Walk to Work

Jalan ke Kantor. Ya, kemarin saya melakukannya. Ini tentu bukan hal pertama saya melakukannya karena saya pernah melakukan hal ini sebelumnya walaupun saat itu namanya Run to Work atau Bike to Work. Jalan ke kantor dilakukan karena saat ini Run to Work tidak memungkinkan karena lutut masih sakit gara-gara cedera main futsal.

Jika waktu perjalanan Bike to Work adalah 45-50 menit, Run to Work adalah 75-90 menit, maka untuk Walk to Work membutuhkan waktu 120 menit atau 2 jam. Waktu tersebut sudah termasuk menunggu bus Transjakarta dan perjalanan menggunakan bus Transjakarta di jam yang mulai macet.

Loh kok ada bus Transjakarta? Iya, kan Walk to Worknya gak full, tapi diselingi oleh naik bus Transjakarta, persis seperti Run to Work. Jadi perjalanan ke kantor dari rumah itu sebagai berikut. Dari rumah ke halte bus Transjakarta terdekat sekitar 1,5 km dilalui dengan berjalan kaki. Dari halte bus Transjakarta awal ke halte bus Transjakarta akhir sekitar 10 km dilalui dengan enak-enakan berada di bus Transjakarta. Dari halte bus Transjakarta akhir ke kantor sejauh 3,5 km dilalui kembali dengan berjalan kaki. Jadi total jalan kakinya adalah 5 km.

Tapi kan masih cedera, apa gak sakit jalan segitu jauh? Sebenarnya sih iya, tapi semangat untuk komitmen berjalan kaki mengalahkan sakit yang ada lutut kiri. Hasilnya, saya berhasil menempuh perjalanan yang direncanakan, namun efek sampingnya betis kaki kiri terasa seperti kram, dan pinggang terasa agak pegal, badan pun terasa begitu capek….hehehe. Namun semua itu hilang dengan tidur nyenyak di malam harinya.

Nah jalan ke kantor ini akan menjadi santapan saya tiap minggu, diselingi dengan lari ke kantor ketika cedera sudah sembuh. Tentunya dengan berlari bisa menghemat waktu perjalanan sampai dengan 45 menit, tapi memang harus perlahan tidak perlu melakukannya secara tiba-tiba.

Lalu apakah jalan ke kantor ini dihitung sebagai one day one kilometer? Tentu iya. Ini adalah best effort yang saya lakukan. Saya bisa saja naik shuttle ataupun kendaraan umum lain, tapi saya lebih memilih berjalan. Ini adalah best effort sehingga saya rasa dapat disejajarkan dengan resolusi saya, one day one kilometer.

Jadi, setiap jumat pagi yang cerah jika anda beraktifitas sekitar Fatmawati – Citos, maka anda akan melihat saya berjalan kaki dan mungkin nantinya berlari di situ. Pakaian yang saya kenakan bisa bermacam-macam. Saat ini saya memiliki baju dengan warna merah, kuning, ungu, putih dan oranye. Kemarin saat Walk to Work saya menggunakan warna oranye agar mudah terlihat oleh pengendara motor ketika sedang lewat di trotoar agar tidak tertabrak.

Yang ingin barengan atau sekedar melihat saya Walk to Work, silakan kirim email ke clibak@plibaknikmatstrelak.com. Dijamin saya akan merespon email anda dan mungkin kita bisa berjalan atau ke kantor bersama. The more the merrier. {nice1}

Leave a Reply

Your email address will not be published.