Mr. McGee, Don’t Make Me Angry

Penyewa unit apartemen saya benar-benar bandel. Sejak awal dia menyewa di unit saya, maka selama itu pula bayarannya selalu telat. Dia menyewa sejak pertengahan Desember hingga sekarang. Dan selalu telat bayar tiap bulan. Ada saja alasannya, dan saya selama ini selalu mengikuti permainannya karena paling tidak dalam satu minggu dia akhirnya membayar tunggakannya.

Bulan ini, dia sudah nunggak hampir satu bulan penuh. Artinya dia menginap gratis di unit saya hampir sebulan. Trik yang dilakukannya adalah, saat tiba waktunya bayar, yang bersangkutan bilang bahwa dia mau agar cut off pembayaran diubah ke awal bulan. Itu karena dia baru gajian di awal bulan, sehingga ada uang masuk ke kantongnya. Saya setuju saja, asal dia memberikan kompensasi penggantian cut off tersebut atau hampir separuh dari harga sewa bulanan.

Namun di awal bulan, tidak ada pembayaran. Janji tinggal janji. Dia minta tempo lagi. Hari ini adalah permintaan tempo yang sejuta kalinya. Namun saya sudah bertekad, saya harus datangi unit saya dan memintanya keluar. Benar saja, tidak ada orang di unit saya. Akhirnya saya minta ke pengelola gedung untuk membantu saya menangani penyewa bermasalah ini. Usulan dari pengelola gedung, matikan saja listrik dan air!

Untuk menimbulkan shock terapy saya pun setuju untuk mematikan listrik dan air. Penyewa tersebut tidak dapat berbuat apa-apa. Saya kasih dia kesempatan hingga hari Sabtu ini untuk melunasi, jika tidak, maka saya akan datang kembali pagi-pagi dan mengeluarkan barangnya dari unit saya. Tadi hal itu tidak saya lakukan karena menurut rekomendasi pengelola, pengeluaran barang dilakukan maksimal pukul lima sore.

Saya memang tidak suka tentang apa yang saya lakukan. Namun hal ini terpaksa saya lakukan agar kebiasaan janji tinggal janji penyewa tersebut hilang. Saya pun bertekad tidak akan mau jika ia memperpanjang sewanya, kecuali biaya sewa naik cukup signifikan yang tentunya dia tidak mau. Dan karena sekarang sudah punya jurus shock terapy, maka jika dia menunggak lagi pembayaran, maka saya akan lakukan hal yang sama kembali.

Saya lebih suka masalah diselesaikan secara negosiasi. Namun negosiasi dengan gentlemen agreement. Jika sudah sepakat satu hal, maka harus ditepati apa pun resikonya.

Penyewa tersebut sedang mencoba membangkitkan sisi lain saya yang lebih gelap. Seperti dalam film seri Hulk jaman RCTI dulu dimana Bruce Banner berkata, “Mr. McGee, don’t make me angry. You wouldn’t like me when I’m angry.” Saat ini mahluk hijau itu belum muncul. Mungkin mahluk itu akan muncul di hari Sabtu nanti.

Semoga hal tersebut tidak terjadi! {nice1}

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *