Kenapa Blog Saya Pindah Alamat?

Mungkin anda bertanya, kenapa saya harus pindah alamat blog? Padahal kan memakai blogspot juga bagus dan yang penting gratis…..satu hal yang saya sukai.

Terus terang untuk menjawab pertanyaan tersebut memang cukup sulit, karena keinginan saya ingin memiliki website sendiri tanpa menumpang dari blogspot ternyata cukup impulsif. Saat membuka website http://www.rumahosting.com dari link website berita yang sering saya akses dan membaca promo yang ditampilkan di sana, saya bisa melihat bahwa biaya untuk hosting dan domain untuk pemula dan mahasiswa per tahunnya cukup murah. Saya lihat biaya hostingnya mulai 35 ribu per tahun dan biaya domainnya untuk kategori dot com (.com) hanya sekitar 100 ribu per tahun. Jika saya memilih biaya hosting yang 75 ribu per tahun, maka biaya domainnya didiskon hingga 75 ribu per tahun. Sehingga total biaya hosting plus domain per tahun adalah 150 ribu per tahun (untuk lebih jelasnya silakan cek ke http://www.rumahosting.com/hosting-murah#cat-murah)

Untuk yang belum tahun apa itu hosting dan domain, maka inilah pengertian saya mengenai kedua hal tersebut. Hosting adalah tempat kita melakukan segala aktifitas yang berhubungan dengan pembuatan, pengeditan dan maintain isi website. Hosting juga menyediakan akun email dengan jumlah sesuai limit yang kita bayar. Bisa dibilang dengan hosting kita seakan-akan seperti memiliki server sendiri, namun milik orang lain. Oleh karena itu kita sewa penggunaan server.

Sedangkan domain adalah alamat website yang kita inginkan. Contohnya adalah facebook.com, yahoo.com, atau joomla.org. Saya memilih plibaknikmatstrelak.com karena nama tersebut mirip dengan blog yang saya gunakan sebelum ini dan juga saya yakin bahwa nama tersebut belum pernah dipakai oleh siapapun. Jadi nama website ini harus unik di seluruh dunia.

Hosting dan domain dapat dibeli dengan membayar secara periodik. Domain biasanya periodenya tahunan, minimal satu tahun, sedangkan hosting biasanya bulanan. Khusus paket yang saya pilih bayarnya tahunan karena untuk pemula. Mungkin jika anda mau rencana bikin website untuk bisnis yang trafficnya cukup besar, saya sarankan pilih hosting yang bulanan, karena paketnya lebih menarik, dan tentunya dukungan dari pemilik hosting lebih baik daripada paket pemula seperti saya.

Saya tidak mempromosikan http://www.rumahosting.com dari tulisan ini, cuma yang saya promosikan adalah layanan hosting dan domain yang dapat anda beli dari website sejenis. Mungkin saja anda bisa mendapatkan harga yang lebih baik, bahkan malah gratis dari website lain.

Lalu kenapa bayar? Nah ini pertanyaan utama. Yang doyannya gratisan, eh malah bayar. Bayar disini menurut saya cukup worthed karena pertama, saya punya website pribadi. Kedua, saya punya email yang alamatnya clibak@plibaknikmatstrelak.com seakan-akan saya memiliki email sebuah perusahaan. Jadi lebih bonafid dan keren rasanya. Ketiga, saya bisa belajar membuat website sendiri. Jika gratisan, tentunya kita tidak akan dipaksa belajar membuat website. Nah disini saya terpaksa belajar yang namanya Joomla karena saya sudah membayar sejumlah uang untuk mendapatkan hosting dan domain. Ini adalah hari ketiga (13 Juni 2011) sejak saya membeli hosting dan domain. Dan lihat saja, saya sudah mulai dapat membuat website sendiri walaupun masih banyak yang perlu diperbaiki sana sini.

Pertanyaan berikutnya, kenapa yang di blogspot tidak dipindah? Sebenarnya mau dipindah, tapi belum tahu caranya, hehehe. Nanti coba dipelajari dulu, mudah-mudahan tidak terlalu sulit.

Yang pasti saya sudah berani untuk membuat diri saya kepepet dan paling tidak saya sukses sampai saat ini. Saya akan terus memperbaiki website ini, semoga lebih baik lagi tampilannya dan juga isi dari website tersebut. Kalau Bambang Pamungkas saja bisa memiliki website pribadi di http://www.bambangpamungkas20.com kenapa saya tidak bisa? Dan mungkin anda juga harus mencoba memiliki website sendiri…..Beranikah anda? 😀 {nice1}

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *