Perpanjang Domain dan Hosting

Pertengahan Juni 2012 ini adalah waktu bagi saya untuk memperpanjang domain plibaknikmatstrelak.com dan hosting domain tersebut. Namun tidak seperti tahun lalu yang biayanya cuma Rp 150 ribu, tahun ini paket yang saya pilih sudah tidak ada lagi. Sehingga jika mau memperpanjang saya harus membayar lebih mahal untuk layanan yang sama. Oleh karena itu saya pun memilih layanan yang lebih tinggi dan mengupgrade layanan yang saya terima sebelumnya. Akhirnya saya pun membayar sekitar dua kali lipat. Namun layanan yang saya terima naik lebih dari dua kali lipat. Bolehlah!

Hampir setiap web penyedia hosting selalu memberikan harga khusus kepada pelanggan baru untuk membeli hosting dan domain di tempatnya. Maka itu harga hosting plus domain di tahun pertama biasanya sangat murah. Namun ketika perpanjang, harganya bisa naik berkali-kali lipat.

Oleh karena itu saya melakukan pencarian web penyedia hosting sebelum memutuskan untuk meperpanjang layanan saya. Benar saja, saya menemukan banyak tawaran menggiurkan dari banyak web penyedia hosting. Tapi seperti biasa, ketika nantinya perpanjang layanan di tahun kedua, harganya akan naik berkali-kali lipat. Lalu saya pun mempertimbangkan untung ruginya. Saya berpikir, selama ini penyedia web hosting yang saya pilih tidak pernah mengecewakan saya. Setiap tiket yang saya ajukan, selalu dijawab dengan baik.

Lagipula, saya bukan orang yang suka coba-coba merombak website saya secara keseluruhan. Mungkin saja memang mudah untuk sekedar memindahkan website dari satu penyedia hosting ke penyedia hosting lain. Namun saya tidak mau ambil resiko terhadap website yang saya kelola ini. Apalagi website ini telah menjadi bagian dari hidup saya setahun terakhir.

Saya pun belum pernah melewati bataa bandwidth yang disediakan oleh penyedia web hosting saya. Artinya, saya tidak memerlukan upgrade layanan yang besar. Memang aktivitas di website saya naik terus dari bulan ke bulan, namun itu masih jauh di bawah kapasitas yang disediakan. Mungkin saya akan berpindah ke penyedia lain jika saya sudah beberapa kali melewati kapasitas bandwidth saya. Atau bila memang sudah sangat besar, maka saya pun akan mempertimbangkan menggunakan server sendiri. Bisa saja hal itu terjadi nantinya.

Yang pasti, saat ini saya sudah perpanjang layanan domain dan hosting saya di tempat yang sama. Mari kita nikmati perpanjangan ini dan baru mikir lagi di akhir Mei 2013 mengenai perpanjangannya.

Saya sudah berhasil memiliki domain dan hosting sendiri selama satu tahun. Bagaimana dengan anda? {nice1}

Leave a Reply

Your email address will not be published.