Plibak Nikmat Strelak

I BLOG EVERYTHING AND I DO IT IN FUN WAY

Mudahnya Ambil Akta Kelahiran

Hari ini adalah hari yang ditunggu-tunggu untuk mengambil akta kelahiran Altina. Sesuai tulisan sebelumnya, akta kelahiran harus diambil hari ini di suku dinas kependudukan Jakarta Barat di Meruya. Seperti sebelumnya, hari ini saya pun mengambil cuti kerja untuk mengambil akta kelahiran tersebut. Sebagai jaga-jaga saya telah mempersiapkan sejumlah uang, paling tidak Rp 20 ribu jika ada permintaan bayar seikhlasnya dari petugas dinas kependudukan tersebut.

Saya berangkat dari rumah sekitar pukul 08.20 dan tiba di dinas kependudukan sekitar pukul 08.52. Suasana di dinas kependudukan sangat sepi, tidak seperti dua bulan sebelumnya yang sangat ramai pengunjung. Setelah berhasil memarkir mobil, saya pun bergegas menuju loket pengambilan akta kelahiran sambil menyerahkan tanda terima yang saya dapatkan sebelumnya. Petugas yang menjaga loket pengambilan akta adalah anak magang yang berseragam sekolah yang diperbantukan sekaligus sebagai praktek kerja lapangan bagi murid sekolah tersebut.

Setelah menyerahkan tanda terima, saya pun bergegas ke toilet untuk buang air kecil. Kemudian duduk di ruang tunggu sambil menunggu nama saya dipanggil. Belum 30 detik saya duduk, anak magang tersebut memanggil nama "Altina". Awalnya saya belum ngeh, tapi kemudian sadar bahwa "Altina" adalah nama anak saya...Smile. Langsung saja saya beranjak dari tempat duduk saya dan menuju loket. Rupanya anak magang tadi sudah membawakan akta kelahiran yang sudah jadi atas nama anak saya, Altina Anindya Arif.

Sebelum meninggalkan loket, saya pun mengecek apakah ada salah ketik dalam akta tersebut, terutama nama, tanggal dan nama orang tua anak. Rupanya bersih! Bahkan nomor induk anakku pun sesuai dengan yang tertera di kartu keluarga. Senang sekali, tidak sampai 5 menit menunggu sudah selesai urusan pengambilan akta.

Saya pun pergi tanpa membayar uang sepeser pun karena memang tidak ada permintaan dari anak magang tersebut. Memang anak-anak itu masih polos dan niatnya hanya melayani.

Saya pun melenggang keluar gedung dinas kependudukan dengan tersenyum. Altina, akta kelahiranmu sudah selesai. Tinggal urus paspor deh kalau mau keluar negeri...Smile

Add comment


Security code
Refresh

 

Web Hosting

 

Hosting Gratis