Novel Lima Hari

Novel kenang-kenangan untuk teman kantor yang akan mengundurkan diri dari kantor sudah selesai. Hari ini saya tinggal meminta komentar teman-teman yang lain agar novel tersebut seperti novel beneran yang ada komentar pembaca di bagian depan dan belakang novel. Besok pagi sudah ada final draft yang akan ditambahkan dengan komentar-komentar tersebut.

Besok pagi pula novel itu akan diserahkan kepada yang bersangkutan. Saya akan meminta bantuan kepada office boy untuk membantu menjilid novel tersebut. Semoga teman saya tersebut berkenan akan novel tersebut.

Novel tersebut secara keseluruhan berhasil saya tulis dalam 5 hari. Lima hari yang saya maksud bukan lima hari full day. Dalam lima hari terakhir ini saya sedang mengalami masa-masa sibuk di kantor. Tiga hari berurutan saya terpaksa pulang malam karena memang tuntutan pekerjaan. Artinya saya hanya punya waktu beberapa jam setiap harinya untuk mengupdate novel tersebut. Bahkan saya tetap menulis novel saat jam istirahat siang, demi mengejar setoran bab yang belum dikerjakan.

Novel tersebut secara keseluruhan berjumlah 40-an halaman. Itu sudah termasuk sampul, daftar isi dan ganti halaman tiap ganti bab. Mungkin isi novel tersebut bersih sekitar 30-35 halaman jika kertas yang digunakan adalah A4 dengan jarak spasi satu.

Beberapa teman yang telah membaca draft novel tersebut memberikan pujian akan hasil karya saya. Bahkan ada juga yang kagum dengan niat saya membuatkan novel bagi teman kantor itu. Kata mereka novel saya seperti kejadian aslinya walaupun memang saya menyatakan bahwa novel tersebut fiksi. Novel saya memang fiksi, namun terinspirasi kejadian nyata. Lagipula siapa yang tidak menulis novel karena terinspirasi kejadian nyata? Mungkin hanya J.K. Rowling yang berhasil melakukannya.

Saat ini novel tersebut bukan untuk konsumsi publik. Saat novel dicetak dan diserahkan ke teman saya, maka itu adalah satu-satunya cetakan yang akan dicetak secara resmi. Saya hanya akan mengkonversi novel tersebut ke dalam bentuk pdf dan disimpan di arsip saya.

Bagi teman yang telah membaca draft novel saya, simpanlah draft tersebut, karena saya tidak akan mempublikasikannya lagi di masa mendatang.

Novel pertama saya sudah siap naik cetak! {nice1}

Leave a Reply

Your email address will not be published.