Kontrol Pengeluaran dengan Ngaturduit.com

Beberapa hari lalu sempat ada pembicaraan singkat antara saya dengan istri. Intinya saya mempertanyakan pembagian uang bulanan untuk saya yang walaupun ada uang tambahan yang saya peroleh dari kantor, namun pembagian untuk saya sepertinya segitu-gitu saja selama bertahun-tahun. Istri saya menjawab singkat dan tepat. “Kan pengeluaran kamu semua yang atur. Kalau dapatnya segitu aja ya salah kamu.” Betul juga ya. Selama ini memang pengeluaran rutin saya yang atur. Pembayaran kartu kredit, bayar cicilan, bayar zakat dan sedekah, investasi, belanja bulanan semuanya saya yang mengatur. Namun tetap saja saya merasa selama ini bagian saya segitu-gitu aja tidak berubah.

Saya sempat berpikir. Pengeluaran apa yang paling besar per bulannya? Walaupun saya mendapatkan bonus, THR atau tambahan pemasukan karena kunjungan ke lapangan, saya tidak merasakan tambahan pemasukan tersebut. Buktinya posisi uang kas di tabungan saya akhir periode tidak bertambah. Yang ada adalah sisa saldo dari bulan ke bulan tidak banyak berubah, walaupun saya merasa tidak membeli apa-apa.

Hidup belum berakhir. Masih ada cara untuk mengontrol pengeluaran. Di gadget yang kami punya, banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk mencatat pengeluaran. Penggunaannya mudah. Namun masalahnya aplikasi tersebut bersifat stand alone. Begitu saya jauh dari gadget saya, maka saya pun tidak dapat update pengeluaran dan pemasukan secara langsung. Takutnya, jika saya menjauh dari gadget saya cukup lamai, maka kemungkinan seluruh pemasukan dan pengeluaran yang saya lakukan tidak tercatat sama sekali.

Saya pun mencari aplikasi gratis yang berbasis web. Jika aplikasi tersebut berbasis web, maka kapanpun saya terhubung internet, saya dapat mengupdate pemasukan dan pengeluaran saya secara langsung. Kemungkinan saya terhubung internet saat ini adalah 90% waktu aktif. Hanya saat di perjalanan dan waktu tidur yang saya tidak terhubung ke internet sama sekali.

Tadinya saya berniat untuk memanfaatkan sub-domain saya untuk aplikasi tersebut. Namun saya tidak berhasil menemukan aplikasi gratis sesuai keinginan saya. Website luar negeri pun banyak yang memberikan layanan dengan reliabilitas tinggi. Namun saya kurang tertarik dengan aplikasi buatan luar negeri, walaupun gratis. Beberapa bulan lalu saya ingat saya pernah mendaftar sebuah aplikasi web untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran. Saat itu saya hanya mendaftar dan tidak pernah lagi akses ke web tersebut. Saya tidak ingat nama webnya, tapi ingat nama orang yang mempromosikannya. Orang itu adalah Aidil Akbar.

Langsung saja saya googling nama Aidil Akbar dan menemukan web yang saya maksud. Web tersebut bernama Ngaturduit dengan alamat www.ngaturduit.com. Langsung saja saya login kembali ke web tersebut. Coba mengutak-atik dan memanfaatkan fasilitas yang tersedia. Rupanya aplikasi ini menyediakan fasilitas yang sesuai dengan keinginan saya. Bahkan aplikasi ini dapat mencatat investasi kita di reksadana beserta NAB-nya yang diupdate secara harian.

Saya pun mulai memasukkan saldo berbagai rekening dan kartu kredit yang saya miliki. Saya juga masukkan berbagai kategori pengeluaran yang mungkin terjadi dalam waktu dekat atau pengeluaran yang saya ingat biasa saya lakukan. Enaknya jika suatu saat kita melakukan transaksi dan tidak mengetahui kategori mana yang harus dipilih, maka kita bisa menambahkan kategorinya setiap saat. Betul-betul customise, dan hebatnya tidak perlu membayar sepeser pun kepada penyedia web. Paling tidak sampai saat ini.

Baru dua hari terakhir saya menggunakan web aplikasi ini. Saya belum langsung merasakan manfaatnya saat ini. Mungkin setelah beberapa bulan, saya mulai mengetahui pos-pos pengeluaran saya dan mulai dapat mengontrolnya satu per satu. Malah mungkin saya bisa membuat anggaran pengeluaran dan pemasukan agar pengaturan keuangan pribadi saya lebih terencana dan terkontrol dengan baik. Apalagi saat ini saya sudah punya anak yang tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Saya sudah memulai untuk mengontrol pengeluaran saya. Bagaimana dengan anda? {nice1}

Leave a Reply

Your email address will not be published.