Plibak Nikmat Strelak

I BLOG EVERYTHING AND I DO IT IN FUN WAY

Cara Mudah dan Murah Memiliki Website Sendiri (Part 6 : Mengatur Email Lewat Google Apps)

Ketika anda menyewa host anda diberikan opsi untuk setup email account di hosting yang anda sewa. Anda juga diberikan cara untuk konfigurasi email account anda dengan Microsoft Outlook ataupun Mozilla Thunderbird sehingga anda seperti memiliki email account kantor.

Cara seperti itu memang sangat baik, tapi ada kekurangannya, yaitu

  1. Ada sebagian dari space yang anda sewa di hosting anda terpakai untuk email account. Ok lah jika hanya satu account. Kalo lebih dari satu bagaimana?
  2. Jika anda hanya online dari satu computer maka hal itu tidak menjadi masalah. Tapi jika anda online dari berbagai computer bahkan smart phone pasti akan kesulitan untuk cek email anda karena hanya diberikan layanan webmail yang fiturnya sangat standar
  3. Jika anda menggunakan Microsoft Outlook atau Mozilla Thunderbird maka email yang anda terima akan mengurangi jumlah space yang ada di computer yang anda pakai. Memang tidak seberapa jika dibandingkan total space computer anda, tapi kalau ada yang lebih baik kenapa tidak?

Read more...

Cara Mudah dan Murah Memiliki Website Sendiri (Part 5 : Menggunakan Joomla Bagian 2)

Untuk mengubah tampilan menu yang ada di front-end website anda, ada perlu masuk ke “Menu” di menu atas kiri. Dari situ anda akan melihat “Menu Manager” dan “Main Menu”. “Menu Manager” adalah menu-menu utama yang ada pada website anda. “Main Menu” merupakan bagian dari menu utama website anda. Di dalam “Main Menu” anda akan temukan “Home”. “Main Menu” dan “Home” itulah yang mengisi website anda di front-end saat ini.

Read more...

Cara Mudah dan Murah Memiliki Website Sendiri (Part 4 : Menggunakan Joomla Bagian 1)

Saat ini anda sudah install joomla sebagai aplikasi website anda. Jika anda klik www.namaanda.com maka akan tampil halaman awal joomla anda seperti di bawah ini

Untuk melakukan konfigurasi website pribadi anda dengan joomla, anda tidak bisa langsung melakukannya di halaman tersebut atau yang disebut sebagai front-end. Anda harus melakukannya di belakang layar atau disebut back-end.

Read more...

Cara Mudah dan Murah Memiliki Website Sendiri (Part 3 : Menggunakan Cpanel)

Cpanel adalah sebuah alat untuk mengelola hosting dan domain anda. Saat ini anda telah menyewa hosting dan domain, artinya anda sudah memiliki alamat dan kavling di dunia maya, dan cpanel adalah cara anda untuk mengelola alamat dan kavling tersebut. Anda dapat membuat rumah pribadi anda sendiri berdiri di kavling tersebut, atau anda dapat membuat sebuah toko di kavling tersebut, atau mungkin anda hanya menjadikan kavling tersebut sebagai tempat parkir untuk orang lain adalah semata-mata hak anda untuk mengelolanya.

Cpanel adalah awal dimana anda dapat mengatur segala hal tentang hosting dan domain anda. Darimana anda bisa belajar lebih banyak tentang cpanel? Jangan takut, cpanel memiliki link bantuan sendiri jika anda kebingungan terhadap fungsi atau fitur yang disediakannya.

Bagaimana menggunakan cpanel? Mari lanjutkan untuk membaca tulisan ini.

Setelah anda mendapatkan konfirmasi bahwa domain anda telah aktif lewat email, maka anda akan melihat link yang ada akhiran cpanel-nya. Kemungkinan bentuk linknya seperti ini

http://www.namadomainanda.com/cpanel

Klik link tersebut dan anda akan diarahkan untuk mengisi username dan password. Masukkan username dan password yang diberikan oleh Rumahosting yang bersamaan dengan email konfirmasi seperti yang saya sebutkan di atas.

Read more...

Cara Mudah dan Murah Memiliki Website Sendiri (Part 2 : Memilih Hosting dan Domain)

Selamat anda telah meneruskan untuk membaca tulisan ini. Sebelum membuat website anda diharuskan memilih hosting dan domain terlebih dahulu. Apa itu hosting dan apa itu domain? Hosting itu adalah tempat anda mengelola website sendiri. Sedangkan domain itu adalah alamat website anda di internet. Hosting dan domain sejauh yang saya ketahui tidak dapat dibeli, hanya dapat disewa. Jadi tidak ada hosting dan domain permanen seperti anda memiliki rumah. Di ranah maya ini anda hanya bisa menyewa tempat dan alamat.

Untuk memilih hosting ada banyak pilihan provider penyedia hosting. Tentunya provider ini tidak sama dengan provider penyedia internet yang pernah kita dengar sebelumnya. Tidak ada layanan hosting yang disediakan oleh katakanlah First Media, Indosat, Speedy, CBN dan sejenisnya. Jika ada maka itu adalah layanan tambahan untuk para pengguna premiumnya yang membayar sangat mahal. Hal itu tentu bertentangan dengan judul tulisan ini dimana ada kata-kata “Murah”.

Penyedia hosting dapat dicari dengan mudah lewat internet. Tinggal googling saja “hosting murah Indonesia” dan anda sudah akan mendapatkan beberapa penyedia hosting yang menawarkan paket layanannya. Kenapa saya tekankan kata “Indonesia” dalam googling hosting? Karena untuk hosting yang berbasis Indonesia anda tinggal memilih paket yang diingkan dan membayarnya dengan transfer ke rekening penyedia. Jika anda memilih hosting luar negeri, maka paling tidak anda harus membayar dengan kartu kredit atau lewat paypal yang tentunya belum tentu semua orang punya kedua fasilitas pembayaran tadi. Ini masih sesuai dengan kata “Mudah” di judul tulisan.

Read more...

 

Artikel Terkait

 

Web Hosting

 

Hosting Gratis