Beli Aki Mobil Baru

Sejak Minggu lalu mobil kami selalu mengalami aki soak ketika akan dinyalakan. Sebenarnya kejadian tersebut sudah berlangsung sejak dua bulan yang lalu, namun saya masih bersikeras bahwa soaknya aki karena memang mobil tidak dinyalakan dan dipakai. Tapi kejadian minggu itu akhirnya meluluhkan hati saya dan mulai mencari-cari aki pengganti untuk mobil Honda Jazz saya tahun 2004.

Hebatnya si Aki sudah berada di mobil saya sejak tahun 2009, artinya sudah lebih dari dua tahun dan sedang menjalani tahun ketiganya. Sebagai informasi merek Aki mobil saya itu adalah Yuasa. Itu sudah cukup layak bagi sebuah aki untuk diganti dengan yang baru. Namun karena saya masih bekerja dan pulang ke rumah sudah dekat-dekat Maghrib, tidak mungkin bagi saya untuk mencari aki di hari kerja. Satu-satunya cara adalah menunggu hingga hari libur, baru berburu aki.

Tapi ketika saya mencoba mencari aki lewat internet, rupanya ada program layanan antar aki dari Shop and Drive. Di situ ada nomor telepon yang dapat dihubungi seputar pemesanan aki. Langsung saja saya menelpon nomor telepon yang tertera di website tersebut pada malam hari untuk mengecek jam operasional dari layanan antar aki ini. Rupanya dia beroperasi 24 jam walaupun tidak seluruh outletnya. Outlet yang terdekat dari rumah saya adalah outlet di Meruya yang buka 24 jam.

Shop and Drive

Tentu saja saya tidak meminta mereka datang di malam hari, karena selain sudah gelap, pasti ada hal-hal yang tidak kelihatan, mobil pun tidak akan digunakan di malam hari. Jadilah saya meminta istri saya untuk menelpon mereka di pagi hari agar mobil bisa langsung distart tanpa harus didorong terlebih dahulu.

Biaya pergantian aki lewat layanan antar aki ini adalah Rp 438.300 sudah termasuk trade-in aki lama punya kita. Merek Aki adalah GS Hybrid untuk mobil Honda Jazz dengan kapasitas 35 Ah. Bayarnya pun tidak harus cash, karena bisa juga pake kartu kredit. Sebenarnya sudah include biaya antar dan pasang, namun istri saya masih memberikan Rp 20.000 kepada petugas yang mengantarkan dan memasangkan aki tersebut.

Sekarang aki mobil Jazz saya benar-benar greng. Ketika start, tidak lagi terdengar bunyi starter karena langsung greng!!! Mobil nyala.

O ya, ada garansi 1 tahun dari Shop and Drive, namun setiap sebulan sekali harus ke mampir ke outlet Shop and Drive untuk pengecekan aki supaya garansinya tidak hangus. Hebatnya pengecekan aki itu katanya gratis…bahkan jika diperlukan pengisian air aki pun masih juga gratis….

Harga aki sebesar Rp 438 ribu tersebut tidak jauh terpaut dengan harga aki yang pernah saya tanyakan kepada toko aki online lain. Malah toko aki online lain hanya berani memberikan garansi selama 3 bulan, yang membuat istri saya tidak tertarik memesan aki online tersebut.

Saat ini saya sedang menikmati aki baru, dan sekarang tidak perlu lagi memanaskan mobil hingga 1/2 – 1 jam setiap hari, karena akinya masih baru. Setahu saya jika aki masih baru, masih bisa nyalain mobil lancar bahkan jika mobilnya tidak dipakai lebih dari 3 hari. {nice1}

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *