan tapi sifatnya opsional. Persiapan itu adalah membeli paket umroh dari operator telekomunikasi yang anda gunakan. Di antara tiga operator telekomunikasi terbesar di Indonesia, ada dua yang menawarkan paket internet unlimited dengan harga yang hampir mirip satu sama lain. Di Saudi Arabia juga tersedia layanan operator setempat dan dapat membeli sim card setempat. Namun sebagai bangsa Indonesia, alangkah lebih baiknya jika uang beredar di negara sendiri.

Tapi itu adalah pilihan, saran saya beli paket di Indonesia untuk dapat digunakan di sana, daripada beli sim card di sana langsung.

Selain persiapan di atas, tentu saja berdoa. Toh kita akan bertamu langsung ke rumah Allah SWT. Jadi berdoa untuk dapat dimudahkan di perjalanan adalah pilihan terbaik.

bersambung ke bagian kedua….

Posted in: Perjalanan Hidup | Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *