Ikutan Program Afiliasi

Terbiasa melakukan pendaftaran ke website penyedia layanan hosting, baik untuk membeli layanan atau sekedar menikmati layanan gratisannya, saya pun beberapa kali menemukan program afiliasi di website tersebut. Saya pun akhirnya mencoba untuk mengikuti beberapa program afiliasi yang ditawarkan penyedia layanan hosting. Program afiliasi pertama yang saya pilih adalah Rumah Hosting.

Program afiliasi di Rumah Hosting memberikan saya sebuah link yang dapat saya gunakan untuk mengarahkan pembaca blog saya ke website Rumah Hosting. Sebagai modifikasi dari link tersebut, saya pun menggunakan logo Rumah Hosting seperti gambar di bawah ini.

Jika anda mengklik gambar di atas dan kemudian mendaftar atau membeli layanan dari Rumah Hosting, maka saya akan mendapatkan komisi 10% dari yang anda bayarkan untuk layanan hosting yang ditawarkan. Komisi hanya akan masuk untuk setiap pembelian hosting lewat Rumah Hosting. Program afiliasi Rumah Hosting ini menurut saya masuk akal karena ini pun bagian dari biaya marketing Rumah Hosting dan besarnya pun hanya 10% dari keseluruhan harga yang ditawarkan.

Program afiliasi kedua yang saya pilih adalah Hostinger Indonesia. Program afiliasi di website ini selain memberikan saya link, juga memberikan banner gratis yang bisa langsung dimanfaatkan. Banner bisa dipilih bentuknya dan dapat langsung diletakkan di tempat yang diinginkan. Banner tersebut adalah seperti gambar di bawah ini.

Hosting Gratis

Jika anda mengklik gambar di atas dan kemudian mendaftar di layanan hosting gratis Hostinger Indonesia, maka saya akan mendapatkan 1 poin. Poin yang terkumpul nantinya dapat ditukar dengan barang atau layanan. Jika berhasil mengumpulkan 3 poin, maka saya dapat menukarkannya dengan layanan premium dari Hostinger Indonesia. Namun menurut saya, layanan gratisannya dengan hosting 2GB dan bandwidth 100GB per bulan sudah lebih dari cukup. Anehnya di website ini tidak ada iklan walaupun menawarkan layanan gratis. Jadi barang atau layanan yang diberikan sebagai reward poin bagi member get member biayanya dari mana ya? Agak tidak masuk akal bagi saya, tidak seperti layanan Rumah Hosting sebelumnya yang menawarkan program afiliasi lebih masuk akal. Namun itulah program yang ditawarkan oleh Hostinger Indonesia.

Program afiliasi ketiga yang saya pilih adalah dari Siteground. Penawaran program afiliasi ini lebih tidak masuk akal daripada program dari Hostinger Indonesia. Kenapa? Siteground menawarkan komisi hingga $150 untuk setiap orang yang membeli layanan mereka dari afiliasi yang saya berikan. Padahal di websitenya sendiri saja, layanan yang ditawarkan mulai $9.9 per tahun yang merupakan harga promo atau $9.9 per bulan harga normal. Katakanlah nanti di tahun kedua orang yang membeli layanan membayar harga normal. Artinya cuma sekitar $118.8 per tahun. Padahal dia sudah membayar komisi hingga $150 kepada orang yang memberikan referensi layanannya.

Seperti Hostinger Indonesia, Siteground juga menyediakan banner yang tinggal dipilih.

Web Hosting

Jika anda mengklik gambar di atas dan melakukan pembelian di Siteground, maka saya akan mendapatkan komisi hingga $150 bagi setiap orang yang melakukan pembelian karena mengklik gambar di atas ini.

Komisinya besar sekali dan bagi saya itu tidak masuk akal. Namun itulah program yang ditawarkan. Mungkin layanan-layanan tersebut lebih memprioritaskan retention program kepada para pelanggannya, sehingga si pelanggan tidak kabur ke layanan lain ketika waktunya memperpanjang. Program yang sepertinya tidak masuk akal tersebut biasanya ditawarkan oleh penyedia hosting luar negeri yang menawarkan layanan unlimited hosting dan unlimited bandwidth dengan harga mungkin hanya beberapa kali lebih mahal daripada hosting dasar yang ditawarkan oleh kebanyakan penyedia hosting di Indonesia. Saya pun pernah baca di suatu artikel kalau Siteground ini merupakan layanan hosting yang direkomendasi, karena memang memiliki backbone yang cukup besar. Saya sendiri belum menggunakan layanan ini karena semata-mata belum memerlukan layanan hosting unlimited. Wong layanan yang saya pilih di Rumah Hosting saja belum pernah overload.

Uniknya, di Siteground, kita dapat mengikuti program afiliasi tanpa harus register jadi member di situ. Saya pun hanya pernah registrasi layanan gratis yang ditawarkan Siteground berupa template-tempate Joomla yang pernah saya coba. Namun pada akhirnya template-template tersebut tidak saya gunakan karena template yang sekarang anda lihat di website saya bukan berasal dari Siteground.

Program afiliasi adalah salah satu cara mendapatkan uang dari dunia maya. Cara lain adalah beriklan di website (nanti saya sharing lagi bagaimana dan apa hasilnya beriklan di website) atau malah berjualan online. Mungkin cara yang terakhir lebih nyata pendapatannya, tapi siapa yang bisa sangka jika kedua cara pertama sangat ampuh untuk website-website yang memiliki kunjungan sangat banyak tiap harinya.

Untuk yang hobi blogging, berselancar di dunia maya, atau sekedar suka berbagi, mungkin program afiliasi bisa dimanfaatkan. Siapa tahu kita dapat mendapatkan tambahan uang dari situ. Lumayanlah, sekedar untuk menutupi biaya sewa hosting dan domain per tahunnya. Kalau ada kelebihan, mungkin bisa digunakan untuk mempercantik tampilan website dengan membeli template dari website penyedia template berbayar ataupun website penyedia program tertentu yang diintegrasikan dengan website kita.

Silakan dilihat-lihat ketiga layanan di atas yang saya afiliasikan. Jika berminat, silakan dibeli atau daftar layanannya. Nanti ikutan program yang sama dan bisa mendapatkan reward ataupun uang tunai dari situ. {nice1}

Leave a Reply

Your email address will not be published.