Cara Mudah dan Murah Memiliki Website Sendiri (Part 1 : Pendahuluan)

Selama ini mungkin anda sudah memanfaatkan layanan blog gratis seperti www.blogger.com atau www.wordpress.com. Bahkan mungkin anda sudah memanfaatkan layanan toko online gratis seperti www.multiply.com atau www.kaskus.us atau malah www.tokobagus.com. Tapi anda masih belum puas dengan hanya memiliki blog dan toko online gratis. Anda ingin sesuatu yang lebih. Anda ingin nama anda tertera sebagai alamat internet dan berkesempatan dikunjungi oleh orang lain dari belahan dunia manapun. Anda ingin memiliki kavling sendiri, tidak numpang dari layanan gratisan di atas. Malah anda dapat memiliki email dengan nama domain sendiri, tidak lagi menggunakan @yahoo.com atau @gmail.com.

Jika anda tertarik dengan semua hal yang saya sebutkan di atas, maka teruslah membaca. Di akhir membaca tulisan ini anda akan dengan mudah dan murah memiliki website sendiri. Bahkan jika anda cukup serius malah website tersebut bisa anda jadikan sebagai alat untuk mendulang rupiah bagi diri anda. Menarik bukan?

Untuk dapat mengikuti tulisan yang akan anda baca berikut ini, ada baiknya anda memiliki pengalaman minimum sebagai berikut :

  1. Anda pernah memiliki email gratisan sendiri yang biasanya berakhiran dengan @yahoo.com atau @gmail.com. Jika anda belum pernah membuat email gratisan, maka anda harus mempelajari cara membuat email gratisan tersebut. Coba saja www.yahoo.com atau www.gmail.com untuk penjelasan lebih lanjut.
  2. Anda paling tidak pernah membuat blog dari penyedia blog gratisan seperti www.blogger.com atau www.wordpress.com. Jika anda belum pernah membuat blog sendiri, maka sebaiknya anda segera mengakses salah satu dari kedua alamat di atas untuk mencoba membuat blog gratisan sendiri.
  3. Anda pernah memanfaatkan layanan jual beli gratisan yang ada di internet. Baik itu untuk jualan mobil, pulsa, atau barang bekas lain yang anda pernah tawarkan lewat internet. Jika pengalaman anda menjual barang lewat internet hanya pernah lewat media social semacam facebook atau twitter, maka itu pun sudah cukup. Jika belum, silakan mencoba menawarkan apa pun barang yang anda ingin jual lewat layanan jual beli gratisan www.multiply.com atau www.kaskus.us atau www.tokobagus.com atau cukup lewat akun facebook atau twitter anda.

Kenapa tiga hal di atas menjadi pengalaman minimum anda untuk membuat website? Hal itu karena :

  1. Dalam membuat website anda akan memiliki akun email sendiri dengan domain nama yang anda pilih. Anda akan memiliki email dengan akhiran @namaanda.com tidak lagi @yahoo.com atau @gmail.com. Oleh karena itu silakan pelajari bagaimana email gratisan itu bekerja karena sangat berguna bagi kepentingan anda nantinya.
  2. Dalam membuat website anda akan diminta untuk mendesign website anda. Anda ingin menempatkan menu di bagian atas atau kiri layar. Anda ingin menempatkan isi informasi anda di bagian tengah secara satu kolom atau mungkin dua kolom. Anda ingin menempatkan gambar pada bagian atas, bawah atau malah sebagai background website anda. Itu semua bisa anda dapatkan jika anda paling tidak pernah membuat blog sebelumnya.
  3. Dalam membuat website tentunya anda harus mempromosikan website anda untuk dikunjungi orang banyak. Dengan memiliki pengalaman jual-beli di internet paling tidak anda memiliki kesan tersendiri bagaimana untuk menarik orang ke website anda. Sukur-sukur anda mempunyai toko online yang memang menjual sesuatu lewat internet. Dengan memanfaatkan fasilitas social media anda akan lebih menjamah lebih banyak orang lagi. Anda dapat menjual ide-ide anda paling tidak ke orang-orang yang anda kenal, baru ke lingkup yang lebih luas lagi, yaitu masyarakat global.

Jika ketiga hal di atas sudah pernah anda lakukan, maka anda dapat meneruskan membaca tulisan ini sampai selesai. Tulisan ini dibuat langkah demi langkah sehingga kemungkinan anda harus membacanya secara berurut walaupun tidak perlu secara mendetail.

Asumsi yang saya pakai dalam membuat tulisan adalah, anda, pembaca tulisan ini, belum pernah memiliki website sendiri yang berbayar. Jika anda sudah pernah punya website sendiri, maka tulisan ini bukan untuk anda, dan anda saya sarankan tidak meneruskan membaca tulisan ini karena yang akan ditulis disini sudah anda ketahui sebelumnya. {nice1}

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *