Ramadhan Bulan Latihan

Saya merasakan sendiri kalau bulan Ramadhan kali ini benar-benar menjadi bulan latihan bagi saya. Latihan untuk dapat konsisten beribadah. Latihan untuk bangun malam. Latihan membiasakan diri untuk melakukan hal-hal yang baik. Latihan untuk tidak menunda-nunda pekerjaan karena berakibat menumpuknya kerjaan setelahnya.

Saya selalu menyempatkan diri untuk bertarawih. Bahkan saat sedang capeknya beraktifitas di hari tersebut. Mungkin tarawihnya belum sempurna, namun saya mencoba mengerjakannya semampunya. Dan Alhamdulillah sampai hari ini tarawih belum bolong.

Yang agak susah memang membaca Al-Qur’an. Saya menghitung sendiri rate saya baca Al-Qur’an adalah 1 jam 1 juz. Susah jika terus menerus dalam 1 jam membaca Al-Qur’an. 1/2 jam aja udah capek. Akhirnya saya harus membaca Al-Qur’an beberapa kali untuk dapat mencapai 1 juz 1 hari. Saat ini saya masih berada di Juz 26 atau sedikit tertinggal karena sudah di hari ke-27.

Untuk kedua hal di atas saya selalu mengerjakannya sesuai kemampuan dan keadaan. Saya kadang membaca Al-Qur’an saat sedang nonton TV. Kadang saat habis bangun tidur. Kadang saat di perjalanan. Kadang juga saat tidak sedang berwudhu. Yang penting bagi saya adalah konsistensi. Tidak perlu menunggu sempurna. Karena perbaikan dapat dilakukan sambil jalan.

Berangsur-angsur memang saya akhirnya baca Al-Qur’an dengan berwudhu terlebih dahulu. Berangsur-angsur saya membacanya dengan menutup aurat. Berangsur-angsur saya membacanya dalam posisi duduk dan jauh dari TV. Namun jika semua itu harus ditunaikan terlebih dahulu, maka saya yakin, saya akan lebih banyak tidak mengerjakannya.

Ramadhan tinggal beberapa hari lagi. Begitu banyak hal yang belum saya lakukan untuk optimalisasi Ramadhan tahun ini. Semoga sisa beberapa hari ini bisa saya optimalkan beribadah. Tidur malam harus dilakukan sehabis shalat Subuh. Sudah beberapa hari ini berhasil. Mudah-mudahan terus dapat dilakukan sampai menjelang hari kemenangan.

Yang penting, saya akan berdoa untuk dapat bertemu lagi dengan Ramadhan tahun depan. Supaya ada hal lain lagi yang dapat saya latih.

Setelah Ramadhan kira-kira tetap konsisten gak ya? {nice1}

Leave a Reply

Your email address will not be published.